Launching sebuah startup baru adalah hal yang paling menarik dalam tahap kehidupan startup.Masa ini adalah masa ketika kita akhirnya bisa memperlihatkan ‘bayi’ kita ke pada dunia, ‘bayi’ yang telah Anda kembangkan dan pelihara selama berbulan-bulan bahkan mungkin bertahun-tahun. Tentu saja hal ini sangat menarik dan juga sangat sulit.

Keraguan pasti muncul tentang apakah produk Anda sudah siap untuk dipakai publik, apakah Anda telah membuat semuanya benar, dll. Sebagai seseorang yang juga sedang berada pada masa persiapan peluncuran startup baru, izinkan saya berbagi daftar hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum peluncuran startup. Ini adalah daftar yang saya gunakan jadi saya terbuka untuk pebedaan, dan juga berharap jika ada yang terlewat Anda bisa mengoreksinya. Berikut daftarnya:
1. UJI SEGALANYA
Uji semuanya tanpa terlewat, bukan hanya skenario sukses tetapi juga kegagalan. Uji input berbahaya (sql injections, karakter aneh, dll). Pastikan Anda berada di alur yang benar, kecepatan yang benar dan mudah memahami bahasa.
Saya biasanya bertanya kepada setidaknya 10 teman saya di luar perusahaan untuk melakukan uji beberapa skenario dari berbagai peramban web, OS dan negara untuk mengindentifikasi masalah. Anda tidak akan mendapatkan semua masukan tetapi setidaknya Anda bisa mendapatkan beberapa bug yang terselip sebagai persiapan peluncuran. Setelah itu, jika Anda meluncurkan layanan e-commerce, uji proses pembelian, layanan konsumen dan prosedur kebijakan pengembalian dan pastikan semuanya berjalan mulus dan sesuai janji.
Jangan lupa untuk melakukan uji dari perangkat mobile dan tablet juga. Untuk pengembanganmobile Anda bisa menggunakan TestFlight atau HockeyApp untuk mengajak beta testers dan melakukan monitor atas crash log.
2. Memeriksa kembali rencana matang yang telah Anda susun untuk perkenalan pertama
Ok, Anda telah siap untuk meluncurkan startup/layanan Anda, tapi apakah ada telah memiliki rencana yang solid? Itu loh, rencana untuk mendapatkan pengguna seribu pertama Anda? Apakah Anda memiliki anggaran pemasaran?
Pikirkan bagaimana Anda akan mendapatkan perhatian ketika perluncuran. Anda bisa beriklan di media, membuat kampanye di media sosial, membuat video lucu untuk mempromosikan situs Anda.
Anda juga bisa meluncurkan startup Anda di acara besar seperti Echelon, Startup Asia, Popcon Asia untuk mendapatkan trafik offline pertama Anda. Acara-acara seperti ini tidak membutuhkan biaya yang besar dan cukup efektif untuk mendapatkan pengguna awal.
3. Periksa kembali syarat dan kondisi dari layanan Anda
Ini biasanya hal yang paling diabaikan. Syarat dan kondisi, Peraturan penggunaan, dan Kebijakan Privasi adalah sangat penting karena ini adalah perisai utama dari keluhan pengguna atau (lebih buruk) litigasi hukum. Menjadi penting untuk melakukan pemeriksaan kembali ke departemen legal atau konsultan Anda untuk memastikan bahwa Aman secara legal.
Setelah peluncuran, Anda berkewajiban untuk memberitahu semua anggota Anda setiap kali Anda melakukan perubahan, jadi berhati-hatilan tentang hal ini.
4. Kontak ulang semua mitra peluncuran Anda
Ok, kini ANDA telah siap, tetapi bagaimana dengan partner Anda? Bila Anda melakukan peluncuran dengan mitra lain, seperti yang dilakukan Bouncity bersama mitra merchant mereka, Anda harus melakukan pengecekan kembali atas kesiapan dan ketersediaan mereka dalam menjalankan rencana bersama Anda. Lakukan cek ulang tentang alur dan pastikan mereka sama siapnya dengan Anda.
Kadang-kadang kesalahan bukan pada Anda, tetapi tetap menjadi kesalahan Anda karena membiarkannya terjadi.
5. Bersiaplah!
Ketika Anda telah memeriksa semuanya dan semuanya telah baik, bersiaplah untuk peluncuran. Pastikan server Anda bisa menahan beban saat peluncuran dan karyawan Anda bisa menangani permintaaan dan pesanan pembelian dalam jumlah besar.
Pastikan hari Anda siapkan hati Anda untuk menerima jikalau startup Anda tidak berjalan semestinya dan orang tidak mengerti apa yang Anda tawarkan. Ini juga mungkin
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: