Perkembangan media sosial saat ini sudah semakin pesat mengingat saat ini peran teknologi sudah tidak dapat dilepaskan dari setiap kehidupan manusia.

Dari awalnya hanya berkirim kabar melalui surat, kini kita bisa dapat memberitahukan kabar kapan saja, di mana saja, dan kepada siapapun dengan menggunakan media sosial sebagai perantaranya.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh We Are Social pada awal tahun 2019, pengguna media sosial di Indonesia sudah mencapai 150 juta orang. Ini artinya, sekitar 57% dari seluruh penduduk Indonesia sudah menggunakan berbagai media sosial.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai media sosial yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia berdasarkan data dari We Are Social. Apa sajakah media sosial tersebut? Mari kita lihat di bawah ini.

1. YouTube.


Media sosial pertama yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia yaitu YouTube. YouTube sendiri merupakan media sosial yang memungkinkan para penggunanya untuk melihat, mengirim, dan berbagi video.

Berdasarkan data We Are Social, tercatat 88% orang Indonesia yang menggunakan media sosial YouTube. Ini artinya, dari 150 juta pengguna media sosial di Indonesia, sekitar 132 juta orang sudah menggunakan YouTube.

2. WhatsApp.


Di urutan kedua, media sosial yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia yaitu WhatsApp. WhatsApp atau orang Indonesia lebih sering menyebutnya dengan singkatan WA merupakan media sosial chatting tanpa menggunakan biaya, namun cukup menggunakan koneksi internet saja.

Berdasarkan data We Are Social, tercatat 83% orang Indonesia yang menggunakan media sosial WhatsApp. Ini artinya, dari 150 juta pengguna media sosial di Indonesia, sekitar 125 juta orang sudah menggunakan WhatsApp.

3. Facebook.


Facebook menjadi media sosial ketiga yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia. Facebook merupakan aplikasi media sosial yang dapat dikatakan lengkap karena kita dapat berkomunikasi dengan orang lain, berbagi video, membuat suatu grup atau perkumpulan, membuat jadwal bersama, dan sebagainya.

Berdasarkan data We Are Social, tercatat 81% orang Indonesia menggunakan media sosial Facebook. Ini artinya, dari 150 juta pengguna media sosial di Indonesia, sekitar 122 juta orang sudah menggunakan media sosial Facebook.

4. Instagram.


Di urutan keempat media sosial yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia yaitu Instagram. Instagram atau orang Indonesia sering menyebutnya dengan singkatan IG merupakan media sosial yang memungkinkan bagi penggunanya untuk berbagi foto dan video serta membuat cerita singkat pada fitur stories.

Berdasarkan data We Are Social, tercatat 80% orang Indonesia yang menggunakan media sosial Instagram. Ini artinya, dari 150 juta pengguna media sosial di Indonesia, sekitar 120 juta orang sudah menggunakan Instagram.

5. Line.



Line menjadi aplikasi media sosial kelima yang paling banyak digunakan di Indonesia. Line merupakan media sosial asli Jepang yang memungkinkan penggunanya untuk berkomunikasi, membuat sebuah grup atau perkumpulan, menyimpan gambar dan video, serta adanya fitur stiker pada aplikasi ini membuat media sosial Line semakin diminati.

Berdasarkan data We Are Social, tercatat 59% orang Indonesia yang menggunakan media sosial Line. Ini artinya, dari 150 juta pengguna media sosial di Indonesia, sekitar 89 juta orang sudah menggunakan Line.

6. Twitter.


Di urutan keenam, media sosial yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia yaitu Twitter. Twitter merupakan media sosial yang memungkinkan para penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan teks hingga 280 karakter atau yang lebih sering disebut dengan kicauan atau tweet.

Berdasarkan data We Are Social, tercatat 52% orang Indonesia yang menggunakan media sosial Twitter. Ini artinya, dari 150 juta pengguna media sosial di Indonesia, sekitar 78 juta orang sudah menggunakan Twitter.

7. Facebook Messenger.



Di urutan ketujuh, media sosial yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia yaitu Facebook Messenger. Facebook Messenger merupakan media sosial yang memungkinkan penggunanya untuk berkomunikasi dengan orang lain tanpa menggunakan biaya, namun cukup menggunakan koneksi internet saja.

Dapat dikatakan Facebook Messenger merupakan aplikasi chatting yang dimiliki oleh Facebook. Berdasarkan data We Are Social, tercatat 47% orang Indonesia yang menggunakan media sosial Facebook Messenger. Ini artinya, dari 150 juta pengguna media sosial di Indonesia, sekitar 71 juta orang sudah menggunakan media sosial Facebook Messenger.

8. BBM.



BBM atau singkatan dari BlackBerry Messenger menjadi media sosial kedelapan yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia. BBM merupakan media sosial yang memungkinkan para penggunanya untuk berkomunikasi satu sama lain dengan menggunakan koneksi internet saja. BBM dapat dikatakan merupakan perintis media sosial chatting tanpa menggunakan biaya dan hanya menggunakan koneksi internet saja.

Berdasarkan data We Are Social, tercatat 38% orang Indonesia yang menggunakan media sosial BBM. Ini artinya, dari 150 juta pengguna media sosial di Indonesia, sekitar 57 juta orang sudah menggunakan BBM atau BlackBerry Messenger.

9. LinkedIn.



Pada urutan kesembilan media sosial yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia yaitu LinkedIn. LinkedIn merupakan media sosial yang memungkinkan para penggunanya untuk berkomunikasi satu sama lain dengan menggunakan koneksi internet.

LinkedIn biasanya banyak digunakan untuk orang-orang berbisnis atau mencari sebuah pekerjaan. Saat ini, LinkedIn menjadi media sosial yang memiliki perkembangan pengguna yang sangat pesat.

Berdasarkan data We Are Social, tercatat 33% orang Indonesia yang menggunakan media sosial LinkedIn. Ini artinya, dari 150 juta pengguna media sosial di Indonesia, sekitar 50 juta orang sudah menggunakan LinkedIn.

10. Pinterest.



Media sosial terakhir yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia yaitu Pinterest. Pinterest sendiri merupakan media sosial yang memunkinkan para penggunanya untuk menggugah gambar atau foto yang dapat dimasukkan ke dalam kategori-kategori (semacam album atau folder) yang dapat diubah namanya. Dapat dikatakan Pinterest merupakan media sosial berbagi gambar.

Berdasarkan data We Are Social, tercatat 29% orang Indonesia yang menggunakan media sosial Pinterest. Ini artinya, dari 150 juta pengguna media sosial di Indonesia, sekitar 4 juta orang sudah menggunakan media sosial Pinterest.



Itulah tadi 10 media sosial yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia pada awal tahun 2019. Angka tersebut tidaklah tetap, karena dapat bertambah sewaktu-waktu seiring dengan penggunaan media sosial yang berkembang sangat pesat. Bahkan urutan media sosial tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: