Tapi apa aja sih sebenernya peluang bisnis dengan modal minim dan bisa dilakukan dengan banyaknya wisatawan di Indonesia?. Berikut beberapa peluang bisnis yang bisa kalian jalankan di daerah wisata.

1. Travel Guide dan Penerjemah

Travel Guide bagi kalian yang berdomisili di daerah wisata tentu menjadi ladang bisnis menjanjikan. Daerah seperti Bali, Yogyakarta, Padang, Semarang, Lombok, Manado, Makassar kini sudah banyak dipenuhi oleh usaha ini.

Dengan memanfaatkan pemahamanmu sebagai putra atau putri asli daerah kelahiran, kalian bisa mengantarkan wisatawan baik mancanegara dan lokal berkeliling di daerahmu. Bisnis ini bisa dilakukan dengan senang hati karena tentunya sambil jalan-jalan dan membantu wisatawan.
Tentu promosi bisnis ini harus gencar dilakukan, dengan menggunakan media sosial dan posting terus aktivitas atau lokasi-lokasi wisata di daerah kalian.

Gunakan hashtag yang tepat dalam semua kanal media sosial, jaringan konsumen dengan teknologi digital, dan jangan lupa pasarkan bisnis ini dengan website, iklan facebook dan instagram.

2. Homestay atau Guesthose

Punya rumah atau properti gak terpakai?, jangan bingung ya, gunain buat bisnis homestay atau guesthouse aja.

Wisatawan ketika kunjungan ke daerah pastinya lebih menyukai suasana alam dan budaya daerah yang dikunjungi ketimbang suasana penginapan hotel.

Kalian bisa memanfaatkan dan bekerja sama jaringan agen travel online seperti Traveloka, Airy Room, Reddorz, hingga Oyo untuk memasarkan hunianmu guna menyasar target wisatawan dan backpacker.

Daftarkan juga bisnis kamu pada Google Maps. Agar ketika orang mencari keyword penginapan di daerahmu maka bisnis homestay bisa diketahui oleh calon konsumen. Jangann lupa pasang foto terbaik, dan alamat yang jelas.


Tapi ingat ya kebersihan dan pelayanan maksimal menjadi hal penting dalam bisnis ini, dan juga harga yang bersaing guna menarik konsumen.

3. Sewa Kendaraan

Kemudian, sewa kendaraan. Pada bisnis ini jika memiliki kendaraan berlebihan utamanya roda dua, bisa nih menjalankan bisnis sewa kendaraan.

Wisatawan cenderung memilih sewa kendaraan yang mudah, cepat, dan dekat dengan terminal, bandara, pelabuhan, dan stasiun.

Tapi pada bisnis ini kehati-hatian pemilik bisnis hal yang utama. Kamu harus mempelajari calon konsumennya, dan harus ada dokumen penting untuk jaminan kendaraan yang disewa. Hal ini guna menghindari kehilangan kendaraan ataupun dibawa kabur.

Tapi untuk menghindari hal itu, kamu bisa menggunakan teknologi GPS yang disematkan dalam kendaraan yang disewakan. Jadi kendaraan milik kamu bisa terpantau dengan jelas setiap saat.

4. Kuliner Khas Daerah

Bisnis kuliner di daerah wisata tentu memiliki nilai lebih. Wisatawan akan mencari makanan ciri khas daerah yang dikunjungi hingga kuliner unik.

Pada bisnis ini kamu bisa memanfaatkan ojek daring untuk menjangkau konsumen. Kamu juga bisa memanfaatkan dapur rumah yang ada tanpa harus mengeluarkan modal untuk membeli peralatan masak.

Cita rasa, kebersihan, dan harga menjadi hal penting dalam bisnis kuliner. Bahkan saat ini banyak sekali publik figur hingga artis yang menggeluti bisnis kuliner di setiap daerah wisata. Tentu ini menjadi peluang yang menjanjikan jika kamu putra atau putri asli daerah.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: