Siapa bilang memulai usaha harus dengan modal ratusan juta? Sebenarnya, ada banyak peluang bisnis yang bisa dilakukan tanpa modal. Ya, tanpa uang sepeserpun Anda bisa memulai sebuah bisnis. Hanya saja, yang sulit adalah mempertahankan bisnis tersebut dan konsisten mengembangkan usaha. Tak sedikit bisnis yang gagal di tengah jalan gara-gara terburu-buru memulai serta strategi yang kurang mantap. Sebelum memulai usaha, ketahui dahulu siapa pelanggan Anda dan seperti apa target marketnya. Tanyakan pada diri sendiri, apa yang membuat bisnis Anda lain daripada yang lain?

Jika Anda sudah memikirkan jawaban atas pertanyaan tersebut, makan Anda dapat memulai sebuah bisnis. Satu hal yang paling penting adalah sektor industri produk Anda. Dengan memiliki keunikan tersendiri, maka para investor akan tertarik untuk mendanai bisnis Anda tersebut karena mereka melihat potensi market yang besar.

Jika Anda merasa memiliki ide-ide brilian yang inovatif tapi modal cekak, mungkin 15 tips usaha di bawah ini dapat memberikan inspirasi.

1. Meminjam Modal



Meminjam modal usaha bisa menjadi alternatif solusi untuk mendanai bisnis Anda. Anda bisa meminjamnya dari teman atau orang tua jika memungkinkan. Selama bisnis berjalan, penghasilan yang diperoleh nanti digunakan untuk mengembalikan hutang yang pernah Anda pinjam. Selain itu, Anda juga harus dapat meyakinkan mereka kalau usaha Anda ini akan memperoleh hasil.

2. Ubah Rumah Jadi Kantor

 Ubah Rumah Jadi Kantor


Saat ini sewa tempat perkantoran harganya bisa selangit. Jika bisnis yang Anda mulai masih berskala kecil, tak ada salahnya memanfaatkan garasi rumah atau salah satu ruang kosong di dalam rumah Anda untuk digunakan sebagai kantor. Anda tak perlu pusing lagi memikirkan biaya sewa kan?


3. Mencari Partner Kerja

Mencari Partner Kerja



Ketika modal usaha untuk memulai bisnis bisa jadi sangat mahal, Anda bisa menawarkan kerjasama yang menarik dengan kenalan Anda. Kemukakan ide Anda dan tawarkan jasa yang bisa Anda lakukan sementara partner Anda yang akan mengurus semua modal usahanya. Keuntungan bagi Anda adalah, Anda dapat merealisasikan ide usaha sedangkan partner Anda pun tak perlu repot mengurusi operasional bisnisnya karena sudah ada orang kepercayaan yang in charge.

4. Membuat Website atau Blog



Ada banyak portal untuk membuat website gratis. Situs seperti Google dan Wordpress menyediakan banyak template yang bisa disesuaikan dengan selera Anda. Bagi para pengusaha kecil dan menengah, website menjadi salah satu media efektif untuk memasarkan jualan Anda. Anda bisa menggaet banyak konsumen dengan membagikan info ke akun jejaring sosial pribadi anda. Teman-teman Anda di sosmed akan dengan senang hati untuk men-share informasi tersebut dan membagikannya ke khalayak yang lebih luas. Website merupakan alat yang berguna untuk menjaring calon konsumen. Dan semuanya itu bisa dilakukan dengan modal 0 Rupiah.


5. Cari Kerja Part Time

Cari Kerja Part Time


Bekerja secara paruh waktu adalah salah satu teknik untuk mengumpulkan modal. Anda dapat menyisihkan gaji yang didapat untuk membangun kerajaan bisnis Anda dari 0 tanpa harus meminjam modal atau memecah tabungan Anda.

6. Fokus Bekerja

 

Fokus Bekerja

Memulai sebuah bisnis harus dilakukan dengan penuh kesadaran. Anda harus memaklumi jika di awal pembukaan, profit yang didapat masih sedikit bahkan belum bisa balik modal. Teruslah fokus untuk mengembangkan bisnis Anda dan selalu mengevaluasi kegagalan tanpa menyerah.

7. Bernegosiasi Dengan Pihak Perbankan

Bernegosiasi Dengan Pihak Perbankan



Sebagai calon pelaku bisnis, Anda harus pintar bernegosiasi. Ada banyak cara memperoleh modal dan memulai bisnis, tetapi Anda perlu teknik bernegosiasi untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan. Sebuah bank tidak serta merta memberikan pinjaman jika Anda tidak bisa meyakinkan mereka akan potensi bisnis Anda.

8. Menjual Barang Bekas 

Menjual Barang Bekas

Anda memiliki segudang baju yang sudah tidak dipakai tapi masih dalam kondisi bagus? Atau Anda menumpuk buku-buku yang sudah dibaca di dalam kardus? Mengapa tidak menjualnya saja?

Ada banyak portal jual beli yang dapat membantu Anda untuk menjual barang second. Tapi jangan lupa untuk menuliskan informasi tentang kondisi barang yang akan Anda jual agar konsumen tidak kecele. Menjual barang bekas tentu tidak menggunakan modal karena barang ini mungkin sudah lama ada di gudang Anda. Daripada dibuang sia-sia, Anda bisa menjualnya kembali dan uang yang dikumpulkan pun dapat digunakan untuk membuka sebuah bisnis baru.


9. Bisnis Catering

Bisnis Catering

Anda suka memasak? Bisnis catering saat ini sedang menjamur. Alasannya simple, karena orang malas memasak dan tidak ada waktu untuk memasak. Para konsumen menginginkan masakan rumahan yang harganya terjangkau untuk sehari-hari. Tawarkan solusi ini pada rekan atau tetangga Anda agar mereka mau berlangganan catering di tempat Anda. Gunakan uang pesanan sebagai modal untuk membeli bahan-bahan yang sehat dan segar.

10. Menjadi Penulis Lepas

Menjadi Penulis Lepas

Jika Anda suka menulis, pekerjaan penulis lepas sedang marak dibutuhkan saat ini. Anda cukup memakai komputer lama dan membuat profile di situs-situs pencari penulis lepas yang ada di Indonesia maupun di luar negeri. Hanya dengan bermodal otak dan jari-jari Anda, Anda bisa memperoleh penghasilan di rumah.

11. Staf Bagi Hasil 



Ketika bisnis Anda membutuhkan karyawan, otomatis Anda harus menggaji mereka dan itu perlu modal. Untuk itu, gunakan sistem bagi hasil dengan staf Anda agar Anda dapat menggaji mereka lewat penghasilan yang didapatkan oleh usaha bersama tersebut. Dengan begini, Anda tak perlu pusing memikirkan gaji bulanan karena pendapatan mereka pun berdasarkan hasil keuntungan bisnis.

12. Menjadi Agen Properti 

 Menjadi Agen Properti


Menjadi agen properti memberikan keuntungan tersendiri bagi Anda karena komisi yang didapatkan dari hasil penjualan sebuah rumah bisa mencapai jutaan rupiah. Komisi minimal dari hasil penjualan adalah 2.5% tergantung kesepakatan. Bayangkan jika Anda berhasil menjual rumah seharga 800 juta. Anda sudah bisa mengantongi komisi sebanyak 2 juta.

13. Mengajar Les Privat 



Peluang usaha ini tidak membutuhkan modal uang. Jika Anda pandai dalam salah satu mata pelajaran atau bidang musik, gunakanlah ilmu Anda untuk mengajar orang lain dan mendapatkan uang dari hasil les tersebut.

14. Reseller




Anda bisa menjadi reseller produk apapun dan memperoleh keuntungan. Reseller tidak memiliki stok barang tapi sifatnya menghubungkan pembeli dan penjual.

15. Menjadi Broker 




Anda punya kemampuan marketing? Menjadi seorang broker bisa jadi pilihan yang tepat. Broker bisa memberikan tips bagi para pembeli dan mereka akan senang memakai jasa Anda.


Pilih Sesuai Dengan Kemampuan Anda

Jad, buat apa mikir terus untuk mendirikan usaha, sebab sekarang sudah banyak jenis usaha yang bisa dijalankan tanpa perlu mengeluarkan modal. Meskipun tidak membutuhkan modal, namun Anda tetap tidak boleh menggangapnya sepele, dengan bekerja setengah hati. Pilih pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda, dan lakukanlah dengan tekun. Karena bukan tidak mungkin, jika Anda displin dan giat bekerja keras pekerjaan yang Anda lakukan sekarang dapat membuahkan hasil yang besar nantinya.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: