Pesatnya digitalisasi saat ini, mau gak mau mengharuskan setiap orang perlu mengerti dengan baik dan menggunakan dengan tepat kehadiran teknologi. Sebab, bukan omong kosong saat ini penetrasi internet, dan aplikasi digital memberikan angin segar bagi sendi-sendi ekonomi yang sebelumnya dianggap sebelah mata.

Tak main-main, pada tahun 2020 mendatang, potensi nilai ekonomi digital di Indonesia mencapai 130 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 1.820 triliun.


Contoh nyata pesatnya teknologi digital adalah perkembangan ojek online di Indonesia. Aplikasi daring transportasi online ini sudah bertumbuh pesat dan merambah ceruk-ceruk sektor ekonomi lain, seperti gaya hidup, hingga aplikasi pembayaran digital.

“Kita sekarang sudah sering pake Go-Food. orang Jakarta misalnya mereka suka pesen Go-Food. Itu ada 95 juta box ayam geprek tahun lalu terkirim, itu aja cuma Go-Food coba bayangkan potensinya,” ungkap Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di acara Regional Invesment Forum 2019.

Kenyataan tersebut, memberikan pelajaran ditengah era digital saat ini jangan gagap teknologi atau gaptek. Sebab banyak sektor ekonomi yang sedang bertumbuh dan menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Namun, peluang apakah yang bisa kamu dapatkan dari era digital saat ini?

1. Hasilkan Rupiah dari Dapur Pribadi

Menghasilkan rupiah dari dapur pribadi bukanlah omong kosong, saat ini layanan pesan antar makanan melalui aplikasi ojek online bisa memberikanmu pendapatan tambahan.

Ciptakan produk yang disukai banyak orang, mulai makanan ringan seperti olahan roti, pisang, hingga minuman.

Daftarkan usahamu menjadi partner di Go Food dan Grab Food. Jangan lupa persiapkan menu andalan kamu secantik mungkin untuk foto produk di aplikasi layanan pesan antar makanan.

Percaya deh, kamu akan mendapatkan pelanggan melalui aplikasi tersebut, tanpa harus repot buka restoran dengan modal yang tinggi. Tapi ingat kualitas produk, rasa, kebersihan, dan harga juga menjadi penting untuk bersaing di era digital saat ini.

2. Daftarkan Usahamu di E-commerce

Jika telah memiliki usaha, sudah waktunya nih kami daftarin di e-commerce, jangan gaptek, kalau gak bisa banyak kok petunjuknya untuk proses pendaftaran.

Dengan ada di e-commerce produk usahamu akan semakin luas pangsa pasarnya, tidak terbatas waktu, hingga jarak.

3. Jadi Mitra Bukalapak hingga Tokopedia

Kedua startup ini sama-sama memiliki layanan kemitraan bagi kamu yang berminat menjadi pelaku usaha di berbagai daerah.

Layanan ini memungkinkan mitra yang telah mendaftar bisa menjual berbagai produk, mulai dari transaksi pulsa, token listrik, hingga transaksi keuangan. Layanan ini cukup menjalankan bagi kamu yang berdomisili di pelosok daerah, karena akan menjadi pilihan masyarakat dalam mengakses kebutuhan transaksi digital.

Jadi tak perlu repot-repot untuk menjadi pelaku usaha saat ini, cukup dengan ponsel pintar dan koneksi internet bisa mendapatkan keuntungan tambahan setiap bulannya.

Nah gimana? Udah mau dapatin penghasilan tambahan kan? Jangan ragu-ragu ya, era digital semakin mudahkan kamu hasilkan rupiah!
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: