Buat saya ada indikator sederhana agar mood menjalani hari saya jadi sangat baik, yaitu sesederhana bisa bangun pagi kurang dari jam 4, shalat tahajud dan bisa shalat subuh di mesjid.

Kalo dua aktivitas itu sudah bisa terlaksana, Insya Allah seluruh hari saya sisanya akan terisi dengan mood yang baik banget. Melakukan apa-apa akan jadi bersemangat.

Beberapa hal sederhana tapi bisa menjadi kunci sesuatu yang lebih besar ternyata juga terjadi di banyak hal dalam hidup kita. Itu yang biasa kita namakan leading indicator.

Di dunia manajemen startup digital misalnya, kita punya kebiasaan memonitor banyak data dari perkembangan startup kita. Tapi akan lebih mudah buat kita untuk fokus kalau kita bisa ketemu leading indicator, yang dengannya mempengaruhi hal lain yang lebih besar.


Di awal perjalanan Facebook, mereka punya leading indicator yaitu kalau seorang pengguna sudah punya lebih dari 10 orang teman di Facebook dalam kurang dari 7 hari, maka sebuah kunci kalau ia akan jadi pengguna aktif di Facebook nantinya.

Kelihatan menyederhanakan sesuatu sih emang, tapi hal sederhana ini diperoleh tidak dengan mudah. Harus dengan pengamatan dalam jangka waktu tertentu hingga ketemu pola nya. Dan mencari pola itu sendiri hal yang susah.

Startup-startup di @badrstartupstudio sendiri kita punya kebiasaan memantau datanya rutin sejak berdirinya, dari pengguna harian hingga rasio pengguna yang ga lagi pakai produk kita. Yang akhirnya berbuah kemampuan menemukan alasan dan akar permasalahan atas sebuah fenomena dengan lebih mudah.

Karena kita dah gampang banget kebanjiran informasi sekarang ini, maka akan lebih efisien kalau kita punya leading indicator untuk menyederhanakan njelimet dan banyaknya variabel di sekitar kita. Plus juga mempermudah mengusahakan hal yang mungkin lebih mudah, tapi ternyata bisa men-trigger hal yang lebih besar.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: