Jadi pelopor di suatu bidang itu gak mudah. Kamu perlu memikirkan peluang usaha apa yang belum ada  di pasaran dan kemudian menjadikannya trend-setter dan viral. Namun, itu bisa dilakukan oleh segelintir pengusaha sukses.

Bahkan, merek yang diciptakan oleh pengusaha sukses tersebut jadi begitu melekat pada diri mereka.


Nah, buat kamu yang lagi cari-cari peluang usaha yang penginnya bakalan sukses, kamu bisa belajar dulu dari para pengusaha berikut. Mereka jadi contoh bahwa jadi pelopor dalam suatu bidang itu bakal jadi nilai plus buat sukses.

Penasaran apa aja merek fenomenal yang sempat viral di Indonesia beserta produk mereka? Yuk, lihat daftarnya di bawah ini.

1. Kebab Turki Baba Rafi 

Kebab Turki Baba Rafi didirikan oleh Hendy Setiono bersama mantan istri, Nilam Sari. Perusahaan tersebut dimulai dari usaha gerobak pada tahun 2003. Barulah kemudian, dijadikan waralaba sekitar tahun 2005.

Ide kuliner ini berawal dari ide Hendy Setiono yang ingin menyajikan santapan Timur Tengah tersebut sebagai jajanan kaki lima seperti halnya di negeri asalnya. Ternyata ide tersebut sekarang sukses besar.

Setelah Baba Rafi, jajanan kebab ini pun diikuti oleh sejumlah merek-merek lainnya.

[Baca: 5 Bisnis Waralaba Makanan dengan Modal di Bawah Rp 30 Juta]

2. GO-JEK 

GO-JEK bisa dibilang pelopor dan emang yang pertama menyediakan layanan ojek online. Perusahaan ini sebenarnya udah didirikan sejak tahun 2010.

Namanya mulai viral sekitar tahun 2014 dan kemudian 2015 dapat pendanaan babak baru. Di tahun tersebut pulalah, GrabTaxi dari Malaysia turut mengekor bikin layanan ojek online.

Nadiem Makarim adalah founder sekaligus CEO perusahaan yang kini telah jadi startup unicorn di Indonesia tersebut.

3. Pisang Nugget 

Di tahun 2018 ini, pisang nugget bisa dibilang kuliner primadona buat para pecinta jajanan. Yang pertama kali melariskan kuliner pisang nugget ini adalah Anggita Prima.

Lewat brand Raja Pisang Nugget, Anggita Prima sukses bikin makanan ini jadi viral. Bahkan, awal-awal merek ini diluncurkan, kamu perlu pre-order jauh-jauh hari karena saking banyaknya yang membeli.

4. Ayam Gepuk Pak Gembus 

Ayam Gepuk Pak Gembus gak didirikan oleh Pak Gembus, melainkan Ridho Nurul Adityawan. Warung yang nyentrik dengan tenda warna kuning ini sukses mengekspansi banyak daerah di Indonesia.

Yang bikin ayam ini berbeda adalah cara memasaknya. Ayam digoreng garing kemudian digepuk. Oleh karena itu pula namanya “ayam gepuk”.

Kemudian, tentu aja sambalnya pun jadi kesukaan masyarakat. Kamu bisa tentukan level pedas santapan ini sesuai dengan selera.

Ayam gepuk sukses jadi viral. Bahkan, cukup banyak outlet lainnya yang bikin menyajikan menu yang sama, yaitu ayam gepuk.

Ayam gepuk sendiri dibesarkan dengan metode franchise. Terhitung sekitar 460-an cabang kini udah tersebar hingga se-Asia Tenggara.

5. Es Kepal Milo 

Ini dia kuliner yang sedang viral saat ini. Es Kepal Milo dimulai oleh Ariani sekitar April 2018.

Kuliner tersebut menggunakan perpaduan cokelat bubuk Milo dengan susu kental manis yang dibalut es serut. Rasanya yang manis berpadu dengan dingin tentu cocok dengan iklim tropis Indonesia.

Ariani yang memulai usaha ini berhasil mengantongi omzet sampai dengan Rp 5 juta per hari!

[Mau Usaha Es Kepal Milo? 4 Waralaba Ini Bisa Jadi Pilihanmu]

6. Sekolah Internet Marketing AsianBrain 

Di saat orang-orang belum ngeh bahwa ada metode buat dapat uang dari Internet, Anne Ahira udah memulainya.

Mojang asal Bandung ini sukses mendulang dolar dari Internet melalui beragam cara, termasuk Google Adsense. Kesuksesannya tersebut pun jadi ide peluang usaha dengan mendirikan sekolah Internet marketing bernama AsianBrain.

Sempat ada pro-kontra terhadap sekolah tersebut sejak berdiri tahun 2004, namun Anne Ahira sendiri buktikan diri bahwa dia kompeten.

Salah satunya, Anne Ahira didapuk jadi pembicara APEC (Asia Pacific Economic Cooperation) tahun 2007 oleh pemerintah Indonesia. Saat itu, dia bicara soal revolusi bisnis Internet yang emang dia jalankan.

Setelah Anne Ahira, beberapa pentolan pebisnis Internet lainnya pun muncul. Bahkan, mendirikan sekolah-sekolah Internet marketing juga.


7. UangTeman 

Layanan pinjam uang online ini boleh dibilang kontroversial, namun sukses viral di Indonesia. Perusahaan financial technology ini jadi pelopor layanan pinjaman uang online di Indonesia.

Didirikan oleh Aidil Zulkifli pada tahun 2015, UangTeman cukup mengundang pro dan kontra. Namun, kini perusahaan tersebut berhasil mendapatkan izin OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang emang jadi salah satu syarat penting buat sebuah layanan keuangan.

Konsep layanan pinjaman uang online ini pun diikuti oleh beberapa perusahaan sejenis lainnya.

Dari perusahaan-perusahaan di atas, terbukti bahwa jadi pelopor bisa jadi salah satu faktor kesuksesan usaha. Orang bakal lebih mengingat merek tersebut dibandingkan yang lainnya.

Tertarik buat bikin peluang usaha baru? Yuk, coba pikir-pikir apa yang belum ada di Indonesia dan bakal laku.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: