Website profesional adalah tool marketing yang wajib dimiliki oleh setiap perusahaan. Mengapa bisa dikatakan wajib? berikut adalah beberapa manfaat yang perlu Anda ketahui.Website adalah media yang akan membantu Anda dalam menjalankan strategi marketing dan menjadi media informasi tentang suatu perusahaan.



Dengan adanya website, Anda bisa mengetahui di mana konsumen Anda berada dan memudahkan konsumen untuk menjangkau keberadaan Anda atau bisnis Anda.

Tanpa adanya website, maka bisnis Anda akan kehilangan salah satu media yang cukup penting tersebut.

Itulah sebabnya Anda membutuhkan sebuah website profesional pada bisnis Anda.

Baik produk offline ataupun online, website telah menjadi komponen penting dari usaha Anda.

Apabila perusahaan Anda memiliki website profesional yang mampu mendeskripsikan dirinya secara detail, pengalaman lengkapnya, dan juga kredibilitasnya dalam membangun sebuah bisnis, tentunya dapat menciptakan image yang terkesan profesional.

1. Apa itu Website


Dikutip dari wikipedia, Website adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada server yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi.

Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti Internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat Internet yang dikenali sebagai URL.



image : freepik.com

Untuk mengakses suatu website, Anda cukup mengetikkan nama domain pada web browser dan kemudian halaman utama web atau homepage akan langsung ditampilkan.

Website perusahaan adalah sebuah website profesional yang sengaja dibuat oleh suatu perusahaan atau pemilik bisnis untuk menyediakan berbagai informasi detail mengenai bisnis tersebut.

Website perusahaan biasanya terdiri dari beberapa halaman web seperti homepage, about us, product, pricing, employment, terms & condition dan contact us.

Membuat website profesional untuk perusahaan bisnis sebenarnya membutuhkan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan biaya marketing secara offline.

Anda dapat membuat sendiri secara otodidak, belajar di tempat kursus, meminta bantuan teman, atau membayar jasa web developer yang banyak menyediakan layanan jasanya di internet.

2. Pentingnya website perusahaan bagi suatu bisnis


Kita telah memasuki zaman di mana segala sesuatunya terhubung ke internet. Namun ternyata masih banyak saja pemilik bisnis yang tidak mengetahui manfaat sebuah website bisnis.


Website profesional adalah bagian penting bagi sebuah bisnis. Website tidak hanya digunakan untuk berbelanja online saja, tetapi juga untuk mencari berbagai informasi dan juga untuk beberapa kebutuhan lainnya seperti berikut :

Media marketing


Secara tidak langsung, Internet telah membuat perubahan yang sangat signifikan dalam dunia internet marketing. Strategi marketing yang dulunya banyak dilakukan secara offline, kini lebih banyak dilakukan secara online

Media informasi


Website sangat berperan dalam menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh customer. Mereka tidak usah bersusah payah datang langsung ke kantor Anda hanya untuk menanyakan informasi-informasi yang dibutuhkan, seperti harga, diskon, promo dan lain-lain. Selain itu informasi yang Anda tulis pun dapat diperbaharui kapanpun Anda inginkan.

Media iklan


Ada jutaan orang di dunia yang selalu mengakses internet setiap harinya, sehingga tidak heran jika internet telah menjadi salah satu media iklan yang sangat efektif.

Media komunikasi


Pada website, Anda dapat menambahkan fitur blog yang berfungsi untuk memberitahukan customer mengenai produk terbaru, promo, event, atau konten apapun yang ingin Anda komunikasikan kepada customer.

Dan bagi customer yang ingin menanyakan hal-hal yang kurang jelas bisa memanfaatkan form komentar yang disedikan pada website. Intinya, website bisa dimanfaatkan sebagai media komunikasi dengan para customer.

3. Manfaat website terhadap bisnis Anda


Ada banyak sekali manfaat website yang bisa Anda dapatkan, terutama bagi Anda yang menjadi pemilik bisnis. Entah itu bisnis berskala besar atau bahkan yang hanya memiliki satu karyawan pun tetap akan merasakan kegunaaan website bagi bisnisnya.

Sayangnya, masih banyak pemilik bisnis yang belum menyadari bahwa manfaat website itu sangat banyak. Berikut adalah beberapa manfaat website yang bisa membuat bisnis Anda menjadi lebih berkembang :

Menghemat pengeluaran pemasaran


Iklan yang dipublikasikan melalui koran, majalah, televisi atau media iklan lainnya akan jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan iklan yang dipublikasikan secara online.


Sebagai seorang pemilik bisnis, Anda dapat memaksimalkan kegunaan website sebagai media iklan. Bahkan dengan memanfaatkan website, perusahaan bisa memperoleh jumlah audiens yang sama dengan cara offline namun dengan biaya yang jauh lebih murah.

Mengalahkan Kompetitor


Jika bisnis Anda memiliki banyak sekali pesaing atau kompetitor, maka Anda bisa menghitung berapa pesaing Anda yang sudah memiliki website profesional. Jika memang banyak yang sudah memiliki website, Anda bisa memperhatikan strategi pemasaran yang digunakan. Dengan begitu Anda dapat memperkirakan kebutuhan website dan strategi pemasaran yang tepat pada perusahaan Anda.

Pesaing Anda memang dapat memberikan wawasan bisnis yang berharga. Tetapi perlu diingat, mengikuti tampilan web pesaing adalah tidak benar. Setiap tampilan yang memiliki keunikan akan memberikan pencitraan berbeda pada sebuah bisnis.

Anda dapat menyerahkan tugas ini pada tenaga ahli atau membayar freelancer web developer yang tepat untuk membangun website perusahaan Anda yang dapat menambah citra perusahaan Anda.

Meningkatkan jumlah customer


Perkembangan teknologi dan Internet membuat jumlah pengguna smartphone dan perangkat lainnya yang dapat mengakses internet semakin bertambah.

Beberapa diantaranya mungkin bukan target market Anda, namun secara langsung tertarik pada bisnis Anda berkat adanya informasi yang Anda tulis melalui website perusahaan. Jika hal ini terus terjadi, maka jumlah customer Anda akan meningkat.

Membangun Awareness (Kesadaran Merk)


Salah satu manfaat website yang cukup penting adalah mampu memberikan kesadaran dan minat seseorang pada sebuah produk.

Oleh karenanya, biasanya strategi yang digunakan adalah dengan membuat konten yang bisa memberikan solusi pada permasalahan pada banyak orang.

Semakin banyak yang terbantu oleh isi konten Anda, semakin mudah bagi Anda untuk membangun kepercayaan pada produk Anda.

Mencapai target bisnis


Seorang pemilik bisnis harusnya menyadari bahwa semakin banyak pengunjung website maka akan meningkatkan jumlah potensial penjualan.

Namun untuk menambah jumlah pengunjung atau visitor, Anda perlu memperbaharui dan mempromosikan konten website perusahaan secara berkala. Semakin informatif konten yang Anda buat pada website, semakin banyak pula pengunjung yang akan mengunjungi website Anda. Dan berpotensi untuk menciptakan penjualan pada bisnis Anda.

Membangun Brand bisnis


Internet memungkinkan para pemilik bisnis kecil untuk membangun brand secara cepat dan dengan biaya yang jauh lebih murah dibandingkan cara tradisional.

Membangun brand bisnis dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah melalui website perusahaan.

Menunjukkan kredibilitas Bisnis


Secara tidak langsung, website profesional akan menunjukkan kredibilitas bisnis Anda di mata customer.

Ketika mereka menemukan bahwa Anda memiliki website profesional, maka mereka akan menganggap bahwa Anda sangat kredibel.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: