Digital marketing merupakan strategi yang wajib diterapkan pada setiap bisnis yang ingin bertahan di tengah dinamisnya perkembangan teknologi digital saat ini. Jika dahulu banyak perusahaan yang mengandalkan televisi, radio, telepon, dan baliho, kini Kita dapat memanfaatkan media sosial dan mesin pencari untuk mengenalkan brand atau produk.

1. Konsumen selalu mencari informasi di internet sebelum memutuskan membeli produk


Masyarakat modern selalu melakukan pencarian melalui Google mengenai informasi dan tentang ulasan produk tertentu sebelum memutuskan melakukan pembelian.

Dengan memasukkan kata kunci, konsumen dapat memperoleh ribuan hasil pencarian seputar produk yang dicari. Pebisnis tentunya dapat memanfaatkan fenomena ini untuk membangun brand awareness produk melalui konten blog, SEO dan Paid Search demi memastikan website bisnisnya dapat dijangkau oleh calon konsumen di mesin pencarian.

2. Digital marketing lebih hemat biaya


Digital marketing untuk bisnis tidak hanya efektif dalam menjaring trafik dan konversi, tapi juga lebih efisien jika ditinjau dari segi biaya. Biaya marketing melalui Paid Searh, email marketing, atau content marketing dinilai lebih terjangkau dibanding memasang iklan di televisi. Berdasarkan survei yang dilakukan sejumlah pakar digital marketing, content marketing lebih hemat biaya tiga kali lipat dibanding metode marketing tradisional.

Keunggulan digital marketing tidak berhenti sampai di situ. Banyak pebisnis yang menganggap penerapan digital marketing dapat menghasilkan ROI (Return on Investment) yang lebih menarik dibanding metode marketing konvensional.

3. Pengukuran keberhasilan digital marketing lebih lengkap dan akurat


Dalam hal pengukuran efektivitas iklan, digital marketing dinilai jauh lebih unggul. Pengukuran keberhasilan iklan dapat dilakukan melalui berbagai macam tools seperti Google Analytics, tracking scripts, atau pixel untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Metrik pengukurannya pun lengkap. Dari metrik tersebut, Kita dapat mengukur seberapa banyak jumlah iklan yang ditampilkan, jumlah unduhan, jumlah pengunjung yang mendaftar di website, serta berbagai respon konsumen terhadap iklan atau promosi.

4. Digital marketing dapat membantu bisnis Kamu untuk mengikuti tren


Tren di era digital terus-menerus berkembang dalam waktu yang relatif cepat. Bisnis pun harus mengikut tren agar dapat diterima dengan mudah oleh masyarakat. Tren tersebut dapat berupa penggunaan aplikasi teknologi terbaru, jargon, atau fenomena budaya populer yang banyak dibicarakan masyarakat. Dengan memanfaatkan tren yang sedang populer, Kita dapat membantu meningkatkan reputasi bisnis di dunia maya yang juga dapat berimbas pada peningkatan leads dan jumlah konsumen.

Penggunaan media sosial dan konten blog merupakan cara paling efektif untuk dapat selalu terhubung dengan tren. Kita dapat menjalin interaksi yang intensif dengan target audience jika konten yang Kita angkat sesuai dengan tren yang sedang berkembang di masyarakat.

5. Digital marketing dapat membangun kepercayaan publik terhadap brand


Dengan interaksi melalui layanan konsumen dan media sosial, perusahaan dapat turut membangun kepercayaan konsumen. Melalui respon konsumen tersebut, Kita dapat mengukur seberapa efektif strategi content marketing yang diterapkan perusahaan dan elemen mana saja yang perlu diperbaiki untuk memaksimalkan strategi digital marketing untuk bisnis.

Digital marketing untuk bisnis merupakan wujud nyata perkembangan modernitas. Untuk dapat bertahan di ketatnya persaingan bisnis, Kita harus mampu menerapkan strategi pemasaran berbasis teknologi yang mampu menjangkau target konsumen dengan cara yang praktis dan menyenangkan. Jadi, tunggu apa lagi, segera terapkan strategi digital marketing pada bisnis Kamu.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: