Faktor Yang Menentukan Startup – Sepanjang tahun 2015, ada banyak startup yang muncul, mendapat investasi dan kemudian berkembang dengan pesat. Begitu juga sebaliknya, ada banyak startup yang tumbang melewati tahun Kambing Kayu ini. Jadi apa yang sebenarnya faktor yang dapat mempengaruhi kesuksesan sebuah startup?

Bill Gross, pendiri Idealab yang juga seorang serial entrepreneur mengungkapkan ada 5 faktor yang menentukan kesuksesan sebuah startup di sebuah video TED Talk.
Kelima faktor tersebut adalah timing, team/execution, idea, business model, dan funding. Lalu dari lima faktor tersebut, manakah yang paling berpengaruh? Bill melakukan riset dengan melakukan analisis 200 yang sukses dan gagal dari startup yang berada di dalam Idealab dan beberapa startup di luar Idealab seperti Uber, AirBnb, YouTube, dan lainnya.
Dari 200 startup tersebut, ternyata 42 persen kesuksesan mereka dipengaruhi oleh faktor timing yang tepat. Kemudian diikuti oleh faktor team/execution sebanyak 32 persen. Faktor ide menempati peringkat ketiga dengan jumlah 28 persen. Business model dan funding berada di urutan keempat dan kelima dengan persentase masing-masing sebesar 24 persen dan 14 persen.
Timing merupakan faktor utama yang telah dibuktikan oleh sejumlah startup yang sukses. Bill memberikan contoh bagaimana timing sangat mempengaruhi startup. Contoh pertama adalah AirBnb. Banyak orang beranggapan tidak akan ada orang yang akan mau menyewakan rumah mereka ke orang asing. Anggapan itu ternyata salah. AirBnb muncul di saat orang-orang sangat memerlukan pendapatan tambahan dan salah satu cara yang disediakan oleh AirBnb adalah dengan menyewakan tempat tinggal mereka.
Contoh kedua adalah UBER. Bill mengungkapkan bahwa UBER muncul saat kebutuhan akan transportasi sangat tinggi dan juga banyak supir yang ingin mendapat pendapatan tambahan.
Bagaimanapun tidak berarti faktor lain seperti business model dan funding tidak mempengaruhi kesuksesan sebuah startup. Business model sangat penting, tapi startup tahap awal masih bisa berdiri tanpa memerlukan model bisnis terlebih dahulu.
Begitu juga dengan funding. Bill mengungkapkan bahwa startup sekarang sangat mudah memperoleh investasi. Asalkan mereka memiliki tim dan traksi yang kuat, mendapat investasi bukanlah yang yang mustahil.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: