Berkembangnya dunia teknologi membuat segalanya terasa lebih praktis dan mudah.  Hal ini juga berlaku bagi para pebisnis online. Ada beberapa alasan yang kuat, bisnis online menjadi pilihan banyak masyarakat.

Selain bisa dikerjakan dimanapun dan tidak harus memiliki toko fisik,  bisnis online juga tidak perlu menyiapkan modal yang banyak, bahkan bisa dengan modal kecil sekalipun. Misalnya saja hanya dengan bermodalkan paket internet, bisnis online sudah bisa dijalankan.

Bisnis Online Tanpa Modal yang Bisa Dicoba



Bukankah ini hal yang menarik dan menguntungkan? Berikut ini beberapa pilihan bisnis online  tanpa modal yang bisa menjadi pilihan.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!


1. Reseller atau Dropshipper

Jika Anda pernah membeli barang secara online, tentu pernah mendengar istilah reseller atau dropshipper. Bisnis online tanpa modal ini bisa jadi pilihan yang terbilang mudah, sebab tidak harus berpikir tentang konsep bisnis dan membuat sebuah produk. Yang perlu dilakukan, di antaranya:


  • Menentukan produk apa yang akan dijual
  • Mencari produk yang akan dijual
  • Membuat akun pada situs jual beli
  • Membuat akun media sosial
  • Membuat media promosi

Sederhananya, menjadi reseller dan dropshipper bisa mendapat penghasilan dengan hanya memasarkan produk tanpa mengeluarkan modal dan takut mengalami kerugian. Sebab, Anda hanya mempromosikan barang-barang yang dijual saja melalui gambar atau foto yang dikirimkan dari supplier.

Meski sepertinya mudah, namun harus memastikan bahwa produk yang diperjual belikan memiliki kualitas yang baik dan jangan lupa untuk membuat banyak akun di berbagai e-commerce agar produk Anda mudah ditemukan oleh calon pembeli.

2. Penulis Freelancer


Saat ini banyak situs pencari kerja, khususnya bagi yang ingin menjadi pekerja lepas atau freelancer. Biasanya para klien mencari penulis yang bersedia untuk menulis beberapa artikel terkait tentang perusahaan atau media tersebut. Uniknya, pekerjaan ini tidak terikat oleh perusahaan dan bayarannya juga terbilang lumayan tergantung dari jam terbang menulis. Jika masih penulis pemula, biasanya mendapatkan penghasilan yang rendah, sedangkan ketika sudah di jenjang profesional maka upah yang didapat sangatlah besar.

Tidak perlu merasa malu atau ragu untuk mengambil beberapa proyek penulisan dengan bayaran yang tidak begitu besar. Namun, jangan lupa untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kemampuan dalam menulis. Semakin banyak proyek yang diambil, maka akan semakin banyak juga berbagai macam kritik dan saran yang diterima untuk meningkatkan kualitas tulisan. Dengan begitu, secara tidak langsung bisa sekaligus memperkaya dan mempercantik portofolio Anda dari berbagai hasil tulisan.

Bila kualitas tulisan sudah semakin baik, coba mulai ambil proyek-proyek penulisan dengan bayaran yang besar sesuai dengan keahlian dan minat. Tidak menutup kemungkinan akan ada banyak orang yang ingin menggunakan jasa Anda.

3. Penerjemah Bahasa Asing (Translator)

Bisnis online tanpa modal yang ketiga adalah menjadi penerjemah bahasa asing. Seiring dengan banyaknya perusahaan di Indonesia yang bersifat global, semakin banyak pula mencari orang yang pandai berbahasa asing baik verbal atau tertulis. Sebagai pemula, bisa memulai dengan mencari part time job translator di situs pencari kerja untuk memulai bisnis online tanpa modal ini.

Selalu utamakan kualitas terjemahan yang dihasilkan dengan semaksimal mungkin, mulai dari perhatikan tata bahasa yang baik dan benar, sehingga maksud dan tujuannya bisa tersampaikan dengan jelas ke pendengar. Jangan lupa juga selalu kembangkan pengetahuan bahasa Anda sebanyak mungkin agar bisa selalu diandalkan.

4. Jasa Desain Grafis

Peluang bisnis online tanpa modal yang keempat adalah membuka jasa desain grafis. Jika punya keahlian dibidang desain, ini merupakan peluang yang sangat besar. Saat ini sudah banyak orang yang membutuhkan jasa seorang desain grafis untuk membuat poster, pamflet, banner dan masih banyak lagi. Bisnis ini bisa mendapatkan penghasilan online, terlebih jika sudah mahir, maka bayaran atau upah yang didapat bisa sangat tinggi. Jika masih memiliki kemampuan dasar, teruslah berlatih membuat desain untuk memperdalam keahlian.

5. Admin Media Sosial

Sekarang ini, orang yang menggunakan sosial media tentu semakin banyak, tak tanggung-tanggung satu orang bisa memiliki lebih dari satu akun.  Selain untuk pribadi, media sosial juga bisa digunakan sebagai sarana bisnis online tanpa modal. Bagi pebisnis online biasanya lebih memilih untuk merekrut orang lain untuk dijadikan sebagai admin media sosial dengan upah jutaan rupiah untuk melakukan beberapa pekerjaan, di antaranya:


  • Membuat konten media sosial yang menarik
  • Membantu mencari followers
  • Berkomunikasi dengan followers
  • Meningkatkan brand awareness
  • Meningkatkan traffic website melalui media sosial


6. Vlogger Profesional

Vlog adalah singkatan dari video blog dan pelakunya dikenal dengan sebutan vlogger. Intinya, isinya seperti blog hanya saja dibuat dalam bentuk video. Sekarang ini banyak vlogger yang bermunculan baik vlogger dewasa maupun cilik dengan tema yang berbeda-beda, misalnya vlog pribadi, travelling, kuliner, kecantikan dan sebagainya. Tentu hal ini bisa dilihat sebagai peluang bisnis online tanpa modal yang patut dicoba.

Tidak perlu nunggu punya kamera mahal baru bisa memulai buat vlog, Anda bisa langsung memulainya dengan menggunakan smartphone. Terus tingkatkan percaya diri, keterampilan dan kreativitas dalam pembuatan vlog, mulai dari isi konten yang disuguhkan hingga editing video sehingga video menampilkan kualitas yang baik dan bagus.

Semakin menarik video yang dibuat, maka penonton juga akan terus bertambah. Seiring berjalannya waktu video yang di unggah akan menghasilkan uang yang tak sedikit jumlahnya bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah/

7. Jasa Pembuatan Website Online

Tak bisa dipungkiri, saat ini website menjadi salah satu yang penting dalam sebuah perusahaan. Sebab, sebuah website bisa merepresentasikan perusahaan dan memperkenalkan produk mereka kepada masyarakat luas terutama calon konsumen.


Tampilan website pun menjadi pertimbangan. Dengan tampilan website yang terkesan profesional menjadi nilai tambahan bagi perusahaan, sehingga konsumen menjadi semakin percaya dengan perusahaan tersebut. Hal ini bisa dijadikan sebagai sebuah peluang usaha yang memiliki upah lumayan besar.  Tentunya jika Anda mempunyai keahlian untuk membuat sebuah website.

Anda bisa mulai bisnis online tanpa modal ini dengan membuat website untuk pribadi yang berisikan informasi seputar jasa pembuatan website yang Anda tawarkan atau bisa juga memanfaatkan fasilitas dari situs penyedia jasa freelance.

8. Membuat Tutorial Online


Mencari ilmu bisa dilakukan di mana saja, kapan saja dan melalui media apa saja. Saat ini sudah banyak orang-orang yang membuat konten tutorial video, audio maupun seminar secara online.  Konten-konten ini berisi tentang ilmu yang sedang banyak diminati.

Kesibukan seseorang dan keterbatasan terkadang menghalangi seseorang untuk bisa mengikuti sebuah kelas. Inilah peluang untuk Anda mendapatkan penghasilan dengan cara membuat tutorial online.

Bisnis satu ini juga tidak membutuhkan modal seperti bisnis di atas, namun membutuhkan ilmu dan wawasan yang luas. Rajinlah membaca, mencari tahu dan berkomunikasi dengan orang lain agar banyak pelajaran baru yang bisa dijadikan sebagai bahan.  Jika ilmu yang dibagikan di percaya orang lain, Anda bisa merilis dan menjual e-book.

9. Agen Properti

Mungkin yang satu ini sering dijumpai, yaitu menjadi agen properti.  Poin ini juga bisa menjadi sebuah pilihan bisnis online tanpa menggunakan modal.  Memang benar sebagai agen properti, kita harus berkeliling untuk mencari properti yang bisa memberikan keuntungan. Pencarian properti ini hanya pada saat awal merintis profesi sebagai agen properti, tapi ketika sudah dipercaya dan banyak dikenal, tidak perlu melakukan hal ini lagi. Sebab, para pemilik properti yang akan datang dan menitipkan propertinya kepada Anda, bahkan perekrutan karyawan juga bisa dilakukan untuk meringankan pekerjaan Anda.

Pilih Hal yang Disuka dan Kerja Keras

Itulah tadi pilihan bisnis online rumahan tanpa modal yang bisa dicoba. Meski terkesan mudah, namun harus tetap semangat dan jangan mudah menyerah, apalagi saat mengalami kegagalan atau belum mendapatkan banyak klien. Pilihlah bisnis yang sesuai dengan kemampuan atau hobi agar hasil yang didapat bisa maksimal. Jangan pernah bosan untuk terus belajar dan kerja keras dalam meningkatkan kreativitas yang dimiliki untuk bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: