Beberapa dari kamu pasti pernah mendengar fenomena 4G yang baru-baru ini sedang ramai dibicarakan oleh netizen di media sosial. Jaringan 4G atau 4G network adalah generasi keempat jaringan nirkabel untuk komunikasi mobile. Jaringan ini dimaksudkan sebagai solusi jaringan komunikasi yang komprehensif dan aman dengan kecepatan data yang jauh lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Kalau sebelumnya kamu pasti telah familiar dengan jaringan 3G, nah sudah saatnya kamu mulai melirik dan beralih ke jaringan 4G. Salah satu implementasi jaringan 4G terdapat pada teknologi WiMax, yang merupakan versi lebih cepat dari transfer data nirkabel melalui jaringan WiFi. LTE adalah teknologi lain yang juga berusaha mendapatkan standar 4G.
Saat ini belum semua smartphone memiliki kemampuan 4G. Namun, beberapa produsen gadget telah memproduksi smartphone dengan kemampuan 4G. Salah satu smartphone 4G yang terjangkau adalah produk dari Lenovo. Kamu bisa dapatkan info lebih lengkap di Lenovomobile.


Meskipun demikian, WiMax dan LTE telah diberi label sebagai jaringan 4G. Sebelum kamu semakin bingung, ada baiknya kamu menyimak manfaat-manfaat 4G ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (23/12).

1. Download lebih cepat


Agar dapat memenuhi syarat sebagai teknologi 4G, kecepatan hingga 100Mbps harus dicapai pengguna mobile dan 1Gbps untuk pengguna stasioner. Keren, ya?

2. Upload pun lebih cepat


Dalam sebuah uji coba di London, pengguna jaringan 4G yang mengunggah gambar mereka ke akun Twitter dan Facebook mampu menikmati kecepatan hingga 20 Mbps. Bahkan untuk broadband internet di jaringan rumah, kecepatan upload bisa mencapai 100 Mbps.

3. Kualitas jaringannya tentu lebih baik


Jaringan ini ditujukan untuk memberikan kualitas penerimaan yang lebih baik, aliran transfer data lebih stabil, serta pertukaran informasi lebih cepat.

4. Pesan multimedia pun mudah tersampaikan dengan teknologi 4G


International Telecommunication Union (ITU) atau organisasi yang mengawasi standar untuk jaringan nirkabel menyatakan bahwa kemajuan signifikan untuk layanan pesan multimedia, termasuk layanan video, merupakan suatu hal yang harus segera dicapai.

5. Menggunakan teknologi Internet Protocol (IP)


Ponsel dan perangkat mobile pada jaringan 4G juga menggunakan teknologi Internet Protocol (IP) untuk memungkinkan transfer data melalui paket, alih-alih menggunakan metode telepon tradisional.

6. Lebih efisien



Dalam teknologi 4G yang saat ini memiliki fitur utama yang lebih unggul dari lainnya, salah satunya adalah teknologi career agregation, yang membuat efisiensi lebih tinggi.

7. Memudahkan para pelaku industri konten


Membuka peluang-peluang baru, yakni peluang bisnis baru yang tidak hanya untuk operator tetapi juga para pemain yang ada di sekeliling industri. Seperti halnya industri konten.

8. 4G menunjang banyak aplikasi


Banyak aplikasi yang cocok untuk digunakan pada 4G yang ada saat ini, karena teknologi memiliki kecepatan yang lebih tinggi serta fitur latency yang lebih rendah. Sehingga memungkinkan untuk bisa menghadirkan aplikasi yang memberikan response lebih cepat dan interaktif, kepada penggunanya.

9. Video streaming tanpa buffering


Dengan menggunakan teknologi 4G, kamu yang senang streaming video bisa menghela nafas lega karena tak akan lagi menemui buffering.

10. Memperlancar bisnis para pelaku bisnis online


Pelaku bisnis online tentunya akan lebih mudah dalam berbisnis karena teknologi 4G yang mereka gunakan akan meminimalisasi adanya delay atau pending transaksi.

11. Video call


4G tentunya mendukung layanan komunikasi lebih cepat bagi para penggunanya. Untuk kamu yang senang berkomunikasi dengan menggunakan video call, tak perlu lagi khawatir. Layanan 4G kini mampu untuk memfasilitasi kelancaran video call-mu

12. Game online

Pelaku bisnis game online, dan juga gamers pun akan merasakan manfaat kecepatan dari teknologi 4G ini.


13. Akses informasi lebih cepat


Akses informasi lebih cepat dan mudah via online pada masa sekarang ini. Untuk itu, kualitas jaringan yang mumpuni sangat dibutuhkan. 4G memberikan kualitas jaringan yang baik sehingga kamu akan lebih mudah mengakses informasi dari mana saja.

14. Mempercepat layanan GPS


Layanan GPS yang sangat penting dan krusial  di bidang transportasi, mau tak mau juga akan akan semakin lancar dengan teknologi 4G ini.

15. Mendukung sosial media


Kamu aktif di sosial media? Dengan teknologi 4G, kamu akan bisa lebih cepat berinteraksi dengan teman-temanmu di dunia maya. Keeksisanmu tentunya tetap bisa terjaga di sosial media, benar tidak?
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: