Content marketing adalah istilah yang sangatlah tidak asing bagi para internet marketer.Akan tetapi bagi pemula di bidang internet marketing, dibutuhkan pemahaman yang kuat tentang istilah ini. Pemahaman inilah yang akan menjadi modal dasar untuk mulai mempelajari atau menjalankan strategi pemasaran di internet.

Dalam pemasaran tradisional, untuk menjangkau dan mencari kustomer dibutuhkan biaya promosi yang cukup besar. Promosi biasanya dilakukan dengan memasang iklan yang banyak dilihat, door to door dan sebagainya.

Sebaliknya, dengan content marketing diharapkan kustomer lah yang akan mencari Anda.

Pengertian content marketing


Content Marketing adalah strategi pemasaran dimana Kita merencanakan, membuat dan mendistribusikan konten yang mampu menarik audiens yang tepat sasaran, kemudian mendorong mereka menjadi kustomer (panduanIM).

Content marketing atau pemasaran konten tidak hanya berupa teks atau artikel tapi bisa berupa foto, video, ataupun sekedar update status. Biasanya isinya adalah sesuatu yang bermanfaat, menginspirasi ataupun menghibur.

Pelaku content marketing adalah berbagai profesi di bidang internet marketing seperti blogger, social media marketer, affiliate marketer, content writer, video creator, web designer, graphic designer dan profesi lainnya.

Pemahaman tentang content marketing


Terdapat 2 kesalahpahaman tentang content marketing yang sering terjadi, terutama di Indonesia dan berikut ini adalah koreksinya.

Content marketing bukan hanya tentang pemasaran konten


Content marketing sering sekali hanya dikaitkan hanya dengan promosi konten, padahal tidak hanya itu..

conten marketing juga mencakup proses perencanaan, pembuatan dan analisanya.

Oleh karenanya, biasanya strategi yang digunakan dalam content marketing adalah membuat konten yang bisa memberikan solusi pada permasalahan pada banyak orang.

Semakin banyak yang terbantu oleh isi konten Anda, semakin mudah bagi Anda untuk membangun kepercayaan pada produk Anda.

Content marketing bukan berarti konten yang hanya berisi jualan


Sebagian orang berpikir bahwa dengan mempromosikan setiap hari sebuah produk di sosial media adalah cara yang efektif. Tapi, kenyataanya ini berakibat banyak orang yang terganggu dengan promosi Anda. Bahkan bagian terburuknya adalah ketika banyak orang yang memutuskan pertemanan dengan Anda di sosial media.

Berikut adalah tahapan content marketing yang dapat Anda terapkan pada strategi pemasaran Anda


  1. Sediakan konten yang menyelesaikan permasalahan besar dari orang-orang yang menjadi target pasar Anda, tanpa unsur penjualan sama sekali. Tujuannya untuk menarik perhatian mereka dan meningkatkan reputasi Anda di mata mereka.
  2. Berikan konten mengenai permasalahan yang lebih mendalam dan jelaskan bahwa produk/layanan Anda adalah solusi utamanya.
  3. Setelah melakukan 2 tahap di atas, barulah Anda dapat membuat konten yang bisa memancing penjualan.

Jadi tunggu apa lagi, gunakan content marketing untuk menunjang bisnis online Anda.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: