Semakin bertambahnya jumlah pengguna internet di Indonesia menjadi potensi bagi para pelaku bisnis. Dengan menggunakan internet, Anda dapat menjangkau lebih banyak pelanggan potensial dan bekerja dapat dilakukan dimana saja. Salah satu metode yang banyak digunakan dan sudah terbukti ampuh adalah pemasaran lewat blog.

Ada berbagai macam fungsi blog untuk pengembangan sebuah bisnis, beberapa diantaranya adalah berfungsi untuk media edukasi, membangun brand awareness, untuk melakukan penjualan dan lain-lain.

Dengan kelebihan dari blogging dari sisi fungsi dan kemanfaatan tersebut otomatis memberikan berbagai ide untuk membangun bisnis online dengan memanfaatkan blog.

Berikut ini adalah beberapa ide bisnis online yang dapat Anda lakukan melalui blog Anda.

1. Display ad ( Bisnis layanan iklan banner )


Nampaknya layanan display ad layak disebut "model bisnis online sejuta umat" mengingat banyaknya website di Indonesia yang menggunakan media ini untuk menghasilkan pendapatan. Namun, display ad sebaiknya tidak menjadi bisnis utama, mengingat pengiklan cenderung mau beriklan jika traffic web sudah memadai. Sementara membangun traffic website yang memadai untuk mendapatkan iklan, memerlukan waktu lama dan panjang. Google adsense pada blog juga termasuk dalam model bisnis ini walaupun pendapatan yang dihasilkan tidak sebesar display ad.

2. Sponsored Content (Bisnis layanan artikel sponsor)


Dengan tingkat kesulitan pada display ad, para blogger bisa memanfaatkan layanan content creation. Dengan layanan ini, pesan-pesan sponsor yang bersifat iklan bisa disampaikan dengan halus melalui konten-konten yang disajikan dengan tulisan. Buat anak-anak sekarang pasti mengenal hipwee yang selalu menyajikan content creation dengan bahasa anak muda dan menyajikan konten sponsor dengan bahasa yang enak untuk dibaca.

3. Content Writer (Bisnis layanan menulis artikel)


Banyak orang yang ingin berbisnis di internet yang tidak memiliki kemampuan menulis. Ya, memang kemampuan menulis harus selalu dilatih dan harus mudah dimengerti bagi siapa saja yang membacanya.

Kemampuan ini dapat Anda gunakan dengan membuka layanan jasa penulis artikel pada blog pribadi Anda.

4. Profesional Freelancer (Bisnis Layanan Profesional)


Saat ini freelancer menjadi pilihan bagi para profesional, karena memang ada sebagian orang yang tidak mau waktunya habis bekerja di kantor, dipusingkan dengan urusan rapat dan politik kantor. Bagi para profesional yang memiliki kemampuan di bidang photography, 3d artist, membuat game, web atau software, blog dapat membantu mereka untuk mempublish setiap ide, konsep dan hasil karya mereka setiap harinya. Dan otomatis mendatangkan pengunjung potensial yang membutuhkan jasa mereka dari berbagai negara.

5. Product Creation (Bisnis penjualan produk sendiri)


Dengan menggunakan model bisnis product creation ini artinya Anda membuat produk sendiri untuk dijual di internet. Kerajinan tangan, produk fashion, bisa juga berupa produk digital dapat Anda produksi untuk kemudian Anda pasarkan lewat blog. Dengan blog Anda bisa berinteraksi dengan calon pembeli yang tertarik dengan produk yang Anda hasilkan.

6. Dropship, Affiliate & Reseller (Bisnis agen penjualan)


Bagi Anda yang tidak memilik produk, 3 ide bisnis online yaitu dropship, affiliate dan reseller menjadi pilihan untuk memasarkan produk dari brand milik orang lain. Jika Anda memiliki modal yang cukup, reseller adalah pilihan yang tepat, tapi meskipun dengan keuntungan yang lebih kecil dua model lainnya yaitu dropship dan affiliate bisa dijadikan alternative untuk tetap menjalankan bisnis online dengan resiko yang kecil.

7. Online Course (Bisnis kursus online)


Dengan memanfaatkan blog, Anda dapat membuka kursus online Anda dengan memanfaatkan premium member pada blog Anda. Setiap member yang membayar akan mendapatkan materi tutorial baik berupa PDF atau video.

8. Online Marketing (Bisnis layanan pemasaran digital)


Sebuah layanan pemasaran digital adalah cara terbaik untuk mempromosikan bisnis. Dan blog adalah sarana yang dapat Anda gunakan untuk membuka jasa layanan Anda kepada pengunjung.


9. Graphic design (Bisnis Layanan jasa desain grafis)


Yang termasuk dalam jasa kategori ini adalah seperti jasa membuat logo, desain produk, membuat karikatur, desain kartunama dan lain-lain. Bangun ketertarikan pengunjung untuk memesan jasa Anda dengan blog, Anda akan merasa ini menjadi lebih mudah dan menyenangkan untuk melakukannya.

Setelah berhasil mendapatkan ide, selanjutnya Anda bisa segera memulai bisnis online. Pada dasarnya, sebuah ide akan berarti ketika ide tersebut diwujudkan dalam bentuk tindakan nyata. Sekadar memiliki ide tidak akan menjadikan kita sukses, ide tersebut harus diwujudkan.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: