Seiring dengan perkembangan zaman, ponsel pintar atau smartphone semakin banyak digunakan oleh masyarakat dengan berbagai aplikasi pendukung di dalamnya. Namun dengan adanya aplikasi yang semakin banyak tersebut, membuat para penggunanya lebih sering bermain aplikasi seperti sosial media ataupun permainan yang dapat menurunkan produktivitasnya dan bahkan menjurus ke arah yang negatif.

Padahal di awal kemunculannya, smartphone dengan berbagai aplikasi di dalamnya diciptakan untuk membuat penggunanya lebih produktif. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan membahas 10 aplikasi android yang membuatmu lebih produktif di tahun 2019. Apakah salah satu atau beberapa aplikasi ini sudah ada di smartphone kamu? Yuk mari lihat di bawah ini.

1. Evernote.


Evernote merupakan sebuah aplikasi android pencatat terbaik untuk saat ini. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk membuat, mengatur, dan mengarsipkan catatan yang telah dibuat. Catatan yang dimasukkan dapat diambil dari web internet, tulisan sendiri, ataupun dengan menggunakan tulisan tangan (handwritting).

Selain itu, dengan aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk merekam video dan audio, mengambil foto, dan merekam ucapan berupa ide-ide menjadi teks. Catatan yang telah kita buat di aplikasi ini dapat dibagikan kepada pengguna evernote lainnya.

Evernote dapat diunduh secara gratis di google play atau juga dapat belangganan setiap bulannya untuk mendapatkan fitur aplikasi secara sepenuhnya.

2. Any.Do.

Any.Do merupakan aplikasi android yang membuat penggunanya untuk menjaga agar jadwal yang telah dibuat tetap sesuai dengan catatan yang telah dibuat sebelumnya. Selain itu, dengan aplikasi ini kamu juga dapat membuat catatan yang ingin dilakukan (to-do list), membuat catatan, dan membagikannya kepada orang lain.


Keungggulan dari aplikasi ini yaitu tampilannya yang bersih, simpel, dan sederhana, namun tidak mengurangi kelengkapan fitur yang ada. Keunggulan lainnya dari aplikasi ini yaitu dapat disinkronisasikan dengan smartphone, pc, ataupun tablet untuk menjaga jadwal pengguna setiap menitnya.  Any.Do apat diunduh secara gratis di google play.

3. Todoist.


Todoist merupakan aplikasi android yang memungkinkan penggunanya untuk membuat catatan kegiatan yang akan dilakukan dan terdapat pengingat dalam aplikasi tersebut.

Aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan Any.Do., namun yang membedakan yaitu walaupun aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di google play store, pengguna harus berlangganan setiap bulannya untuk mendapatkan semua fitur yang terdapat pada aplikasi todist.

4. Microsoft Apps (Microsoft Word, Excel, Powerpoint).


Microsoft apps terdiri dari beberapa aplikasi, yaitu microsoft word yang memungkinkan pengguna untuk melihat dan mengedit dokumen, microsoft excel yang dapat digunakan dalam analisis perhitungan dan mengedit spreadsheet, serta aplikasi microsoft powerpoint yang dapat digunakan untuk membuat, mengatur, dan menampilkan presentasi.

Aplikasi ini dapat dikatakan merupakan versi smartphone dari software microsoft word, excel, dan powerpoint yang biasanya sering dijumpai pada komputer atau pc. Ketiga aplikasi ini yaitu microsoft word, excel, dan powerpoint dapat diunduh secara gratis di google play store.

5. CamScanner.


CamScanner merupakan aplikasi android yang dapat mengubah kamera smartphone menjadi pemindai dokumen portabel. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk memindai dokumen dengan cara memotret dokumen terebut dan otomatis dokumen yang telah dipindai tersebut akan menjadi file dengan format gambar (JPG) ataupun format PDF yang tersimpan di dalam smartphone pengguna dan dapat dibagikan kepada orang lain.

CamScanner dapat diunduh secara gratis di google play store dan dapat berlangganan premium setiap bulannya untuk menghilangkan iklan dan watermark, serta tambahan fitur seperti pengunduhan otomatis, kolaborasi yang diperluas, dan sebagainya.

6. Trello.


Trello merupakan aplikasi android yang memungkinkan penggunanya untuk berkolaborasi dengan orang lain dalam menyelesaikan tugas secara bersama-sama. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat mengetahui berbagai macam pekerjaan yang dikerjakan, siapa yang mengerjakan, dan sampai mana progres pekerjaan tersebut dikerjakan.



Dalam aplikasi Trello terdapat beberapa bagian, yaitu boards, berupa nama proyek yang dikerjakan, lists yang merupakan kategori dari proyek yang dikerjakan, dan cards yang merupakan detail dari setiap pekerjaan yang dilakukan.

Trello dapat diunduh secara gratis di google play store, namun juga terdapat versi berbayarnya dengan tambahan beberapa fitur.

7. Slack.


Slack merupakan aplikasi obrolan bisnis terbaik untuk saat ini. Aplikasi ini memungkinkan pengggunanya untuk membuat sebuah grup obrolan sesuai dengan proyek atau pekerjaan yang dilakukan.

Selain sebagai media komunikasi dan berkirim pesan secara online, aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk melihat proses pekerjaan dalam pengelolaan proyek, berbagi berkas, dan fitur-fitur lainnya. Slack dapat diunduh secara gratis di google play store.

8. IFTTT.


IFFT yang berasal dari kata If This Then That merupakan aplikasi android yang memungkinkan penggunanya untuk mengatur sesuatu yang akan terjadi apabila ada persyaratan tertentu yang memenuhinya. Jadi dapat dikatakan aplikasi ini merupakan aplikasi pengingat atau reminder apps.

Masih belum paham? Contohnya seperti ini misal kamu mengatur di IFTTT-mu ketika smartphone-mu hilang dalam keadaan silent, maka akan otomatis berbunyi 100%, jadi ketika kamu tidak menemukan smartphone-mu dan dalam keadaan silent, maka otomatis smartphone tersebut akan berbunyi 100% sehingga akan lebih mudah ditemukan. IFTTT dapat diunduh secara gratis di google play store.

9. Google Drive.


Masih bingung karena penyimpanan smartphone penuh? Solusinya install saja Google Drive. Aplikasi ini memungkinkan para penggunanya untuk menyimpan berbagai jenis file yang ada. Selain itu, dengan aplikasi ini kamu juga bisa membuat catatan atupun melihat dan menyimpan foto dan video.

Keunggulan dari aplikasi ini yaitu langsung terkoneksi ke dalam internet, jadi ketika smartphone-mu di reset ulang, maka data yang telah kamu simpan di google drive tidak akan hilang. Aplikasi Google Drive dapat diunduh di google play store secara gratis.

10. Forest.


Forest merupakan aplikasi android yang sedikit berbeda daripada aplikasi peningkat produktivitas lainnya di mana aplikasi ini membuat penggunanya untuk tidak menggunakan smartphone-nya. Cara kerja dari aplikasi ini yaitu akan ada tampilan pohon yang muncul dari layar dan ketika timer dipencet (bisa diatur waktunya sesuai keinginan mulai dari 10 menit hingga 120 menit) kemudian smartphone diletakkan.

Tampilan Aplikasi Forest

Ketika smartphone-mu tidak digunakan, maka pohon tersebut akan terus tumbuh hingga besar, namun ketika smartphone digunakan sebelum timer habis, maka pohon tersebut akan mati. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini memaksa penggunanya untuk meletakkan smartphone mereka untuk kegiatan yang lebih positif.

Aplikasi ini sangat cocok diterapkan bagi orang yang sudah kecanduan smartphone. Forest dapat diunduh secara gratis di google play store atau pengguna dapat membayar untuk mendapatkan fitur bebas iklan dan penyimpanan pohon di cloud.

Nah, itulah tadi 10 aplikasi android yang dapat membuat teman-teman lebih produktif di tahun 2019 ini. Apakah ada aplikasi yang sudah teman-teman install? Atau belum? Kalau belum buruan install karena gratis dan pastinya akan membuatmu lebih produktif lagi di tahun 2019 ini.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: