Di kalangan para online marketer terkenal ungkapan, “Content is king” yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai, “Konten adalah raja.” Sebagian orang mungkin bertanya-tanya mengapa konten begitu penting sampai-sampai disebut sebagai “raja”?

Konten menjadi sangat penting dalam dunia marketing online. Konten adalah apa saja yang bisa menyampaikan sebuah pesan kepada audiens. Tanpa konten, baik social media marketing maupun usaha SEO, tidak akan membuahkan hasil apa-apa. Coba bayangkan, Anda hanya membuat akun bisnis di Facebook atau Instagram tanpa merilis konten secara teratur. Tentu akun bisnis tersebut menjadi sia-sia. Begitu juga dengan website atau blog bisnis. Website atau blog yang tidak pernah di-update kontennya juga tidak akan membuahkan hasil apa pun di bisnis Anda.

Content Marketing Adalah…

Setelah memahami apa itu konten, yang akan saya bahas selanjutnya adalah content marketing. Pengertian content marketing cukup sederhana. Menurut Content Marketing Institute, content marketing adalah teknik marketing yang melibatkan pembuatan dan distribusi konten yang relevan, penting, dan konsisten untuk menarik audiens dengan tujuan untuk mengonversi mereka menjadi konsumen.

Terdapat dua elemen penting dalam content marketing. Pertama, konten harus memenuhi tiga syarat ini: penting, relevan, dan konsisten. Jadi, Anda tidak bisa sembarangan dalam membuat konten untuk content marketing. Konten harus memenuhi tiga syarat di atas. Anda harus membuat konten yang relevan dengan bisnis Anda. Misalnya, Anda mengelola bisnis fashion. Maka Anda perlu membuat konten yang berkaitan dengan fashion.

Relevan saja tidak cukup. Anda juga perlu mempertimbangkan apakah konten tersebut penting atau tidak untuk diketahui target audiens. Buatlah skala prioritas berisi topik-topik yang relevan untuk target audiens. Urutkan dari yang terpenting hingga topik yang kurang penting.

Syarat yang terakhir adalah konsisten. Dalam content marketing, Anda tidak bisa mengandalkan satu konten saja untuk menarik perhatian audiens. Diperlukan banyak konten untuk akhirnya Anda bisa merasakan manfaat content marketing untuk bisnis Anda.

Elemen kedua dalam content marketing adalah mencapai tujuan untuk mengonversi audiens menjadi konsumen. Perlu diingat bahwa memproduksi konten untuk content marketing bukan hanya untuk menghibur audiens. Ada tujuan yang harus Anda capai, yaitu mengonversi audiens menjadi pelanggan. Jadi setelah mengonsumsi konten yang Anda buat, audiens tergerak untuk membeli produk atau layanan yang Anda jual.

Bentuk-Bentuk Content Marketing

Bentuk content marketing sangat beragam. Berikut adalah beberapa bentuk content marketing yang paling sering digunakan.

Blog

Blog merupakan bentuk paling fundamental dan paling penting dalam content marketing. Platform ini menjadi fundamental untuk content marketing bukan tanpa alasan. Blog memungkinkan Anda untuk menuangkan ide dan informasi secara lengkap dalam satu artikel. Selain itu, konten blog merupakan investasi jangka panjang karena tingkat ketahanan konten blog adalah yang paling tinggi dibanding jenis konten lainnya. Menurut penelitian yang dilakukan Social Media Online Class, konten blog dapat bertahan hingga dua tahun lamanya.

Ebook

Terkadang Anda membutuhkan medium yang lebih panjang lagi dari artikel blog, Anda bisa memanfaatkan ebook. Ebook juga merupakan salah satu bentuk content marketing yang bisa Anda andalkan. Anda bisa membuat syarat untuk bisa mengunduh ebook Anda, orang harus memasukkan email terlebih dahulu. Jadi Anda bisa mendapatkan leads melalui ebook yang kemudian bisa Anda konversi menjadi konsumen di masa mendatang.

Video

Video juga salah satu jenis konten yang perlu Anda perhatikan untuk content marketing. Sebab video marketing dapat membuat pengunjung Anda menghabiskan waktu lebih lama di blog. Semakin lama waktu yang dihabiskan pengunjung di blog, semakin bagus pula nilai di Google. Menurut penelitian iMPACT, video meningkatkan organic traffic sebanyak 157 persen.

Email

Email juga termasuk bentuk content marketing yang populer. Efektivitas email untuk tujuan marketing terbilang tinggi, yaitu 40 kali lipat lebih efektif dibanding Facebook dan Twitter. Bentuk konten dalam email marketing bermacam-macam. Dari email promosi, email pengingat shopping cart, newsletter, sampai promosi ebook.

Social Media

Social media juga termasuk bagian dari content marketing. Akan tetapi, karena terlalu luasnya pembahasan marketing di media sosial, media sosial memiliki cabang sendiri dalam dunia marketing, yaitu social media marketing. Untuk memahami lebih jelas tentang social media marketing, Anda bisa membaca artikel mengenai panduan social media marketing 2019.

Mengapa Content Marketing Penting untuk Bisnis?

Sebenarnya content marketing bukan teknik baru, hanya saja di Indonesia popularitas istilah content marketing masih rendah. Di luar negeri teknik content marketing sudah masif diterapkan oleh berbagai perusahaan besar seperti Buffer, Hubspot, dan Rip Curl.

Penerapan content marketing bukan tanpa alasan. Tentu jika sebuah teknik marketing sudah terbukti efektivitasnya, semakin banyak orang yang akan menerapkannya. Berikut adalah enam alasan mengapa content marketing banyak digunakan oleh perusahaan besar dan mengapa Anda perlu menerapkannya juga di bisnis Anda:

1. Investasi Jangka Panjang

Berbeda dengan ads atau iklan, content marketing bisa bertahan untuk jangka waktu yang lebih lama. Jika ads hanya dijalankan untuk kurun waktu tertentu, content marketing bisa bertahan sampai bertahun-tahun selama konten yang Anda buat masih relevan. Anda juga bisa melakukan update terhadap konten untuk menyesuaikannya dengan tren.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Memproduksi konten artinya memberikan audiens topik untuk dibicarakan. Misalnya, Niagahoster baru saja membuat konten blog tentang bagaimana cara membuat website. Ketika ada teman Anda ada yang bertanya bagaimana cara membuat website, Anda bisa membagikan link blog Niagahoster. Tentu belajar membuat website tidak cukup hanya dengan menggunakan satu artikel. Selain artikel yang Anda bagikan, teman Anda pasti juga mencari artikel-artikel lain yang berkaitan dengan membuat website di blog Niagahoster.

3. Mendapatkan Kepercayaan Pelanggan

Kepercayaan pelanggan tidak datang begitu saja. Kepercayaan pelanggan perlu Anda bangun. Salah satu caranya adalah memanfaatkan content marketing. Sebelum menentukan pilihan dalam membeli sebuah produk, pelanggan biasanya melakukan riset online terlebih dahulu.

Dengan content marketing, Anda bisa meyakinkan konsumen Anda. Konsumen akan menemukan konten-konten berkualitas yang Anda buat ketika mereka memasukkan nama bisnis Anda di mesin pencarian.

4. Meningkatkan Trafik

Trafik merupakan manfaat paling dapat dirasakan dari content marketing. Membuat konten yang luar biasa akan mengantarkan orang-orang untuk mengunjungi website Anda. Di website tersebut pengunjung bisa memperoleh informasi lengkap mengenai produk atau layanan yang Anda tawarkan.

5. Memperbaiki Kualitas SEO

Konten adalah ujung tombak dari SEO. Dengan memproduksi konten yang bagus, Anda bisa mengajak orang-orang untuk mereferensikan konten Anda. Dengan begitu Google akan menilai website Anda sebagai website penting dan terpercaya. Selain itu, Google juga akan melakukan crawl ke website Anda. Hal ini menguntungkan bagi Anda karena Google menjadi lebih paham mengenai bisnis Anda sehingga Google akan lebih sering merujuk ke website Anda untuk kata kunci yang relevan.

6. Konversi Pelanggan

Di poin sebelumnya, telah dijelaskan bahwa content marketing bisa mendatangkan trafik dalam jumlah banyak. Kabar baiknya, manfaat content marketing tidak berhenti di situ saja. Selain mendatangkan trafik, content marketing juga bisa berfungsi untuk mengonversi pengunjung menjadi pelanggan.

Kesimpulan

Demikian penjelasan mengenai definisi content marketing beserta bentuk-bentuk dan manfaatnya. Content marketing adalah teknik marketing masa kini yang perlu diterapkan oleh pemilik bisnis mana pun. Teknik marketing ini tidak hanya memiliki efektivitas tinggi untuk menarik konsumen, tetapi juga dapat bertahan untuk jangka waktu yang panjang.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: