Apakah di antara teman-teman ada yang penasaran bagaimana mesin pencari seperti Google bekerja? Bagaimana bisa begitu Kita mengetik kata kunci pencarian, mesin pencari seketika memberikan hasil berupa informasi yang diinginkan.

Ulasan berikut kami bahas untuk memberikan pemahaman kepada teman-teman yang ingin mempelajari SEO dengan memahami prinsip kerja mesin pencari.

1. Crawling dan Indexing


Aktor utama dari mesin pencari adalah prajurit yang disebut bot (kependekan dari Google-bot, Google-robot). Tugas dari bot adalah menjelajahi seluruh penjuru web di Internet.

Para Google-bot ini bekerja dengan mendatangi website satu per satu. Setiap kali ia membuka sebuah halaman website, ia akan membaca seluruh isinya, kemudian mencatat ringkasan isi halamannya (ini halaman tentang apa, judulnya apa, isinya seperti apa, dsb).


Hasil ringkasan inilah yang dibawa oleh Google-bot untuk dikirimkan ke komputer pusat milik Google untuk disimpan. Ringkasan informasi website ini disebut index.


Saat membaca dan meringkas isi sebuah halaman website, Google-bot akan menemukan link di halaman itu, yang mengarah ke halaman lain di website yang sama, atau link di website lainnya. Si robot Google ini juga akan mampir ke halaman lain yang diarahkan oleh link itu. Di halaman lain, Google-bot ini juga akan membaca dan meringkas isi halamannya.

Saat Robot Google menelusuri link web inilah gambaran peta jaringan link antar halaman website dibuat. Dari peta ini akan terlihat hubungan antar halaman website. Website-website dengan isi yang bagus dan populer umumnya akan mendapatkan banyak link dari banyak website lainnya.

Komputer pusat milik Google berisi lebih dari miliaran ringkasan/index halaman website beserta peta jaringan antar halamannya, hasil kerja Robot Google tadi. Saat Kita mencari di Google, sebetulnya Kita bukan mencari di internet, akan tetapi kita hanya mencari Index website yang tersimpan di komputernya Google.

2. Serving (Melayani Query Pencarian)


Setiap kali Kita melakukan pencarian di mesin pencari, kata kunci/keywords yang kita masukkan akan dicocokkan secara otomatis oleh Google dengan seluruh Index miliknya. Setelah Google menemukan halaman-halaman website yang berhubungan dengan kata kunci yang kita cari, Google akan menampilkan halaman-halaman itu dan mengurutkannya, kemudian menampilkan hasilnya.

Ada lebih dari 200 faktor yang digunakan oleh Google untuk menemukan mana index yang diambil dan bagaimana mengurutkannya. Faktor-faktor ini tidak terbuka untuk publik. Namun ada beberapa perusahaan yang berusaha menebak faktor-faktor tersebut lewat penelitian sendiri.



Mengapa Kita harus mengetahui cara kerja mesin pencari? Karena poin utama SEO terjadi saat Google memilih dan mengurutkan halaman. Google hanya akan memilih halaman yang dianggap relevan dan berkualitas.

Artinya kita harus membuat halaman website yang relevan dan berkualitas, serta menjadikan website kita penting dan terpercaya dalam topik yang kita pilih. Dan itulah yang akan kita lakukan dengan SEO.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: