Di zaman modern ini, memiliki akun media sosial adalah suatu hal yang wajib. Maka tak heran jika semakin banyak media sosial baru yang diciptakan setelah booming-nya Facebook, Twitter, Instagram dll. Dalam sebuah penelitian baru pada awal 2018 lalu yang dilakukan oleh "We Are Social" perusahaan asal Inggris yang bekerja sama dengan Hotsuite, hasil risetnya mengatakan bahwa masyarakat Indonesia sangat gemar mengunjungi media sosial.

Terhitung setidaknya kini ada sekitar 130 juta masyarakat Indonesia yang aktif di berbagai media sosial. Setiap orang rata-rata mengahabiskan 3 jam 23 menit sehari untuk mengakses media sosial.

Meskipun media sosial memiliki fungsi dan cara yang berbeda, namun tidak sedikit penggunanya adalah sama, misal 1 orang bisa mempunyai 3 atau lebih, akun berbeda dibeberapa media sosial. Dari banyaknya pengguna sosial media di Indonesia, tidak hanya dari anak muda, namun dari berbagai kalangan. Bahkan ibu-ibu yang baru saja melahirkan pun sudah bisa eksis di media sosial lho.
Dari berbagai kalangan banyak pula tipe tipe pengguna media sosial. Mulai dari pengguna pasif sampai si over update status dengan detail kehidupan pribadinya. Selengkapnya kita bahas seperti ulasan di bawah ini ya.

1. Mrs Nyinyir.


Entah di Facebook, Instagram, atau lainya, mrs/ mr nyinyir ini biasanya memakai account fake alias akun palsu untuk mengomentari dan membahas orang lain ataupun gosip artis yang sedang hot. Biasanya mereka ada dimana-mana, bahkan komentarnya pun tak tanggung-tanggung dengan kritikan pedasnya.

2. Toko berjalan.


Di era yang modern ini transaksi jual beli sudah semakin gampang dengan adanya media sosial. Sebagian orang memanfaatkan media sosial dan smartphone-nya untuk berbisnis atau jualan secara online. Mulai dari anak SMA, kuliahan, yang sedang bekerja pula, bahkan ibu-ibu yang sambil mengurus segalanya pun masih sempat berjualan online.

Maka tidak heran jika kita sering sekali menemui iklan di kolom komentar Instagram dari akun si penjual. Biasanya mereka memasang iklan pada setiap status pemilik akun yang jumlah follower-nya sudah banyak. Ada juga yang memilih berjualan lewat live Facebook untuk mendatangkan pembeli yang lebih banyak.

3. Stalker.

Kalian yang masih kepo sama mantan, atau kamu yang penasaran sama aktivitas si doi di media sosial, biasanya seketika kamu jadi pengintai beranda. Bisa juga kalian yang nggak mau ketinggalan info tentang info artis idola. Tipe seperti ini biasanya hampir setiap hari mampir ke beranda orang yang dituju, kadang nggak lupa juga buat like & komen di statusnya.

4. Pencari Informasi.


Kalau dulu ingin menambah wawasan hanya lewat tv, radio, dan koran, maka di zaman digital ini kita bisa menggunakan media sosial sebagai tempat untuk menambah wawasan dengan jangkauan yang lebih luas. Hal ini akan lebih memudahkan kita untuk mencari ragam berita di berbagai penjuru dunia.

Maka tak asing lagi jika sekarang banyak sekali akun yang menyediakan beragam informasi di berbagai penjuru dunia atau pun dalam negeri. Perlu diwaspadai buat kamu yang suka membaca berita atau informasi di media sosial, hati-hati dengan berita hoax yah.

5. Sosmedku diaryku.


Sebagian orang menjadikan sosial media sebagai tempat untuk berbagai macam hal, seperti membagikan momen-momen kehidupan mereka, tempat keluh kesah, bahkan ada pula yang ngomongin orang juga. Ups, kalian jangan begitu yah!

6.  Album foto.


Kamu yang suka mengabadikan segala momen, biasanya tak lupa untuk merekam dan memfoto momen tersebut lalu diunggah ke akun media sosialnya. Atau kamu yang gemar selfi, memamerkan hasil make up, bangun tidur, atau bahkan tangan lecet yang baru saja jatuh pun kamu abadikan di sosial media. Tipe seperti ini biasanya banyak di antaranya adalah kaum hawa.

7. Pengguna pasif.


Tipe ini biasanya hanya menghabiskan waktu selama beberapa menit saja di setiap harinya untuk mengecek akun sosmed mereka, atau mungkin tidak setiap hari mereka aktif. Mereka si pengguna pasif ini biasanya asal punya akun sosmed saja agar tidak ketinggalan zaman atau kudet, bisa juga semata mata agar ia bisa berkomunikasi dengan teman lama atau sanak saudara yang jauh. Karena sosial media secara umum bisa diartikan sebagai situs yang menyediakan fitur bagi para penggunanya untuk berinteraksi secara online dengan mudah.

Nah, itulah beberapa rangkuman mengenai macam macam tipe pengguna media sosial di Indonesia yang unik dan beragam ini. Kamu termasuk tipe yang mana?
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: