Anda mungkin sudah pernah mendengar istilah tentang webmaster. Namun apakah Anda tahu siapakah sebenarnya webmaster? Dan apa sajakah yang menjadi ruang lingkup tugasnya?

Apa itu Webmaster ?


Banyak istilah profesi khususnya yang berhubungan dengan web. Beberapa diantaranya adalah web designer, web programmer, web administrator, dan web animator. Secara umum, webmaster mencakup semua profesi tersebut.

Kenapa demikian? Karena webmaster adalah sebutan untuk orang yang ahli dalam dunia web sehingga webmaster tidak hanya bisa mendesain halaman web saja, tetapi juga harus dapat membuat sistemnya dan merawat website tersebut hingga tetap dalam kondisi baik dan mencegahnya dari kerusakan yang dapat terjadi.

Secara garis besar tugas webmaster bertanggung jawab untuk merencanakan, merancang, mengelola dan memelihara situs web agar tetap dapat berjalan dengan baik. Hal lain yang harus dilakukan adalah merawat dan mengembangkan sistem atau program yang digunakan. Membuat situs web dapat dinikmati pengunjung, menjaganya dari kerusakan dan pelanggaran yang datang dari dalam maupun dari luar yang dapat disebabkan oleh ulah manusia maupun software. Seorang webmaster juga harus terus belajar, berbagi, dan berkarya.

Penjelasan Tugas Webmaster


Seperti dijelaskan di atas, profesi webmaster terdiri dari web designer, web programmer, web animator, dan web administrator. Semua profesi tersebut merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain.

Berikut akan dijelaskan secara rinci tugas dari masing-masing profesi yang dicakup webmaster.

Web Designer


Web Designer adalah orang yang tugasnya mendesain halaman web terutama bagian frontend. Pemilihan bentuk desain, pemilihan warna yang akan digunakan merupakan penentu akhir desain yang dapat membuat takjub pengunjung ketika melihat halaman web yang dirancangnya. Web Designer juga bertugas untuk memastikan tampilan web tetap responsive sehingga pengunjung merasa nyaman meskipun mengakses website dengan perangkat yang berbeda baik dari komputer desktop, gagdet ataupun smartphone.

Beberapa kemampuan yang harus dimiliki Web Designer untuk mendesain halaman web adalah HTML, CSS, Javascript dan Aplikasi Desain Grafis seperti Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator atau Corel Draw.

Web Programmer


Web Programmer sebenarnya sama dengan Web Developer. Ibarat pada sebuah kendaraan, Web Programmer bertugas sebagai perancang mesin yang membuat sebuah mobil atau motor bisa berjalan. Web Programmer harus memiliki kemampuan di bidang web seperti PHP, ASP, SQL, HTML+CSS, Javascript, XML, AJAX dan lain-lain.

Tugas seorang Web Programmer adalah sebagai berikut :

Membuat coding agar dapat diakses di browser.
Membuat sistem berjalan dengan baik.
Membuat, merancang, dan mengelola database yang digunakan dari sistem yang telah direncanakan.
Menggabungkan antara desain dan program berjalan menjadi satu.
Web Animator

Sesuai dengan namanya, tugas seorang web animator hanya membuat animasi yang dapat menarik perhatian dan dinikmati oleh pengunjung.

Dalam membuat animasi, Web Animator harus memperhatikan rancangan website yang ada. Sehingga animasi yang dihasilkan tidak akan merusak atau memperburuk desain website yang ada.

Web Administrator


Web Administrator bertanggung jawab atas berjalannya sebuah situs ketika sudah selesai dibuat. Seorang web Administrator harus mengetahui dan menguasai perbedaan web server yang ada. Baik itu dari segi kelebihan maupun kekurangannya.

Tugas Web Administrator adalah sebagai berikut :


Menginstal, mengatur konfigurasi server, dan merawatnya agar dapat digunakan dengan baik.
Memelihara server agar dapat digunakan selama 24 jam penuh.
Menjaga keutuhan data yang ada di dalam server.
Mengatur domain-domain (DNS) yang digunakan.
Mengatur account dan password yang digunakan baik untuk admin maupun user.
Mengatur konfigurasi keamanan server dan firewall. (*)
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: