Data website adalah aspek yang perlu Anda perlakukan secara hati-hati. Hal buruk dapat kapan saja terjadi, dan dapat membuat Anda kehilangan seluruh data website Anda. Karenanya, Anda perlu melakukan proteksi serta backup secara teratur. Jika Anda menggunakan WordPress, ada banyak cara backup WordPress otomatis berkala yang bisa Anda coba. Salah satunya adalah dengan menggunakan plugin. Berbekal plugin, tutorial kami kali ini akan mengulas cara melakukan backup situs WordPress secara otomatis ke akun Dropbox.


 Apa yang Anda Butuhkan?
Sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya, Anda membutuhkan hal-hal berikut ini:

  • Akses ke dashboard admin WordPress
  • Akun Dropbox
  • Plugin WordPress UpdraftPlus

Langkah 1: Cara Backup WordPress dengan Menginstal Plugin UpdraftPlus

1. Silakan masuk ke dashboard admin WordPress Anda dan pilih menu Plugins. Kemudian, klik Add New dan ketikkan UpdraftPlus pada kolom Keyword seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.


2. Silakan klik tombol Install Now dan klik Activate Plugin seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.


Langkah 2: Konfigurasi Plugin UpdraftPlus

1. Silakan kembali ke menu Plugins dan pilih Settings pada plugin UpdraftPlus.


2. Setelah itu, pilih tab Settings untuk melakukan setup plugin.


Backup schedule: berfungsi untuk seberapa sering backup yang akan dilakukan. Silakan pilih weekly untuk melakukan backup setiap 7 hari.
Angka yang ada pada kolom disamping retain this many scheduled backups berfungsi untuk mengatur berapa banyak backup terakhir yang dilakukan. Pilih 2 atau 3, karena semakin besar angka yang Anda isi, semakin banyak space yang dibutuhkan akun Dropbox Anda.
Terakhir, silakan pilih logo Dropbox untuk menentukan tujuan backup.
cara backup file wordpress

Langkah 3: Hubungkan dengan Dropbox

1. Silakan scroll ke bawah, kemudian klik save changes seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.


2. Setelah itu klik link yang ada pada Authenticate with Dropbox:


3. Anda akan diarahkan ke tampilan login Dropbox dimana Anda harus login dengan akun Dropbox kemudian mengijinkan akses untuk UpdraftPlus seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:


4. Apabila Anda tidak memiliki akun Dropbox, silahkan lakukan pendaftaran terlebih dahulu di sini. Setelah Anda selesai melakukan otentifikasi, Anda akan diarahkan kembali ke plugin UpdraftPlus berikut pemberitahuan backup in progress.


File backup akan terlihat pada akun Dropbox Anda di folder Apps/UpdraftPlus.


Kesimpulan

Sekarang Anda sudah mengetahui cara backup WordPress otomatis secara teratur dan menyimpannya ke akun Dropbox Anda. Plugin UpdraftPlus sendiri menawarkan fitur penyimpanan backup selain menggunakan Dropbox seperti Google Drive atau Microsoft OneDrive. Anda dapat memilih proses backup sesuai dengan apa yang ingin Anda backup dan seberapa sering backup dilakukan.


Silakan tuliskan pertanyaan maupun pengalaman Anda dalam membackup menggunakan UpdraftPlus pada kolom komentar di akhir halaman ini. Jangan lupa juga daftarkan email Anda ya, agar tidak ketinggalan ulasan terbaru Blog Niagahoster — langsung dari inbox email Anda!
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: