GoStartupIndonesia (GSI), sebuah platform yang diinisiasi Badan Ekonomi Kretif (Bekraf) dan Mandiri Capital Indonesia hadir sejak 6 September 2018. Platform ini bertujuan menyinergikan berbagai pihak yang terlibat dalam pembangunan ekosistem startup di Indonesia. Sebagai rangkaian puncak dari platform GSI, Bekraf dan Mandiri Capital Indonesia mengadakan konferensi tahunan GSI Scale Con 2018.

Konferensi yang terdiri dari talkshow untuk umum dan mentoring serta final pitching competition bagi 16 startup terpilih dari seluruh Indonesia ini merupakan ajang pertemuan berbagai pihak. Mulai dari pemerintah, para ahli di bidang teknologi dan ekonomi, investor, dan pastinya adalah para pegiat startup.

"Dengan konferensi tahunan yang penting dan bermanfaat ini dapat mendorong startup mencapai Initial Public Offering (IPO)," ujar Fadjar Hutomo, Deputi Akses Permodalan Bekraf.

Ricky Joseph Pesik, Wakil Kepala Bekraf (Foto: Alfhatin Pratama)
Dalam pembukaan acara tersebut, Ricky Joseph Pesik, Wakil Kepala Bekraf, mengatakan bahwa peran ekonomi kreatif sangat besar dan dapat menjadi andalan di masa depan bagi perekonomian Indonesia. "Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2016, kontribusi ekonomi kreatif terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional adalah Rp922 Triliun Rupiah atau sekitar 7,4% dari PDB. Kontribusi ekspor ekonomi kreatif sudah mencapai USD 20 Miliar atau setara dengan 13% ekspor nasional," tambahnya.
Ricky juga mengatakan, "Dibalik sektor ekonomi kreatif, startup punya peran besar dalam membantu pertumbuhan perekonomian suatu bangsa. Startup adalah sebuah upaya dan usaha yang berbasis inovasi dan terobosan baru di tengah persaingan global yang dihantui persaingan ketat dan perubahaan yang cepat."

Menurut Ricky, GSI dapat juga diartikan sebagai Goverment's Support for Startup in Indonesia atau Dukungan Pemerintah terhadap Startup di Indonesia. "GSI diharapkan dapat menjadi jawaban dan solusi untuk membantu startup menghadapi tantangan dan permasalahan global. Nantinya, startup yang unggul atau pun yang sudah menjadi unicorn dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia," tambahnya.

"GSI juga hadir untuk memberikan akses permodalan bagi startup. Masalah dasar yang dihadapi startup biasanya adalah permodalan. Startup bukan bisnis yang kecil, maka dari itu butuh modal yang tidak kecil juga," lanjutnya.
Di akhir pidatonya, ia berharap bahwa dengan dibuatnya platform GSI ini secara keseluruhan, dapat memperkenalkan arti penting startup kepada masyarakat luas, menjadikan startup sebagai pilihan profesi bagi anak muda atau kaum milenial, dan lahirnya ide luar biasa dari anak bangsa dalam memberikan solusi bagi permasalahan yang ada.

Yuk, para pegiat startup, tunggu apa lagi? Persiapkan diri mulai dari sekarang untuk GSI tahun depan. Siapa tahu startup-mu menjadi seperti salah satu dari 16 startup pilihan untuk diakselerasi?

Tak ada yang tak mungkin!
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: