Sebagai orang yang baru mencoba berbisnis, Anda mungkin bingung mau menjual produk apa. Saat ini berjualan online bisa jadi pilihan yang tepat untuk pebisnis pemula. Anda dapat menjalankan bisnisnya dari mana saja, sehingga memudahkan Anda yang baru belajar berbisnis.

Namun masalahnya, sudahkah Anda tahu produk apa yang ingin dijual? Jika Anda masih belum memiliki ide usaha online yang tepat, jangan khawatir. Tidak sulit untuk menemukan inspirasi untuk bisnis online Anda.

Berikut beberapa cara mudah untuk mendapatkan ide produk online yang cocok dan menjanjikan.

8 Cara Menemukan Ide Produk untuk Toko Online

1Bisnis Offline di Sekitar Anda

Perhatikan lingkungan di sekitar Anda. Kunjungi pasar, toko, dan pusat perbelanjaan. Produk-produk yang selama ini diperjualbelikan di sana, bisa saja dipasarkan via online.

Misalnya, buah-buahan di pasar dan bahan bangunan di toko material, bisa kok dipasarkan secara online. Mengembangkan bisnis offline menjadi bisnis online sangat memungkinkan di zaman digital ini.

2. Website Jual-Beli Online

Kunjungi situs e-commerce dan marketplace populer, baik yang di Indonesia maupun mancanegara. Seperti Alibaba, Amazon, Tokopedia, Lazada, dan lain-lain.

Anda akan menemukan banyak sekali jenis produk terbaru maupun produk lama dari berbagai produsen. Ini akan memberikan Anda banyak referensi dan Anda tinggal mempertimbangkannya.

3. Media Sosial

Banyak orang yang menjalankan bisnis online di media sosial Instagram dan Facebook. Kunjungi akun-akun online shop yang ada untuk mendapatkan inspirasi produk jualan online.

Selain itu, Anda bisa mencari informasi seputar dunia bisnis di Twitter, Youtube, dan Linkedin. Karena di sana banyak orang yang membagikan konten bisnis yang dapat menjadi sumber inspirasi menarik.

4. Forum Online

Forum komunitas online seperti Kaskus dapat memberikan Anda inspirasi dalam berjualan online. Perhatikan thread yang ada di kategori jual-beli untuk mengetahui produk yang sedang ramai dibahas atau dijual.

Anda juga dapat berinteraksi dengan para member forum. Mereka biasanya senang berbagi informasi dan membagikan tips, sehingga Anda akan mendapatkan ide tambahan untuk bisnis online Anda.

5. Baca Review Produk

Anda tinggal menelusuri Google untuk menemukan website dan blog yang sering mengulas berbagai macam produk. Terutama, bacalah artikel review tentang produk yang Anda minati.

Dengan banyak membaca ulasan produk, Anda jadi tahu produk apa saja yang disukai dan tidak disukai. Ini bisa jadi bahan pertimbangan dalam menentukan produk jualan online yang tepat.

6. Akun Influencer

Perhatikan postingan-postingan influencer di media sosial dan blog. Sejumlah influencer kerap di-endorse toko-toko online untuk mempromosikan produknya.

Ini dapat menjadi inspirasi, karena Anda jadi tahu produk dan toko online apa saja yang sedang hits. Sehingga Anda mendapatkan tambahan referensi ide produk yang cocok.

7. Testimoni Pelanggan Online

Kunjungi website-website toko online. Biasanya, para pelanggan kerap meninggalkan komentar atau testimoni secara jujur mengenai produk yang sudah dibelinya.

Anda bisa membaca testimoni mereka untuk mengetahui produk apa saja yang diminati masyarakat. Ini bisa menambah referensi Anda dalam menemukan ide produk yang menjanjikan.

8. Kompetitor

Anda mungkin sudah menemukan satu atau dua macam produk yang akan dijual. Kemudian, coba amati toko-toko online yang memasarkan jenis produk yang sama dengan yang ingin Anda jual.

Pelajari bagaimana cara kompetitor Anda dalam menjual produknya. Sehingga Anda bisa mendapatkan gambaran mengenai strategi berbisnis online untuk menyaingi kompetitor Anda itu.

Nah, itulah cara-cara menemukan ide produk yang cocok dijual online. Setelah Anda mendapatkan inspirasi, jangan terlalu lama mempertimbangkannya. Namun, beranilah memulai toko online Anda segera. Selamat mencoba!
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: