Instagram (IG) adalah salah satu aplikasi media sosial terfavorit banyak orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Sebagai jejaring sosial yang populer, Instagram kini menjadi sarana untuk mengembangkan usaha. Para pebisnis memanfaatkan aplikasi ini untuk mempromosikan bisnis online maupun bisnis offline miliknya.

Tentu saja, bagi Anda yang menggunakan Instagram untuk berbisnis, Anda membutuhkan follower atau pengikut agar usaha Anda eksis di kalangan netizen pengguna Instagram.
Lalu, bagaimana cara memperbanyak followers Instagram? Pastinya, Anda butuh waktu dan usaha yang konsisten agar dapat menambah banyak followers tanpa perlu menambah jumlah following di akun Anda.

Nah, berikut sejumlah tips yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan followers Instagram yang real atau asli tanpa menggunakan auto followers.

9 Cara Menambah Followers Instagram Bisnis Anda

1. Promosi ke Kenalan Anda

Cara termudah untuk menambah followers adalah dengan mempromosikan akun Instagram Anda ke orang-orang yang sudah dikenal. Minta mereka untuk berkenan mem-follow akun bisnis Anda.

Pasti sebagian dari kenalan Anda ada yang bersedia untuk mengikuti. Sekalipun Anda tidak melakukan follow back, karena akun tersebut bukan akun personal, melainkan khusus untuk berbisnis.

2. Perhatikan Kualitas Konten Instagram Anda

Para followers akan melakukan unfollow jika konten yang Anda bagikan tidak menarik dan berguna. Konten harus informatif, menghibur, dan jangan terlihat buram. Namun, juga harus relevan dengan jenis bisnis yang dijalankan.

Untuk itu, perhatikan kualitas foto dan video yang akan diposting, termasuk kualitas caption atau keterangan postingan. Anda pun harus kreatif membuat konten promosi bisnis tanpa harus terlihat terlalu mengiklan.

Jika konten Anda disukai, followers akan setia dan memberikan like maupun komentar. Orang-orang yang belum follow juga bisa jadi tertarik mengikuti akun Anda. Akhirnya, followers bisa bertambah secara organik, tanpa perlu membeli akun boots atau robot.

3. Ciptakan Feeds Instagram yang Keren

Selain kualitas konten, perhatikan juga feeds Instagram agar akun Anda semakin punya daya tarik. Upayakan untuk menata tampilan akun supaya terlihat rapi dan estetik ala selebgram.

Misalnya, foto setiap baris menggunakan filter yang sama atau memiliki tone warna yang sama. Ini memang butuh effort dan kreativitas. Namun, layak dicoba karena membuat akun Anda terlihat lebih profesional.

4. Gunakan Hashtag pada Setiap Postingan

Cara menambah followers Instagram bisa dengan menggunakan hashtag atau tagar pada setiap postingan di timeline maupun di Instagram Stories. Anda bisa menggunakan maksimal 30 hashtag jika Anda mau.

Namun, pemakaian hashtag jangan asal dan harus sesuai dengan konten postingan. Anda bisa mencari referensi tags pada kolom search di aplikasi Instagram. Atau, gunakan tools dari pihak ketiga seperti Webstagram dan Iconosquare.

Sehingga pada saat orang lain menelusuri hashtag yang Anda pakai atau kebetulan mereka mem-follow hashtag tersebut, mereka merasa relevan dan kemudian melakukan stalking akun Anda.

Kemungkinan, sebagian dari mereka yang menemukan dan mengunjungi akun Anda itu, bisa jadi tertarik untuk mengikuti. Asalkan, feed Instagram Anda keren dan kontennya menarik bagi mereka.

5. Memuat Lokasi Postingan

Selain hashtag, orang lain juga bisa menemukan postingan Anda berdasarkan lokasi postingan. Jadi, cobalah memuat lokasi pada setiap postingan.

Misalnya, jika bisnis online Anda berbasis di Jakarta, maka pilih lokasi Jakarta, supaya orang-orang yang sedang menelusuri Instagram berdasarkan lokasi tersebut, bisa menemukan postingan Anda.

Bisa jadi Anda beruntung, karena orang yang tidak sengaja stalking tersebut malah tertarik dengan akun bisnis Anda dan menjadi follower.

6. Jadwalkan Postingan di Waktu yang Tepat

Bagi Anda yang menggunakan akun Instagram for Business, Anda bisa mengetahui insights dan mengidentifikasi followers. Salah satunya, Anda bisa mengetahui waktu rata-rata followers Anda bermain Instagram setiap hari.
Sehingga Anda bisa tahu kapan jam yang tepat untuk memposting saat sebagian besar followers sedang online. Dan ketika Anda upload sesuatu, mereka dapat melihat postingan tersebut dan mungkin langsung memberikan like atau komentar.

Semakin banyak interaksi yang terjadi, engagements akan meningkat. Akun Anda juga berpeluang untuk lebih eksis di kolom explore dan dilihat oleh orang-orang yang belum mengikuti Anda.

7. Sering Tinggalkan Jejak di Akun Orang Lain

Jika akun Anda eksis meninggalkan jejak di Instagram orang lain, maka orang-orang yang belum follow akan kepo atau penasaran. Bisa jadi mereka akan menjadi followers Anda.

Untuk itu, coba aktif meninggalkan komentar atau like di postingan orang-orang. Namun, hindari komen spam dan tidak relevan, seperti “cek IG kita, sis”. Karena komentar mengganggu seperti itu tidak akan disukai.

8. Adakan Kontes Online di Instagram

Cara menambah followers Instagram dengan membuat kontes online cukup efektif. Banyak pemburu kuis atau lomba online di media sosial. Anda bisa memanfaatkan ini untuk menggelar giveaway atau kontes online apapun.

Caranya, buat peraturan bagi peserta kontes bahwa mereka wajib mengikuti akun Anda, me-repost atau meng-upload suatu postingan, dan men-tag nama akun Anda.

Mereka yang menang dan beruntung akan mendapatkan hadiah. Sementara followers Anda juga ikut bertambah dan bisnis Anda semakin banyak diketahui orang-orang.

9. Lakukan Endorsement

Jika Anda mau dapat followers Instagram dengan cara yang lebih cepat, Anda bisa meng-endorse selebgram atau influencer. Mereka punya fans yang banyak dan bisa membuat penggemarnya mengikuti akun Anda, setelah mereka mempromosikan bisnis Anda di akunnya.

Namun, cara ini biasanya berbayar dan tidak gratis. Jadi, Anda harus menyiapkan dana yang tidak sedikit untuk melakukan kerja sama endorsement.

Nah, itulah cara menambah followers Instagram tanpa menambah jumlah following. Silakan Anda mencobanya untuk akun bisnis bahkan akun pribadi Anda.

Jika Anda terus konsisten menerapkan cara di atas, niscaya jumlah pengikut akan terus bertambah. Ini akan berdampak baik dalam mengembangkan bisnis Anda ke depannya.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: