SEKARANG ini orangtua perlu berusaha lebih keras agar anak mereka dapat tidur tepat waktu. Sebab bila dahulu tantangannya hanyalah acara TV maupun tayangan lain, kini keberadaan ponsel dan media sosial membuat anak menjadi lebih susah untuk tidur. Namun kondisi ini tidak boleh dibiarkan begitu saja lantaran angka masalah gangguan tidur pada anak-anak mengalami peningkatan signifikan.

Bagi orangtua yang kesulitan menyuruh anaknya untuk tidur tepat waktu, dilansir Okezone dari Independent, Selasa (2/10/2018), ada beberapa metode yang bisa dilakukan. Simak ulasannya berikut ini :


1. Katakan tidak pada perangkat elektronik


Salah satu cara yang dapat dilakukan orangtua untuk memperbaiki masalah gangguan tidur pada anak adalah memastikan anak tidak lagi menggunakan perangkat elektronik tepat sebelum mereka naik ke tempat tidur. Cahaya biru yang dipancarkan dari layar perangkat ielektronik dapat berdampak negatif pada tidur anakkarena memengaruhi hormon yang menginduksi tidur yaitu melatonin. Paling tidak 30 menit sebelum tidur anak harus bebas teknologi atau perangkat elektronik.



2. Atur waktu tidur yang ketat


Sama seperti pada orang dewasa, anak-anak juga sulit tidur dengan nyenyak apabila pola tidurnya setiap malam berantakan. Orangtua perlu menetapkan waktu tidur setiap malam dan menerapkannya dengan ketat. Hal ini akan membuat anak menjadi terbiasa untuk tidur di waktu yang telah ditentukan.

3. Ciptakan lingkungan yang damai


Cara lain untuk membuat anak tertidur adalah meminta mereka menggunakan imajinasinya sebelum tidur. Dengan begitu akan tercipta lingkungan yang damai sehingga anak merasa nyaman untuk tidur. Imajinasi juga membuat anak hanyut dalam pikirannya yang berpengaruh terhadap keinginan untuk tidur. Orangtua bisa menanyakan kepada anak tentang liburan atau tempat favorit ketika mereka sudah berada di atas tempat tidur.



4. Perhatikan jenis makanan yang dikonsumsi


Anak-anak tidak disarankan untuk mengonsumsi camilan manis sebelum tidur karena dapat menyebabkan lonjakan energi secara tiba-tiba. Begitu juga dengan konsumsi keju karena dapat mendatangkan mimpi buruk. Sebagai pilihan, 45 menit sebelum tidur anak-anak bisa mengonsumsi roti panggang gandum, apel, atau biskuit.

5. Pastikan tempat tidur nyaman



Kenyamanan adalah faktor utama anak bisa tidur dengan nyenyak. Anak-anak pada umumnya membutuhkan jenis kasur yang kuat untuk tidur karena tubuh masih dalam masa pertumbuhan. Selain kasur yang nyaman, ketebalan selimut yang digunakan jug perlu menjadi perlahan. Anak biasanya kurang nyaman menggunakan selimut yang tebal
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: