Setiap media sosial memiliki fitur andalannya masing-masing. WhatsApp, dengan munculnya fitur baru berupa gif yang memberikan warna baru dalam mengirim chat ke sesama. Sau lagi, fitur delete message yang bisa menangani tersebarnya hoax dan salah room chat.

Facebook juga mulai membuat  jenuh. Banyak konten hoax yang beredar hampir setiap waktu.  Lalu apa ada yang berpotensi menyaingi kedua media sosial itu? Berikut beberapa kandidat pengganti yang potensial.

1. Line


Media sosial ini dari 2011 makin mendunia dengan berbagai macam fiturnya. Mulai fitur dasar berupa chat dan free call sampai ke digital wallet berupa LINE-Pay, portal berita LINE Today’s dan fitur penunjang perekenomian. Setiap fitur tersebut berpotensi menjadikan LINE sebagai pilihan teratas untuk pengganti dari Facebook dan WhatsApp.

2. Telegram


Agustus 2013, Rusia meluncurkan media sosal instan-messaging berbasis cloud yang cukup menjadi perhitungan sebagai pengganti WhatsApp. Fitur unlimited member group dan unlimited size untuk file yang dikirim dalam chat via Telegram menjadikan medsos ini digandrungi banyak orang. Saat ini dengan update terbaru yang memudahkan dalam me-reply, forward dan delete message untuk menanggulangi hoax, menjadikan telegram sebagai media sosial yang lebih mudah diterima masyarakat.

3. Blackberry Messenger


BBM sempat menguasai tren instant messaging tahun 2010-2014. Platform ini bisa dibilang pelopor. Dengan Blackberry World sebagai Market Apps layaknya Playstore pada zamannya, BBM mampu menghibur mayoritas masyarakat. Saat ini, dengan fitur baru dan beraliansi dengan Uber membuat BBM mempunyai kemungkinan untuk kembali unjuk gigi, sebagai pengganti Facebook dan WhatsApp.

4. Oorth


Pada 7 Oktober 2017, menjadi catatan sejarah rilisnya produk domestik yang mampu menarik perhatian media sosial terdahulu. Meskipun versi iOS dan web apps-nya baru bisa dinikmati awal 2018 nanti, Oorth sudah memiliki fitur yang mumpuni untuk disejajarkan dengan medsos lainnya. Medsos zaman now yang mengusung konsep komunitas ini, memudahkan pengguna yang tidak hanya ber-media sosial, tapi juga bersosial secara nyata dan terorganisir dengan baik. Dengan fitur luar biasa ini bisa dipastikan, Oorth sebagai produk lokal Indonesia siap menjadi pengganti Facebook dan WhatsApp.
Tahun depan akan menjadi tantangan bagi setiap startup instant messaging untuk menjawab kebutuhan dan permasalahan yang ada di tahun 2017. Dari empat media sosial di atas, mana nih yang sudah kamu pakai dan kamu nikmati? Jangan sampai ketinggalan menikmati kesempatan fitur terbaru setiap medsos di atas ya.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: