Kemajuan teknologi semakin mendukung kemudahan berkomunikasi terutama dalam interaksi sosial. Terbukti dengan telah hadirnya teknologi yang disebut Sosial Media. Di mana dengan sosial media, seluruh manusia di seluruh belahan dunia dapat berinteraksi dengan mudah, murah dan cepat.

Kemajuan sosial media ini memang sangat membantu manusia dalam berbagai bidang. Namun, tentu dari keuntungan tersebut. Tersimpan kerugian yang cukup besar bagi para penggunanya, dan yang lebih parahnya dapat mengancam nyawa penggunanya sendiri. Nah untuk itu, berikut 6 hal yang harus kamu hindari agar tidak mengalami hal yang tidak menyenangkan dalam bersosial media.

1. Curhat di Sosial Media.


Sudah menjadi rahasia umum jika curhat di media sosial saat ini telah menjadi kebiasaan di kalangan para pengguna sosial media. Hal ini memang nggak ada salahnya. Hanya saja, kamu harus tau loh curhatan di social media bisa saja memancing seseorang untuk berbuat hal yang tidak menyenangkan kepadamu. Misalnya saja, kamu biasa dicaci maki oleh para warganet dan akhirnya kamu jadi galau dan malah jadi sakit hati.

2. Membagikan setiap informasi pribadi.


Membagikan informasi pribadi seperti, nama lengkap, alamat rumah, tanggal lahir dll, sebenarnya sangat berbahaya bagi kemanan diri sendiri. Karena informasi tersebutlah yang kemudian bisa dimanfaatkan oleh orang lain untuk tindakan kejahatan loh, seperti menduplikat KTP kamu atau bahkan mendatangi rumahmu tanpa izin.

3. Live streaming.


Live streaming atau siaran langsung di sosial media adalah salah satu fitur terbaru sosial media saat ini. Fitur inilah yang saat ini menjadi hal yang paling hits, di mana penggunanya dapat melakukan VLOG, ataupun narsis secara live di akun sosial media. Tapi kamu harus tahu loh, fitur ini cukup berbahaya kalau kamu pakai di tempat umum, seperti di jalan raya. Apalagi kalau kamu live sambil berkendara.

4. Copy paste karya orang.


Di zaman yang super cepat seperti sekarang, copy-paste menjadi hal yang sudah membudaya, apalagi di kalangan anak muda yang ingin eksis, namun nggak mau ribet. Menyalin karya orang lain dalam bentuk apapun, itu sama aja kamu mencuri atau merampok orang lain dan yang namanya mencuri pasti akan kena hukum loh ya. Jadi jangan suka copy-paste karya orang tanpa izin. Oke?

5. Berbagi nomor telepon kepada orang baru.


Harus waspada!

Tahu nggak sih kalau kita bisa melacak lokasi seseorang hanya dengan menggunakan nomor telepon mereka? Nah, gimana kalau nomor kamu itu dilacak dan kamu diteror? Uuhh… serem dan pasti nggak enak banget kan. Maka dari itu kamu harus hati-hati dalam membagi nomor telepon kamu ke orang lain yah.

6. Terlalu sering post foto.


Upload foto di akun sosial media memang sudah menjadi hal yang sangat mendasar. Namun nge-post terlalu sering juga berbahaya loh. Karena foto kamu bisa aja dijadikan bahan berita hoax oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

7. Share sembarangan.


Fitur share atau berbagi dalam sosial media memberikan kemudahan untuk memberitahukan kepada pengguna sosial media lain mengenai suatu hal yang dianggap penting. Sayangnya fitur ini juga membahayakan loh, karena dengan mudahnya berita yang tidak jelas atau hoax dapat dengan cepat beredar di sosial media. Bahayanya bagi kamu adalah, jika kamu yang menyebarkan informasi hoax tersebut maka dapat berakibat hukum pidana.

So, jaga baik baik privasi kamu yah. Dan ingat, gunakan teknologi dengan tujuan yang baik. Jangan lupa share juga yah, berbagi itu indah. Hehe
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: