Ide startup yang cemerlang belum cukup untuk membuat startup Anda sukses dan bertahan, diperlukan tim yang solid dan kuat untuk bisa menopang jalannya bisnis dan mewujudkan rencana yang telah dibuat. Sudah banyak startup yang akhirnya terpaksa gulung tikar karena tidak memiliki anggota tim yang tepat, loyal dan tentunya cerdas. Artikel berikut ini akan membantu Anda menemukan anggota tim yang bisa ditempatkan untuk posisi yang startup Anda butuhkan.

Menentukan posisi

Anggota yang paling penting dalam startup Anda tentunya adalah Anda sebagai Founder dan Co-founder Anda. Tentukan kemampuan yang dimiliki oleh Anda dan Co-founder, dan bagaimana masing-masing pengetahuan serta pengalaman bisa saling mengisi dan melengkapi. Selanjutnya Anda bisa mulai merekrut anggota tim untuk bagian lainnya seperti, SEO, sales & marketing, programming, account management hingga project management. Pastikan Anda menemukan bakat serta kemampuan yang berbeda dari masing-masing anggota tim yang Anda butuhkan, agar bisa saling melengkapi dan sesuai dengan kebutuhan startup.

Pegawai kontrak vs pegawai tetap

Ada baiknya untuk startup yang baru saja berdiri dan tidak memiliki cukup banyak uang untuk memperkerjakan pegawai tetap, idealnya untuk memperkerjakan pegawai kontrak atau freelancerterlebih dahulu. Dengan demikian Anda bisa fokus menyelesaikan tugas sesuai dengan kebutuhan di awal masa pertumbuhan startup Anda. Yang perlu diingat adalah, pastikan Anda memperkerjakan pegawai kontrak atau freelancer yang menguasai bidangnya dan telah memiliki pengalaman lebih untuk membantu startup Anda.
Sebelum Anda melakukan perekrutan pegawai, ada baiknya untuk memperhatikan 4 hal berikut ini.
  • Kandidat tersebut memiliki kemampuan yang tidak dimiliki anggota tim lain.
  • Kandidat dapat dijamin. Anda mengenal mereka atau tahu seseorang yang tahu mereka.
  • Kandidat bersedia mulai dari gaji yang terbatas atau untuk saham di startup.
  • Kandidat menyukai produk Anda.
Jika Anda bisa menemukan kandidat yang memenuhi kriteria di atas, artinya Anda telah menemukan kandidat yang tepat.
Jika saat ini Anda telah mencari dan pada akhirnya menemukan kandidat yang memenuhi kriteria perekrutan Anda, langkah selanjutnya adalah melakukan proses perekrutan. Berikut adalah instruksi yang bisa Anda terapkan:
  • Melakukan persiapan terlebih dahulu.
  • Memiliki pertanyaan dalam kategori berikut: fakta, berpikir kreatif, pemecahan masalah, dan perilaku.
  • Buat agenda.
  • Mencari petunjuk non verbal.
Jangan lupa untuk melakukan pengecekan latar belakang kandidat yang Anda sukai. Kemudian setelah langkah tersebut dilakukan, perkerjakan kandidat tersebut. Di masa awal berikanlah pekerjaan yang mudah kemudian secara bertahap berikan pekerjaan yang sedikit menantang. Hal tersebut dilakukan untuk melihat seberapa cerdas pegawai baru Anda dalam hal menyelesaikan pekerjaan.

Pasca perekrutan

Ketika pegawai telah Anda perkerjakan langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menerapkan strategi lanjutan seperti training, promosi, peningkatan karier. Hal ini bukan hanya bermanfaat untuk pegawai namun juga untuk startup Anda.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: