Orang kaya kok makin tambah kaya aja ya? Kamu pasti penasaran sampai-sampai muncul pertanyaan tersebut. Faktanya, banyak orang kaya di dunia yang hartanya makin bertambah. Sebut aja nama-nama yang udah terkenal, seperti Jeff Bezos dan Mark Zuckerberg. Kekayaan dua orang kaya tersebut bertambah karena bertambah mahalnya harga saham perusahaan mereka.


Selain karena kepemilikan perusahaan yang kian berkembang, orang-orang kaya melipatgandakan kekayaannya dengan jalan investasi. Ada beberapa investasi yang barangkali bakal asing buat kamu yang rupanya dipilih orang-orang kaya.

Pengin tahu apa aja investasinya? Yuk cari tahu lewat ulasan berikut ini.

1. Beli properti 

Investasi ini bukanlah sesuatu yang baru. Kenyataannya emang investasi dengan beli properti menghasilkan keuntungan besar di masa mendatang.

Makanya banyak orang yang punya uang berlebih berburu properti buat diinvestasikan. Begitu pun yang dilakukan orang-orang kaya. Mereka mencari-cari properti yang potensial menghasilkan banyak untung, seperti yang dilakukan Hotman Paris.

Misalnya aja beli properti di Jakarta. Sekarang banyak properti semisal apartemen yang dijual miliaran rupiah. Harganya emang mahal. Namun, orang kaya yakin dengan membelinya sekarang, mereka bakal dapat lebih dari modalnya itu.

2. Investasi ke perusahaan

Umumnya investasi yang paling gampang itu ya beli emas atau deposito. Justru orang kaya berbeda dalam memandang investasi. Mereka memilih investasi dengan membiayai perusahaan-perusahaan yang sedang berkembang.

Ambil contoh aja startup yang banyak bermunculan belakangan ini. Startup itu awalnya memakai modal pemiliknya sendiri. Namun, begitu berkembang, mereka butuh suntikan dana yang lebih besar.

Di sinilah orang-orang kaya berperan dalam keberlangsungan startup tersebut. Mereka menyalurkan dana segar sebagai bentuk investasi. Harapan mereka, perusahaan menjadi besar dan menghasilkan untung besar kayak Google atau Facebook.

3. Hobi mahal 

Pernah dengar gak lukisan yang dijual dengan harga puluhan miliar? Kabar terakhir, lukisan Leonardo da Vinci, Salvator Mundi, dijual dengan harga yang fantastis, yaitu Rp 6 triliun!


Investasi ini dinilai unik, tapi siapa sangka menghasilkan banyak untung. Mengoleksi barang-barang antik dikenal sebagai hobinya orang-orang berduit.

Orang-orang kaya rela keluar banyak uang hanya demi kepuasan hobinya tersebut. Kamu pasti berpikir, “Ngapain ngelakuin hobi kayak gitu. Untungnya apa coba?”

Asal tahu aja nih, uang yang mereka keluarkan buat hobi mahal tersebut bakal balik dengan nilai lebih, bahkan dua kali lipat. Contohnya aja yang batu akik yang sempat heboh itu. Harganya bisa lebih dari Rp 100 juta.

4. Beli saham dan obligasi

Beli saham atau obligasi nyatanya bikin uangmu bertumbuh ketimbang disimpan di rekening tabungan. Inilah alasannya Bursa Efek Indonesia (BEI) terus kampanye “Yuk Nabung Saham” supaya orang mau investasi sekaligus mengamankan kekayaannya.

Orang-orang kaya juga memandang pentingnya investasi dengan beli saham atau obligasi. Karena itu, mereka punya saham di beberapa perusahaan besar dan membeli Obligasi Ritel Negara (ORI).

Buat beli saham, beberapa dari mereka ada yang pengin investasi jangka panjang dengan membeli saham blue chip. Tapi gak sedikit juga yang jadi trader dengan beli saham murah dan dijual saat naik. Apalagi sekarang ini main saham udah bisa online, jadi gak ribet lagi.

5. Tempatkan dana di hedge fund 

Investasi ini memberi untung yang luar biasa, lebih besar dari untung beli saham. Namun, di balik untungnya yang besar, ada risiko yang juga sangat tinggi.

Walau begitu, yang namanya untung tetap aja menang. Tertarik dengan apa yang ditawarkan, gak sedikit orang-orang kaya yang berinvestasi di hedge fund.

Hedge fund adalah pengelola investasi global yang menawarkan keuntungan maksimal dan meminimalkan risiko. Hedge fund mengelola dana dengan menempatkannya ke banyak instrumen. Mulai dari properti, mata uang, hingga saham.

Mirip-mirip reksa dana, investor cuma terima hasilnya aja. Investor cuma perlu menginvestasikan dana. Nantinya dana tersebut dikelola manajer dari hedge fund.

Untungnya, hedge fund ini rata-rata terbukti memberikan untung yang besar seperti yang dijanjikannya. Ruginya, hedge fund mensyaratkan investor agar bersedia menaruh dana buat beberapa lama, tergantung dari keputusan hedge fund itu sendiri.

Sayangnya, cuma orang-orang kaya yang bisa investasi di hedge fund karena modal investasinya mesti besar.

Itulah lima investasi yang bikin orang kaya makin kaya. Sekadar info aja, menjadi orang kaya bukanlah hal yang mustahil. Kamu bisa kok menjadi salah satunya.

Mulai deh dari kebiasaan-kebiasaan kecil yang bisa bikin kaya. Misalnya aja batasi melakukan kebiasaan boros Mulailah berinvestasi. Pakai utang buat hal produktif, semisal kredit rumah (KPR) atau modal usaha. Belilah aset semisal tanah, bukannya beli kendaraan baru. Dan terakhir, dahulukan kebutuhan, bukan keinginan.

Selamat mencoba!
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: