Pada zaman sekarang, banyak orang tua lebih memilih berkerja dan menyerahkan anak kepada pengasuh. Tetapi, hal tersebut membuat orang tua kesulitan dengan sikap anak, terutama dalam mendengarkan. Banyak anak selalu berteriak dalam mendengarkan ucapan orang tua.

Tetapi jangan khawatir, ada beberapa cara agar anak mendengarkan tanpa berteriak. Cara-cara tersebut adalah menggunakan keterampilan mengasuh yang positif. Dilansir dari laman Parents with Confidence, setidaknya ada 5 cara terbaik yang bisa membuat Anda mudah dalam berinteraksi dengan anak.

 Empati


Ini Tanggung Jawab Orangtua Jika Terlampau Memarahi Anak Hingga Berbuat Kasar
Setiap anak memiliki pendapat atau hak yang mereka pilih. Karena itu, setiap orang tua harus memiliki empati dengan anak. Sebab, empati bisa membuat anak lebih merasa terlihat dan didengar. Tentunya, hal ini akan membuat anak lebih mudah mengikuti kemauan orang tua.

Bermain


Setiap anak pasti suka bermain. Orang tua harus meluangkan waktu untuk bermain dan membawa kesenangan di dalamnya. Dengan demikian akan terjadi kreativitas dan imajinasi dalam rutinitas sehari-hari si anak. Dengan bermain, menjadi cara tercepat untuk momentum anak mendengarkan orang tua.

Koneksi


Setiap orang tua harus memastikan kebutuhan utama anak. Kebutuhan tersebut adalah koneksi alias hubungan. Dengan koneksi yang baik, orang tua bisa membuat mereka mendengar. Sebaliknya, kesibukan dan jadwal kerja yang terlalu padat akan membuat koneksi dengan anak terputus dan akibatnya, si anak sulit mendengar apapun yang Anda katakan.

Arahan Sederhana


Beri perintah sederhana dan jelas. Atau, ajak anak melakukan pekerjaan yang sederhana dan ringkas. Selain itu, tawarkan anak beberapa pilihan dalam melaksanakan perintah. Dengan arahan sederhana tersebut, anak akan lebih mendengarkan orang tua.

Pecahkan Masalah Bersama


Jika melihat anak kita bergumul dengan suatu masalah, mengapa kita tidak bergabung untuk menghadapi tantangan itu bersama? Anggaplah Anda dan anak Anda sebagai satu tim yang solid. Memang butuh waktu ekstra, tetapi akan menghemat banyak momen.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: