Media sosial ternyata tidak hanya berimbas terhadap cara berkomunikasi. Akan tetapi, juga bisa memengaruhi otak kamu dalam mengambil keputusan. Bahkan efeknya cenderung negatif. Makanya, kurangilah waktu kamu untuk mengakses media sosial mulai sekarang. Jika tidak, kamu akan mengalami lima hal berikut ini dikutip oleh brilio.net dari Reader's Digest, Kamis (28/5).

1. Bikin kamu lebih boros


Berdasarkan penelitian, penggunaan media sosial terlalu berlebihan bisa mengurangi kemampuan mengontrol diri. Akibatnya, kamu bisa menyebabkan pengeluaran lebih tinggi. Bahkan profesor asal Universitas Columbia menyarankan agar tetap bisa 'sadar' karena penggunaan media sosial.

2. Makan berlebihan


Salah satu media sosial yang khusus untuk berbagi foto bisa membahayakan pola makanmu. Para penggunanya bisa mengalami makan berlebihan karena efek foto makanan dalam jejaring tersebut. Berdasarkan risetnya, gambar atau foto dalam media sosial tersebut bisa memicu rasa lapar.

3. Mengurangi kemampuan berpikir secara mandiri



Berdasarkan survei dari HP Labs, terlalu lama mengakses sosial media bisa menyebabkan kamu rentan terhadap tekanan. Selain itu, pikiranmu bisa dipengaruhi terhadap hal-hal yang sedang populer di dunia maya. Hal ini bisa membuat kamu sering hanyut dengan tren.


4. Kurang mengapresiasi diri sendiri


Peneliti Jerman menyebutkan bahwa seseorang yang terlalu sering online sering merasa frustrasi, kesepian, dan mudah marah. Bahkan, mereka juga cenderung membanding-bandingkan diri mereka terhadap teman-temannya. Akibatnya, membuat mereka kurang menghargai diri sendiri.

5. Takut dengan ketidakpastian


Seorang akademisi di Oxford University mengungkap bahwa generasi online tidak siap dengan ketidakpastian, kerusuhan, bahkan ketidakstabilan. Sang ahli, Susan Greenflied mengungkapkan pernyataan tersebut setelah mengamati percakapan online dalam media chatting.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: