Dalam membuat sebuah situs Anda harus mempunyai tujuan yang jelas untuk apa situs dibuat? Janganlah Anda membuat sebuah situs tanpa arti dan tujuan yang tidak jelas. Jika Anda membuat situs untuk klien, Anda harus mengetahui betul tujuan klien membuat situs web. Dengan mengetahui tujuan dan maksud situs web dibuat, maka perancangan sebuah situs web akan menjadi mudah.

Berikut ini beberapa jenis situs web yang dikelompokkan sesuai dengan tujuannya :

Marketing (Alat Pemasaran)


Sebuah situs web dibuat dengan tujuan untuk mempromosikan (memasarkan) suatu produk atau jasa pelayanan yang ada pada suatu perusahaan atau dapat berupa company profile. Pemasaran melalui media internet (situs) akan lebih cepat dan jangkauannya lebih luas.

Value Added (Nilai Tambah)


Sebuah situs web bisa saja dibuat hanya sebagai nilai tambah. Misalnya suatu perusahaan besar dan ternama akan kalah bersaing dengan perusahaan lain yang telah memiliki sebuah situs untuk mempromosikan perusahaan mereka.
Mungkin saja perusahaan tersebut tidak terlalu membutuhkan sebuah situs web, tetapi teknologi internet merupakan tren baru yang telah dikenal masyarakat sehingga membuat mereka ingin segera memiliki situs agar tidak dibilang kuno.

Katalog


Sebuah situs digunakan sebagai katalog elektronik yang menampilkan produk-produk yang akan dijual oleh suatu perusahaan.
Alasan utama dibuatnya situs ini adalah untuk memasarkan produk-produk dan pelayanan yang mereka sediakan kepada publik melalui media internet. Karena banyaknya produk yang tersedia, maka informasi yang lengkap mengenai produk harus dapat di-update dengan mudah dan cepat.


Jika menggunakan katalog cetak maka peng-updatean akan memakan waktu yang lama dan memakan biaya cetak. Biasanya situs dengan tujuan katalog, pengunjung tidak dapat membeli produk atau membayar jasa secara online melalui situs ini.

E-Commerce


E-Commerce (Electronic Commerce) adalah situs web yang menyediakan pelayanan dan transaksi yang dapat dilakukan secara online. Dengan adanya e-Commerce diharapkan bisnis akan dapat dilakukan di manapun, kapanpun, dan lebih cepat. Saat ini di Indonesia banyak sekali startup yang menggunakan model e-Commerce untuk bisnis.

e-Learning


Perkembangan teknologi internet yang pesat akan memacu munculnya aplikasi pada dunia pendidikan yang berbasis teknologi internet. e-Learning dapat didefinisikan sebagai sekolah maya. Definisi yang lain mengenai e-Learning adalah sebagai usaha untuk membuat sebuah transformasi proses belajar mengajar yang ada di sekolah ke dalam bentuk digital yang dijembatani oleh teknologi internet.


E-Learning memungkinkan proses belajar mengajar yang biasa dilakukan di dalam satu ruangan kelas virtual yang live. Artinya guru dan siswa tidak berada dalam satu ruangan kelas lagi, tetapi guru mengajar di depan sebuah komputer yang ada di suatu tempat, sedangkan para siswa mengikuti pelajaran tersebut dari komputer lain di tempat yang berbeda pada waktu bersamaan.

Komunitas


Salah satu fitur yang ramai dikunjungi oleh pengunjung pada situs komunitas adalah forum. Pada forum pengunjung dapat mengirim berita, dan pengunjung lain dapat memberikan tanggapan. Forum dapat dijadikan sebagai tempat berkumpul dan mengobrolnya para pengunjung dalam membicarakan berbagai topik yang tersedia.

Portal


Portal merupakan gerbang yang menghubungkan beberapa situs menjadi satu komunitas yang besar. Situs web Portal dibangun dengan tujuan sebagai gerbang utama untuk semua web yang terhubung di didalamnya. Misalnya web Portal Berita, di dalamnya menyediakan banyak kanal untuk kategori berita yang diinginkan, ada juga kanal video, jual beli atau kanal advetorial service dan lain-lain. Contoh lainnya adalah Portal Media edukasi dan informasi, juga memiliki banyak kanal untuk menuju sarana-sarana lainnya seperti sarana e-Learning, forum dan lain-lain.

Personal


Situs personal biasanya digunakan untuk sarana mempromosikan diri sendiri (personal branding). Dan saat ini sarana yang paling sering digunakan untuk mencapai tujuan ini adalah Blog.

Siapa yang biasanya memiliki Blog ? Bisa seorang artis, grup musik, olahragawan, penulis buku dan lain-lain. Dengan adanya Blog, si pemilik situs dapat menuliskan dan menyampaikan tulisan-tulisannya dan dapat dibaca oleh para pengunjung. Setiap apa yang ada di pikiran Anda, perasaan Anda saat ini, atau kegiatan Anda dapat dijadikan sebagai bahan tulisan.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: