Situs toko online atau e-commerce begitu populer di Indonesia, semua pebisnis online bekerja sangat keras untuk membuat situs mereka menjadi yang terbaik.


Bagaimanakah upaya Anda untuk bisa mengalahkan kompetisi dan menciptakan sebuah situs toko online yang dapat meningkatkan konversi atau penjualan ?

Berikut adalah beberapa tips mengoptimalkan situs toko online untuk meningkatkan penjualan Anda.

1. Siapkan desain responsif di toko online Anda


Sudahkah toko online Anda dilengkapi dengan desain yang responsif ?
Apa itu desain responsif ? Desain responsif adalah desain yang memungkinkan tampilan website / toko online Anda menyesuaikan dengan perangkat pengaksesnya.

Misalnya ketika diakses dengan memakai komputer desktop ukuran tampilan toko online Anda akan sebesar / selebar layar desktop, namun ketika diakses dengan smarthphone maka ukuran tampilan toko online Anda akan proporsional menyesuaikan dengan ukurannya.

Desain responsif akan memberikan kenyamanan tersendiri pada pengujung sehingga mereka akan betah berlama-lama berselancar di toko online Anda.

2. Optimalkan Fitur Pencarian


Salah satu fitur utama yang memberikan kemudahan pada penggunanya adalah fitur pencarian. Pastikan keakuratan data yang dihasilkan, dan tampilan kotak pencarian yang gamblang jelas sangat mempengaruhi kenyamanan pengunjung toko online Anda.

3. Optimalkan Tampilan Katalog Produk dengan Visual yang menarik


Jika produk Anda kebetulan adalah reseller dari toko online, mungkin Anda sudah mendapatkan foto katalog produk yang bagus dari pihak penyedia reseller, tetapi untuk barang yang disediakan sendiri, terkadang foto produk yang sembarang sangat mengurangi nilai dari penjualan produk tersebut.


Oleh karenanya, sebisa mungkin luangkan waktu Anda untuk membayar jasa fotografer profesional untuk menghasilkan foto yang bagus atau Anda bisa melakukannya sendiri dengan perangkat kamera yang bagus.

4. Pastikan proses order dan checkout yang praktis dan mudah dipahami.


Apabila proses order dan checkout di toko online Anda membingungkan pengguna maka kemungkinan mereka batal untuk membeli di toko online Anda. Oleh karenanya, Anda harus memastikan toko online Anda benar-benar praktis dan mudah untuk digunakan.

5. Optimalkan cross-selling


Cross-selling atau penjualan silang juga merupakan salah satu cara efektif untuk meningkatkan penjualan Anda.

Pada contoh berikut ini cross-selling diterapkan dengan memberikan widget produk yang berkaitan pada tampilan detail produk.

6. Pastikan toko online Anda mudah ditemukan di internet


Dengan banyaknya pesaing, tentunya Anda mengalami kesulitan untuk mengoptimalkan toko online Anda supaya mudah ditemukan di internet. Optimalkan SEO web Anda dengan memanfaatkan fitur Blog untuk mendatangkan pengunjung pada web Anda. Blog sangat efektif untuk melakukan soft selling pada toko online Anda.

7. Berikan Garansi


Pemberian garansi terbukti cukup efektif untuk meningkatkan kepercayaan calon pembeli. Jika memang memungkinkan bagi Anda, Anda bisa berikan layanan garansi di toko online Anda.
Garansi bisa juga berupa garansi tukar barang dengan ongkos kirim Anda yang tanggung. Misalkan barang yang didapat pembeli salah maka Anda bisa tawarkan layanan penukaran barang dengan menanggung ongkos kirim.

8. Promosikan toko online Anda lewat sosial media


Anda dapat memanfaatkan Facebok, Twitter, Instagram dan lainnya untuk mempromosikan produk dan toko online Anda. Pelajari buyer persona audiens Anda untuk mendatangkan pengunjung yang potensial menjadi pembeli. Anda tidak harus melakukan hard selling pada sosial media. Tapi lakukan secara bertahap dengan melakukan soft selling, memberikan informasi bermanfaat, menghibur atau lainnya.

9. Bangun brand, buat merek Anda dipercaya


Sebenarnya inti dari membuat orang-orang percaya adalah dengan membangun kesuksesan brand/merek Anda. Ketika merek Anda sudah diyakini orang-orang. Anda akan lebih mudah mendapatkan pembeli. Karena ketika seseorang sudah percaya dengan suatu brand maka ia akan percaya terhadap produk Anda.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: