Memilih plugin yang tepat bisa menjadi pekerjaan yang melelahkan dan membingungkan. Sebab WordPress menyediakan lebih dari 50 ribu plugin dan Anda harus memilih beberapa plugin yang tepat untuk website Anda. Terlebih lagi bagi Anda yang mengelola sebuah website bisnis online. Tentu setiap detik berharga dan Anda tidak bisa membuang-buang waktu.

Anda tidak perlu khawatir karena kami sudah menyiapkan daftar 25 plugin penting yang wajib Anda install di WordPress Anda. Dengan adanya kumpulan plugin penting ini, Anda tidak perlu susah payah mencari, mencoba berbagai plugin, dan kemudian akhirnya baru memasang plugin yang paling cocok.

25 Plugin dan Tools Wajib untuk Website Bisnis Online

1. WPForm 

Contact form adalah salah satu elemen penting dalam website bisnis online karena memudahkan pengunjung website untuk menghubungi Anda. WPForm adalah plugin contact form paling mudah digunakan dibanding plugin serupa lainnya.


WPForm menyediakan berbagai fitur selain pembuatan contact form. Plugin ini juga menyediakan fitur untuk membuat form subscribe email, form order, form pembayaran, form registrasi, survey, polling, dan bentuk form lainnya.

2. MonsterInsight 


MonsterInsight adalah plugin terbaik untuk dihubungkan dengan Google Analytics. Plugin ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan website dengan Google Analytics dengan mudah sehingga Anda bisa melakukan analisis aktivitas pengunjung di website Anda.

3. Yoast SEO 

Yoast SEO adalah plugin SEO paling populer di WordPress. Plugin ini telah digunakan oleh lebih dari 5 juta pengguna WordPress. Fitur-fitur dari Yoast SEO memudahkan Anda untuk meningkatkan ranking website Anda di hasil pencarian Google. Yoast SEO juga dapat memberikan saran terkait optimasi-optimasi apa yang perlu Anda lakukan untuk memperbaiki kualitas SEO website Anda.

4. Constant Contact 

Constant Contact adalah platform email marketing populer yang bisa membantu Anda membuat email marketing dan subscriber untuk subscriber Anda. Dengan menggunakan Constant Contact Anda bisa tetap terhubung dengan pelanggan melalui email marketing yang bisa Anda sesuaikan target penerima dan tujuannya.

5. OptinMonster 

OptinMonster adalah plugin Conversion Rate Optimization (CRO) paling populer di WordPress. Plugin ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan konversi pengunjung menjadi subscriber dan pelanggan.

OptinMonster dapat membantu Anda untuk memperoleh lebih banyak subscriber email, newsletter, dan konsumen melalui popup. Menariknya, Anda bisa membuat popup yang ditargetkan kepada pengunjung disesuaikan dengan perilakunya selama di website.

6. Sucuri 

Keamanan harus menjadi prioritas di setiap website bisnis online, termasuk website Anda. Sucuri menyediakan plugin keamanan WordPress dan web application firewall yang merupakan fitur keamanan terbaik untuk website Anda. Sucuri melakukan monitor dan melindungi website dari serangan DDoS, ancaman malware, serangan XSS, ancaman brute force, dan jenis serangan keamanan website lainnya.

7. UpdraftPlus 

Updraftplus adalah salah satu plugin backup terpopuler di WordPress. Plugin ini memungkinkan Anda untuk mengatur backup otomatis dan memindahkannya secara aman ke lokasi remote seperti Google Drive, Dropbox, S3, Rackspace, FTP, email, dan lain-lain.

8. WP Knowledge Base 

Beberapa website bisnis online membutuhkan halaman Knowledge Base agar pelanggan bisa dengan mudah mengetahui secara detail petunjuk-petunjuk dalam melakukan transaksi di website tersebut. Anda bisa dengan mudah membuat halaman knowledge base di website dengan menggunakan plugin. Plugin tersebut adalah WP Knowledge Base. Fitur yang dimiliki oleh plugin ini cukup menarik, di antaranya berupa prediksi pencarian, integrasi breadcrumbs untuk SEO, widget sidebar, dan tampilan responsive.

9. Beaver Builder 


Jika Anda membutuhkan plugin page builder, Anda bisa menggunakan Beaver Builder. Plugin ini memungkinkan Anda untuk melakukan kustomisasi desain website dan layout halaman dengan mudah tanpa perlu menulis kode sama sekali. Beaver Builder sangat berguna bagi para pemilik bisnis karena bisa membuat landing page dengan mudah.

10. MemberPress 

MemberPress adalah solusi bagi Anda yang ingin membuat komunitas online atau membership di website Anda. Dengan MemberPress, Anda bisa membuat sistem subscription dan membatasi konten yang dilihat pengunjung sesuai dengan paket subscription yang dipilih.

11. CSS Hero 

Tampilan visual WordPress bergantung pada CSS. Jika Anda ingin membuat kustomisasi khusus untuk tema Anda, Anda perlu mempelajari CSS. Tentu mempelajari CSS membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

12. SeedProd 

Jika Anda sedang melakukan perubahan besar di website Anda dan ingin menampilkan peringatan kepada pengunjung bahwa website sedang under construction, SeedProd bisa membantu Anda. Dengan SeedProd, Anda bisa membuat halaman coming soon dengan mudah sehingga konsumen Anda tahu

13. LearnDash 

LearnDash bisa membantu Anda membuat produk kursus atau les online dengan mudah di WordPress. Plugin ini memungkinkan Anda untuk menambah kelas, pelajaran, kuis, dan tugas di website kursus online Anda.

14. G Suite 


G Suite adalah aplikasi kumpulan email, docs, spreadsheet, dan lain-lain. Aplikasi buatan Google ini adalah solusi bagi para pemilik bisnis untuk mengelola dokumen online dengan mudah. Dengan G Suite, Anda bisa membuat email bisnis menggunakan nama domain Anda sendiri.

15. SEMRush 

SEMRush adalah tools marketing lengkap yang banyak digunakan oleh para marketer profesional dan pemilik bisnis. Aplikasi ini membantu Anda untuk meningkatkan kualitas SEO, SEM, strategi media sosial, dan strategi konten. SEMRush membantu Anda untuk melakukan riset keyword, audit backlink, tracking brand di media sosial, mengawasi pergerakan kompetitor, analisis strategi iklan online, dan lain-lain.

16. LiveChat 

Sebuah website bisnis online tentu membutuhkan live chat support untuk memudahkan konsumen menghubungi Anda. LiveChat adalah plugin yang membantu Anda untuk menyediakan fitur live chat support di website bisnis online Anda. Plugin ini juga bisa diintegrasikan dengan CRM, email marketing, dan tools lainnya.

17. Pretty Links Pro 

Pretty Links Pro adalah plugin manajemen link terbaik di WordPress. Dengan plugin ini Anda bisa membuat link pendek agar mudah diingat dan dibagikan. Plugin ini cocok bagi para pemilik bisnis agar bisa dengan mudah membagikan landing page baru di websitenya menggunakan link yang pendek.

18. Shared Counts 

Jika Anda ingin menambahkan tombol share media sosial di website bisnis online, Shared Count bisa menjadi pilihan Anda. Plugin gratis ini membantu Anda untuk menampilkan tombol share media sosial beserta jumlah share yang Anda dapatkan.

19. WP Mail SMTP 


Secara default, WordPress menggunakan PHP mail untuk mengirimkan email. Masalahnya adalah beberapa penyedia hosting tidak menyediakan setup atau bahkan memblokirnya. Akibatnya Anda bisa tidak mendapatkan notifikasi email penting dari website WordPress Anda. WP Mail SMTP adalah solusi untuk masalah tersebut. Plugin ini memungkinkan Anda untuk mengirimkan email WordPress menggunakan server mail SMTP.

20. Insert Headers and Footers 

Terkadang Anda perlu menambahkan kode snippet di header atau footer WordPress untuk keperluan verifikasi, memasukkan skrip ads, dan lain-lain. Plugin Insert Headers and Footers akan membantu Anda menyelesaikan masalah tersebut.  Plugin gratis ini memungkinkan Anda untuk menambahkan kode snippet ke WordPress tanpa perlu mengubah file tema.

21. TablePress 

Editor WordPress terbaru memang menyediakan table block, tetapi fiturnya masih kurang lengkap. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan plugin lain untuk membuat tabel dengan bagus. TablePress adalah solusinya. Plugin ini memungkinkan Anda untuk menambahkan tabel ke website dengan mudah.

Dengan TablePress, Anda bisa membuat tabel yang datanya terpisah dari postingan dan halaman sehingga Anda bisa menambahkan embed tabel di mana saja dan melakukan update dari satu lokasi. Dan yang lebih penting lagi, Anda tidak perlu menulis kode HTML atau CSS untuk menambahkan tabel di website.

22. WPML 


Secara default, WordPress tidak menyediakan fitur untuk membuat website multilingual. Tentu hal ini menjadi masalah bagi para pemilik bisnis yang pelanggannya berasal dari berbagai negara. Anda bisa menggunakan plugin WPML untuk membuat website multilingual dengan mudah.

23. WooCommerce 

Bagi Anda yang ingin membuat website toko online, WooCommerce adalah solusinya. Plugin gratis buatan WordPress ini sudah dipercaya untuk membangun website toko online oleh lebih dari 4 juta website. Panduan lengkap untuk cara install dan mengelola WooCommerce dapat Anda baca di artikel ini.

24. Simple Page Tester 


A/B testing merupakan pengetesan pada sebuah website dengan meluncurkan dua versi berbeda, bisa berupa konten, desain, maupun bagian lain pada website untuk mengetahui versi atau bagian mana yang memberikan hasil terbaik. Dengan melakukan pengetesan, Anda dapat lebih mudah menentukan keputusan berbasis data yang valid.


Melakukan A/B Testing dapat dengan mudah dilakukan di WordPress karena ada plugin. Salah satu plugin terbaik untuk A/B Testing adalah Simple Page Tester.

25. LiteSpeed Cache 


LiteSpeed Cache adalah plugin caching terbaik di kelasnya. Terlebih lagi layanan hosting Anda menggunakan teknologi LiteSpeed Web Server. Kombinasi LiteSpeed Cache dan LiteSpeed Web Server mampu meningkatkan kecepatan loading website hingga berkali lipat.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: