Internet memang menjadi dunia yang begitu memukau bagi mahasiswa. Tidak hanya mendukung perkuliahan, internet juga bisa menambah jaringan bagi yang aktif di organisasi. Akan tetapi banyak yang harus diperhatikan bagi kamu yang masih menyandang status mahasiswa saat berinteraksi dalam dunia maya.

Berikut adalah panduan yang bisa kamu terapkan saat di dunia maya dikutip oleh brilio.net dari huffingtonpost.com, Kamis (9/4).

1. Berhati-hatilah saat mengunggah foto


Foto yang kamu unggah dalam media sosial bisa memengaruhi imej kamu sebagai mahasiswa. Orang-orang akan menilai apakah kamu mahasiswa yang baik atau tidak berdasarkan foto yang kamu upload. Jadi jika ingin mengunggah foto, lebih baik pilih foto yang mempunyai nilai positif. Akan tetapi, jangan terlalu sering mengunggah foto selfie ya!

2. Sharinglah konten-konten yang bagus


Jika kamu suka menulis blog, tulislah hal-hal dengan berita yang bagus-bagus. Jika kamu ingin menuliskan kritik, dimasukkan juga solusi yang menurut kamu bisa menyelesaikan masalah tersebut. Yang lebih penting adalah jangan terlalu mengeluh atau mencaci saat kamu update di sosial media seperti Twitter dan Facebook.

3. Cobalah cari nama kamu di Google



Untuk mengetahui keberadaan kamu di internet, cobalah googling nama kamu di internet. Memang ini agak aneh, akan tetapi kamu bisa tahu bagaimana citra kamu di dunia maya. Lewat hal seperti ini, kamu bisa memantau apa yang sudah kamu lakukan di dunia maya. Hal ini bukan termasuk dalam kategori narsisme kok.

4. Waspada dengan sumber yang tidak jelas


Plagiarisme merupakan isu yang marak dalam era sekarang ini terutama dalam bidang akademik. Jangan sampai gelar kamu dicopot karena masalah ini. Jika kamu menemukan sebuah teori, kamu harus lebih teliti lagi. Cobalah kulik sumber utamanya. Kemudian kamu juga harus sering cek apakah teori tersebut orisinil atau tidak. Jangan lupa untuk menuliskan sumber tulisan tersebut dalam daftar pustaka.

5. Dunia maya bukan dunia kamu sendiri


Jangan anggap kamu mempunyai kebebasan yang luas dalam dunia maya. Kemudian kamu bisa bebas sering update status sesering mungkin. Kamu juga harus menanamkan rasa tahu diri saat ingin mengunggah sesuatu dalam media sosial.  Jadi, orang lain tidak merasa terganggu dengan apa-apa yang kamu update di akun media sosial kamu.

6. Bersosialisasilah


Jangan sampai kamu lebih eksis di dunia maya ketimbang dunia yang sesungguhnya. Cobalah temui teman-teman Facebook kamu dalam dunia nyata. Sebaiknya bikin janji terlebih dahulu sebelum bertatap muka dengan mereka. Sehingga, kehidupan nyata dan maya kamu makin seimbang. Tapi inget ya, saat meet up smartphone kamu harus dijauhkan dari tangan kamu.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: