Sosial Media (media sosial) saat ini menjadi aspek penting dari strategi pemasaran digital karena bisa menjangkau banyak konsumen di dunia dan flexibilitas dalam menawarkan bisnis. Dalam beberapa kasus seringkali Anda memiliki keraguan tentang bagaimana memanfaatkan sosial media untuk strategi pemasaran Anda, kami telah menyusun 5 daftar cara bagaimana sosial media dapat membantu untuk mengembangkan bisnis Anda.

1. Targetkan pelanggan Anda dan tingkatkan kesadaran merek atau brand awareness.


Sosial media sangat bagus untuk menargetkan demografi pengguna tertentu, sehingga menjadi saluran ideal untuk menjangkau pelanggan potensial secara langsung. Facebook khususnya adalah platform yang besar untuk saat ini, karena memiliki berbagai opsi penargetan, yang memungkinkan Anda memastikan bahwa postingan Anda hanya akan ditampilkan kepada pengguna yang ditargetkan.


Ketika menyiapkan kampanye Anda dengan Facebook, Anda dapat menargetkan berdasarkan lokasi, minat, jenis kelamin, perilaku, dan beberapa pilihan penting lainnya.

Jika Anda memiliki ide tentang profil pelanggan Anda saat ini, Anda dapat menggunakan informasi tersebut untuk menjangkau semua pelanggan, dan pengguna sosial media lainnya yang memiliki pemikiran serupa, yang memungkinkan Anda untuk meningkatkan kesadaran merek Anda untuk menarik pelanggan.

2. Kenali Pelanggan Anda


Kebanyakan platform sosial media membutuhkan informasi demografis dari pengguna termasuk usia dan jenis kelamin, dan juga melacak perilaku pengguna pada berbagai platform.

Dengan menggunakan sosial media analytics tool, Anda dapat mengakses informasi ini untuk membangun basis data pelanggan Anda, dan melihat siapa yang berinteraksi dengan merek/brand Anda secara online. Analisa ini sangat penting untuk menambah wawasan Anda untuk mempertimbangkan metrik tambahan seperti kapan pengguna aktif di sosial media. Ini memberikan Anda wawasan kapan waktu terbaik untuk melakukan posting, dan juga dapat membantu dalam menentukan waktu terbaik bagi upaya pemasaran lainnya seperti email marketing.


Dengan melihat keterlibatan pelanggan pada konten yang Anda posting, Anda mendapatkan wawasan tentang produk atau jasa yang paling diminati dan menguntungkan untuk mempromosikan tempat lain dalam strategi pemasaran Anda.

3. Mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda


Semua platform sosial media memberikan Anda kemampuan untuk menambahkan alamat website untuk profil Anda, yang secara otomatis memberikankan Anda alternatif lain untuk mengarahkan pengguna ke situs Web Anda.

Selain itu, cara lainnya adalah menggunakan konten website Anda ke sosial media untuk mengarahkan lalu lintas dan meningkatkan leads (ketertarikan terhadap produk, jasa atau penawaran) dalam bisnis Anda. Iklan adalah cara yang bagus untuk melakukan ini, terutama di Facebook dimana Anda dapat mengatur kampanye dengan tujuan utama adalah mendapatkan klik situs web.


Seperti disebutkan sebelumnya, opsi penargetan memungkinkan Anda untuk memastikan bahwa audience untuk postingan Anda relevan dengan bisnis Anda, namun dianjurkan juga kepada Anda untuk hati-hati membangun citra yang Anda gunakan untuk menarik pelanggan ideal Anda, sehingga klik pada situs web Anda dengan kualitas yang tinggi.

Lalu lintas Web Anda dapat diperoleh dari pos organik di facebook, dengan posting link web langsung ke timeline Anda. Disertai dengan deskripsi dan gambar, Anda dapat melihat hasil yang bagus dan pelanggan langsung ke situs Anda. Pastikan untuk melacak peningkatan klik sehingga dapat mengukur hasil dari kampanye yang dilakukan.

4. Cari tahu apa yang pelanggan pikirkan


Pengguna sosial media bisa sangat jujur dengan pendapat mereka, sehingga dengan menemukan komentar baik positif dan negatif tentang perusahaan Anda di internet. Ketika konsumen lebih cenderung untuk berbagi pengalaman negatif daripada yang positif, penting untuk memiliki kehadiran platform untuk pelanggan gunakan. Ini memberikan Anda kemampuan untuk tidak hanya memecahkan masalah pelanggan, tetapi dengan melakukannya secara terbuka, memungkinkan Anda untuk menampilkan kemampuan layanan Anda kepada publik.


Tapi tentu saja tidak untuk semua yang negatif! pengguna sosial media juga dapat menggunakan platform untuk berbagi pengalaman yang baik dengan perusahaan, foto dari mereka menggunakan produk Anda, atau mengunjungi toko Anda adalah penting untuk melibatkan mereka dan menunjukkan bahwa Anda menghargai kesetiaan mereka.

Terlepas dari pesan pelanggan baik positif atau negatif, sosial media memberi Anda cara untuk menanggapi mereka, secara online, dan dalam cara Anda untuk menjalankan sebuah perusahaan.

5. Membangun Komunitas Online

Manajemen masyarakat adalah bagian penting dari setiap strategi sosial media. Luangkan waktu untuk memeriksa notifikasi Anda dan melihat apa yang pelanggan Anda katakan.

Menanggapi pesan, membalas komentar, dan pastikan untuk menjawab pertanyaan yang mereka miliki. Dengan posting konten menarik dan mengajukan pertanyaan pelanggan Anda, Anda dapat membuat sebuah tempat dimana mereka dapat berkomunikasi dengan bisnis Anda, dan merasa seperti mereka sedang berbicara dengan orang-orang nyata.


Manajemen komunitas adalah cara yang bagus untuk mewujudkan merek / brand Anda dan meningkatkan nilai hubungan Anda dengan pelanggan Anda. Setelah mereka mengembangkan hubungan yang kuat dan afiliasi untuk merek Anda, mereka lebih cenderung untuk berubah menjadi duta merek, yang merupakan aset besar ketika mengembangkan bisnis Anda.

Jadi, jika tujuan Anda untuk mengembangkan bisnis Anda dan pencapaian yang baru, yaitu pelanggan setia, maka sosial media merupakan aspek penting untuk menambah strategi pemasaran digital Anda. Ada banyak manfaat lagi yang dapat Anda dapatkan dengan sosial media, dan Anda akan melihat nilai positif pada investasi yang Anda lakukan. (*)
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: