Teman-teman yang aktif di dunia internet kemungkinan besar tidak asing dengan istilah SEO alias Search Engine Optimization.

Di mata masyarakat awam, SEO selama ini memiliki image yang tidak sepenuhnya positif. Contohnya, penuh dengan praktek terselubung dan rahasia, spammy alias nyepam, menggunakan trik serta software tertentu, yang tujuannya adalah untuk mendapatkan kekayaan dari Internet semata.

Di sisi lainnya, SEO sebenarnya digunakan dengan optimal di berbagai perusahaan di dunia untuk menjangkau lebih banyak target pasar dan mengembangkan bisnis mereka.

Secara pribadi, saya sangat mengandalkan SEO untuk mempromosikan media edukasi saya ini dan juga untuk mempromosikan usaha di bidang Kursus dan Pelatihan Web di Bandar Lampung yaitu global-komputer.com



Pengetahuan tentang SEO sangatlah bermanfaat bagi setiap orang yang memiliki website. Dan diharapkan dengan menyadari pentingnya SEO, teman-teman dapat menjadikannya sebagai salah satu ujung tombak dalam strategi digital marketing masing-masing.

Apa itu Search Engine Optimization (SEO)?


Banyak orang mengira SEO itu adalah upaya optimasi yang bertujuan untuk menjadikan website kita mendapatkan posisi pertama atau teratas di situs pencari. Tapi definisi tersebut kurang tepat.

Berdasarkan definisi SEO yang disepakati oleh praktisi di dunia dan seperti saya lansir dari ilovedigitalmarketing :

Search Engine Optimization adalah upaya untuk mendapatkan lebih banyak traffic yang berasal dari target pasar kita dan meningkatkan customer melalui mesin pencari.

Definisi SEO versi : Moz, Wikipedia, Search Engine Land.


SEO itu bukan bertujuan menaikkan ranking di mesin pencari semata, karena menjangkau target market dan menjadikan mereka menjadi pembeli adalah tujuan dari semua bisnis. Jika bisa ranking pertama tapi tidak ada pembeli yang datang, buat apa? Betul tidak?

Mesin pencari yang kita bahas di sini meliputi Google, Yahoo, dan Bing. Namun, karena Google-lah mesin pencari yang banyak digunakan di Indonesia, maka saya hanya mencontohkan Google.

Mengapa Menjangkau Target Pasar Lewat Mesin Pencari?


Melakukan pencarian atau googling adalah kebiasaan kita semua ketika ingin mengetahui sesuatu. Dan teman-teman bisa bayangkan, ada lebih dari 3 milyar pencarian terjadi di Google setiap harinya.

Orang-orang yang mencari di mesin pencari kemudian mengklik website yang muncul di halaman hasil pencarian.

Website yang muncul di halaman awal, khususnya posisi/ranking teratas, mendapatkan pengunjung lebih banyak, karena semakin rendah posisi di halaman hasil pencarian, apalagi di halaman-halaman selanjutnya, semakin sedikit orang yang melihat dan mengklik.

Semakin lama, seiring bertambahnya jumlah pengguna Internet di dunia, potensi kunjungan dari situs pencari akan semakin besar.

Jumlah pencarian di Google sendiri tumbuh sekitar 10-15% setiap tahunnya.

Faktor jumlah serta gratisnya traffic yang masuk, menjadikan SEO akan dan terus menjadi salah satu tumpuan strategi digital paling utama bagi setiap pemasar digital/pemilik website.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: