Gadget, kata yang sudah sangat tidak asing lagi saat dibaca. Manusia zaman now pun kemungkinan besar menggunakannya. Sebagian besar yang kita lakukan dengan gadget tanpa disadari membuat kita “kecanduan” atau kita sebut “budak gadget”.

Sebelumnya mari kita pahami terlebih dahulu apa arti gadget. Secara istilah, gadget berasal dari bahasa Inggris yang artinya perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus.


Gadget di zaman sekarang berkembang sangat pesat dan membuat kita sebagai manusia mau tidak mau diharuskan menggunakannya untuk keperluan sehari-hari. Ini karena gadget sendiri diciptakan memang untuk memberikan kemudahan bagi kehidupan. Namun demikian, walaupun gadget banyak memberikan dampak positif, di sisi lain juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif. Apa sajakah itu? Mari kita bahas bersama!

1. Mempermudah komunikasi.


Gadget memang diciptakan untuk memberi kemudahan bagi para penggunanya, khusunya dalam komunikasi. Memberi kemudahan di sini maksudnya adalah membuat seseorang seolah-olah bertemu meskipun berbeda tempat. Maksudnya, dengan fitur chat atau video call yang disediakan pada zaman sekarang ini memudahkan kita semua bagi penggunanya untuk chatting/ video call dengan orang-orang yang jauh, sehingga membuat jarak bukannya menjadi batasan atau alasan tidak bisa berkomunikasi satu sama lain. Memudahkan sekali bukan? Ya tentu, karena pada zaman dahulu kita harus dengan mengirim surat agar bisa berkomunikasi pada jarak jauh di mana membutuhkan waktu lama agar surat bisa sampai di penerima.

2. Memperluas lingkungan pertemanan.


Gadget adalah salah satu cara di mana kita bisa mengakses media sosial. Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi akunnya, meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Munculnya berbagai situs media sosial seperti line, instagram, facebook, snapchat pun memungkinkan kita untuk menambah banyak teman, bahkan dari berbagai negara sekalipun. Gadget membuat dunia seakan-akan berada dalam genggaman kita. Maka dari itulah gadget memudahkan kita untuk memperluas lingkungan pertemanan.

3. Memperluas ilmu pengetahuan.


Gadget menjadi salah satu alat yang memungkinkan kita utuk mengakses berbagai informasi dimanapun dan kapanpun dengan bermodalkan internet sehingga akan menambah wawasan dan pengetahuan. Para pelajar sudah tidak asing dengan alat ini karena mereka biasa mengakses internet melaui gadget untuk sekedar hiburan, maupun sebagai sarana untuk mengerjakan tugas mereka.

4. Mempermudah mengetahui berita terbaru.


Zaman sekarang jika ingin mengakses berbagai berita terbaru hanya dengan sekali click saja, karena zaman sekarang berita di media online jauh lebih update daripada berita di media cetak. Mengapa? Karena media online mementingkan kecepatan informasi sehingga selalu memperbaharui beritanya tiap waktu dengan menyajikan informasi yang sedang terjadi. Maka dari itu rata-rata orang yang mengakses berita di media online melalui gadget akan lebih up to date.

5. Mempermudah orang-orang untuk belanja.


Loh? Kenapa gadget mempermudah untuk belanja? Pada zaman sekarang ini selain sosial media yang kegunaannya untuk eksis, sosial media juga bisa dipakai untuk berbisnis loh! Seperti di instagram sudah banyak akun-akun untuk berjualan. Selain instagram ada juga marketplace dan e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, BliBli, JD.ID, Bukalapak dll. Marketplace tersebut sangat memudahkan kita, karena dengan applikasi/ sosial media kita tinggal pesan dan menunggu pesananan sampai di rumah, sangat simple!

Nah tadi kan kita sudah bahas dampak positifnya, sekarang kita bahas dampak negatifnya juga yuk!

1. Kecanduan.


Setelah melihat berbagai macam dampak positif yang menguntungkan kita sebagai pengguna gadget, tetapi tanpa kita sadari sebenarnya itu yang membuat kita susah lepas dari gadget walaupun cuman sejam loh. Panik dan cemas yang berlebihan jika meninggalkan gadget atau tidak memegang gadget dalam waktu tertentu menjadi indikasi bahwa kamu sudah mengalami kecanduan gadget. Ini bahaya karena kecanduan itu apabila tidak segera diatasi akan memicu timbulnya dampak negatif lain seperti emosi yang tidak stabil, gangguan kesehatan mental, gangguan kesehatan tubuh, dan lain-lain. Ngeri!

2. Gangguan pada jam istirahat.


Kecanduan gadget akan mengakibatkan terganggunya jam istirahat kamu loh, mengapa? Karena beberapa orang akan mengalami gangguan tidur di malam hari atau insomnia akibat seringnya memainkan gadget di jam-jam istirahat malam. Sebenarnya tidak ada salahnya menggunakan gadget di kala kamu sedang beristirahat, namun hal ini akan menjadi buruk loh apabila kamu terlalu sering melakukannya. Jam istirahat dan tidur yang terganggu akan membuat tubuhmu menjadi cepat lelah. Biasanya hal ini juga akan mempengaruhi tingkat produktivitas sehari-hari, daya tangkap indera yang lemah, sulit fokus, serta daya tahan tubuh yang menurun.

3. Gangguan interaksi sosial.


Kesibukan atau kecanduan menggunakan gadget akan sangat menyita waktu kebersamaan dengan orang-orang di sekitar kita. Terkadang kepedulian akan dunia luar menjadi sangat berkurang ketika kita terlalu sibuk dengan gadget. Peluang untuk kehilangan banyak teman di dunia nyata menjadi semakin besar apabila kita tidak dapat membagi waktu antara gadget dengan lingkungan nyata di sekitar kita loh.

4. Risiko penyalahgunaan.


Di balik kemudahan kita mengakses informasi melalui gadget, ada hal yang riskan juga loh. Karena sudah banyak kasus pelajar yang berbuat cabul akibat kecanduan pornografi melalui gadget. Ini bisa membuat anak salah jalan, hingga membuat mereka melakukan hal–hal yang menyimpang.

5. Risiko terkena radiasi.

Menurut beberapa ahli penelitian, menggunakan gadget terlalu sering akan rentan terkena radiasi, terutama pada anak kecil, karena pancaran sinar dari layar sangat membahayakan kesehatan perkembangan sistem saraf. Selain itu juga bisa menyebabkan kekeringan pada mata kamu, karena telalu lama menggunakan gadget dapat menyebabkan mata menjadi kering dan memerah. Kondisi ini bisa disebabkan oleh kurangnya cairan yang digunakan untuk membasahi mata akibat dari kurangnya produksi air mata mupun mudahnya penguapan air mata karena paparan radiasi oleh layar gadget.


Baru-baru ini selebgram Awkarin gempar dengan berita ingin menghapus akun instagramnya, tetapi setelah 10 hari menghilang awkarin kembali dengan membuat video pernyataan “I QUIT INSTAGRAM”.

Apakah isi videonya tersebut? Video tersebut menceritakan tentang kondisi Karin yang memiliki mental illness, selain itu yang menjadi higlight video ini adalah bahwa Karin ingin mengurangi kecanduan gadget karena sangat tidak baik untuk dirinya dan kehidupan sosialnya.

Di sini kita bisa melihat selebgram sebesar Awkarin yang terkenal melalui instagram berani mengambil keputusan ingin melakukan detox gadget, bisa diakui detox gadget bukanlah hal yang mudah karena semua yang kita lakukan pada zaman modern ini menggunakan gadget. Tetapi jika kita memiliki niat untuk melakukannya tidak ada yang tidak mungkin, dan detox gadget memiliki banyak manfaatnya loh!

1. Sadari bahaya dari gadget dan manfaat melakukan detox gadget.


Sebelum melakukan detox gadget, kalian harus sadari terlebih dahulu bahaya yang mengancam dan sadari pula manfaat dari detox gadget yang akan dilakukan. Dengan memahaminya, kamu akan lebih berkomitmen untuk menjalankan program.

2. Mulai dari hal kecil.


Hmm mungkin saat ini kamu selalu memeriksa handphone setiap 10 menit sekali. Perlahan, cobalah untuk tidak menggunakan gadget selama 60 menit. Contoh saat sedang berkendara mulailah untuk tidak menggunakan gadget karena walaupun sudah sangat jelas bahayanya tetapi masih banyak yang tetap menggunakan gadget saat berkendara dan memicu kecelakaan.

3. Cari Kesibukan.


Tidak dipungkiri jika kita hanya diam saja tanpa melakukan apapun terlebih tidak memegang gadget pasti akan sangat bosan, karenanya lakukanlah lebih banyak kegiatan positif yang mengahlihkan kita dengan gadget kita untuk sementara waktu. Misalnya meletakan gadget di tas pada saat jam makan siang dan mengobrol atau bertukar pikiran dengan teman-teman sekitar.

4. Rasakan manfaatnya.


Setiap satu atau dua minggu sekali di hari libur, cobalah untuk tidak mengakses gadget. Usahakan untuk melakukan kegiatan secara nyata dengan bertemu teman-teman, keluarga, atau berolahraga. Jangan lupa juga untuk menyadari manfaat dari detox gadget yang kamu jalankan.

1. Terhindar dari Nomophobia.


Nomofobia atau Nomophobia dalam bahasa Inggris, diambil dari singkatan no-mobile-phone phobia adalah suatu sindrom ketakutan jika tidak mempunyai telepon genggam. Takut berada jauh dari gadget kamu? Itu berarti kita termasuk seorang nomophobia. Maka dari itu jika kita melakukan detox gadget kita akan merasakan manfaatnya, yaitu terhindar dari Nomophobia.

2. Membuat mata lebih rileks.


Radiasi sangat bahaya untuk mata dan hampir semua gadget memiliki layar yang memantulkan radiasi ke arah mata kita. Efeknya, mata jadi sering pedih jika terlalu lama main gadget. Dengan melakukan detox gadget, maka mata akan istirahat untuk kemudian terasa lebih segar dan nyaman.

3. Hubungan komunikasi nyata lebih bertumbuh.


Saat kita menjadi budak digital yang memegang gadget terus menerus kita menjadi tidak sadar akan lingkungan nyata sekitar kita, seperti sedang ke cafe dengan teman-teman kita malah menggunakan gadget terus menerus dimana itu sangat tidak menghargai lawan bicara kita. Maka dari itu jika kita melakukan detox gadget, hubungan komunikasi di lingkungan nyata kita akan bertumbuh.

4. Mendapatkan tidur yang cukup.


Mendapatkan tidur yang cukup? Megapa? Karena membawa gadget kita ke tempat tidur akan memicu tidur yang kurang berkualitas. Pikiran kita akan terus menerus berfokus pada gadget. Nah, dengan detox gadget maka kita akan lebih mudah tidur nyenyak dan bangun dengan kondisi tubuh yang lebih segar!

5. Tubuh kita menjadi lebih aktif.


Terlalu konsentrasi dengan gadget membuat kita mejadi malas bergerak loh, apalagi berolahraga. Kita cenderung ingin duduk di tempat nyaman dan menggunakaan gadget dalam waktu lama. Detox gadget akan membuat kita memiliki keinginan bergerak, entah melakukan aktivitas apapun yang menghindari kita teringat untuk bermalas-malasan menggunakan gadget saja seharian.

Nah, setelah kita membaca dampak positif dan negatif, cara melakukan detox gadget, dan manfaat yang kita dapatkan, tidak salahnya untuk mencoba detox gadget karena banyak hal-hal yang bisa dilakukan selain hanya menggunakan gadget seharian tanpa melakukan apapun. Yuk, mari kita mencoba detox gadget ini bersama-sama dan rasakan manfaatnya!
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: