Pebisnis pemula biasanya akan kesulitan untuk menemukan sebuah ide bisnis yang tepat. Mereka membutuhkan waktu yang lama untuk mencari ide bisnis, tapi tetap tidak tahu ide bisnis apa yang paling sesuai untuknya.

Banyak sekali ide bisnis yang berpotensi untuk dikembangkan, tapi setiap orang tentu punya pandangan yang berbeda tentang ide bisnis yang terbaik. Bagi Anda yang sedang mencari ide bisnis, mulailah dengan membaca beragam ide bisnis yang tersebar di berbagai bidang industri dan temukan apa yang memberikan Anda inspirasi.

Anda bisa mengeksplorasi peluang bisnis offline ataupun online, maupun bisnis yang menyediakan jasa ataupun barang. Begitu Anda menemukan peluang bisnis yang paling mencuri hati Anda, maka selanjutnya adalah mengevaluasi ide bisnis tersebut. Evaluasi yang sesuai dengan keterampilan, passion, dan tujuan hidup Anda.

Nah, untuk memberikan Anda gambaran, ada lima jenis bisnis yang bisa Anda pilih untuk dijalankan. Setelah Anda memilihnya, Anda akan lebih mudah untuk menemukan ide bisnis yang terbaik dan kemudian mengembangkan konsep bisnisnya.

Jangan Bingung, Ini 5 Jenis Bisnis yang Bisa Anda Pilih

1. Jasa atau Layanan

Bisnis jasa adalah jenis kegiatan bisnis yang menggunakan tenaga, ilmu, dan keahlian di bidang tertentu. Anda akan mendapatkan bayaran sesuai dengan layanan yang diberikan atau kesanggupan Anda dalam menyelesaikan tugas tertentu. Contohnya adalah developer website, desainer grafis, fotografer, penulis freelance, penerjemah, konsultan periklanan, usaha laundry kiloan, rental mobil, event organizer, dan lain-lain.

Bisnis jasa dapat dipilih oleh Anda yang memiliki suatu keterampilan. Bisnis jasa juga dapat dipilih jika Anda tertarik untuk memberikan layanan yang diperlukan orang lain dan dapat memudahkan hidup orang lain.

2. Produk Fisik atau Barang

Anda bisa menjalankan bisnis yang menyediakan dan memasarkan produk fisik. Ada banyak macam barang yang bisa dijual, seperti pakaian, sepatu, tas, aksesoris, peralatan masak, peralatan otomotif, peralatan teknologi, obat-obatan, makanan, minuman, dan lain-lain.

Produk fisik tersebut dapat dipasarkan secara online ataupun offline. Namun, jika Anda ingin memperluas pasar Anda dan menjangkau konsumen dari berbagai daerah, maka sebaiknya Anda memasarkan produk Anda secara online. Memiliki website e-commerce sendiri bisa jadi pilihan yang bagus untuk mengembangkan bisnis Anda.

3. Produk Digital

Berbeda dengan produk fisik, produk digital adalah produk yang tidak dapat dirasakan secara langsung, karena biasanya berbentuk elektronik. Produk digital tersedia dan diperjual-belikan melalui internet. Contohnya adalah aplikasi, e-book, game online, tiket elektronik, media berita online, majalah online, kursus online, dan lain-lain.

Melihat perkembangan internet yang semakin canggih dan masyarakat yang semakin melek teknologi, maka berbisnis produk digital dapat menjadi pilihan yang menarik dan menjanjikan saat ini dan di masa depan. Coba Anda pikirkan baik-baik produk digital yang bisa Anda kembangkan untuk masyarakat.

4.Blog

Jika Anda ingin mandiri dan bebas dalam berkarya, sekaligus menghasilkan uang, maka Anda bisa berbisnis lewat blog. Menjadi blogger bukan pekerjaan yang rendah, karena kini banyak blogger yang sukses dan berpenghasilan tinggi. Contohnya, Trinity, travel blogger asal Indonesia dengan blognya naked-traveler.com, dan Timothy Sykes, blogger asal Amerika yang membahas bisnis dan saham di timothysykes.com.

Bagi Anda yang tertarik, mulailah membuat blog dan rutin menulis konten yang kreatif dan menarik. Pilih topik tertentu yang paling Anda kuasai dan sukai. Nantinya, Anda bisa memonetisasi blog Anda lewat iklan berbayar dan menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan.

5. Media Sosial

Selain itu, media sosial juga bisa menjadi sarana untuk menghasilkan pendapatan. Contohnya, dengan menjadi youtuber seperti Edho Zell atau selebgram seperti Awkarin. Anda juga bisa membangun komunitas lewat media sosial. Contohnya, akun @dagelan dengan konten meme yang lucu dan @indovidgram dengan konten video kreatif di Instagram. Lewat media sosial, Anda dapat berkarya, berbagi informasi, membangun audiens, dan menghasilkan uang. Menarik, bukan?

Nah, itulah lima jenis bisnis yang bisa Anda pilih. Perhatikan peluang yang ada, dan putuskan ide bisnis yang terbaik sesuai dengan keahlian, passion, dan tujuan hidup Anda. Jika sudah menemukan yang terbaik, segera kembangkan ide bisnis Anda. Lakukan riset pasar dan buat rencana bisnis yang terkonsep dengan jelas.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: