Halaman login WordPress,  salah satu halaman WordPress yang cukup mudah dikenali. User WordPress menggunakan halaman ini untuk masuk ke dalam dashboard WordPress. Hanya saja tampilan halaman login WordPress terkesan monoton dan tidak ada perubahan sama sekali sejak dulu.

Namun, tidak perlu khawatir, Anda dapat mengganti tampilan halaman login WordPress sesuai dengan keinginan Anda. Caranya sangat mudah karena Anda tidak perlu memasukkan beberapa baris kode secara manual. Memanfaatkan berbagai macam plugin yang sudah tersedia di WordPress. Anda tinggal install kemudian secara otomatis plugin tersebut akan mengganti tampilan halaman login Anda dengan yang lebih menarik.

Pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara menggunakan plugin custom WordPress dan menyesuaikan tampilannya dengan apa yang Anda butuhkan. Bagi Anda yang masih ragu untuk membuat custom login di WordPress. Di bawah ini beberapa alasan yang mungkin bisa meyakinkan Anda untuk melakukannya.

Kenapa Anda Perlu Membuat Custom Login di WordPress?

Setidaknya ada 3 alasan kenapa Anda perlu membuat custom login di WordPress.

1. Branding

Halaman login default WordPress mempunyai tampilan yang sama dengan halaman WordPress login pada umumnya. Meskipun bagus, halaman default ini mempunyai logo WordPress di tengahnya. Mengganti halaman ini dan membuatnya sesuai dengan tema website menjadi lebih menarik dan menjadi sentuhan branding yang bagus.

Tentu saja ini akan sangat cocok jika Anda membangun website untuk klien. Membuat website sesuai dengan khas bisnis klien tentu saja akan menjadi apresiasi tersendiri dari klien Anda.

2. Trafik

Trafik yang banyak didapatkan oleh website juga akan meningkatkan trafik ‘buruk’. Trafik yang masuk tidak semua dari pengunjung yang baik, terkadang mereka berasal dari sebuah script atau bots, spammer, dan beberapa user yang datang ke halaman website Anda dengan maksud yang tidak baik. Umumnya serangan ini mengarah ke URL wp-login yang sudah diatur secara default di WordPress.


Maka dari itu, membuat custom login di WordPress adalah salah satu cara untuk mengamankan website Anda dari berbagai ancaman yang merusak. Cara ini meskipun tidak sepenuhnya dapat mengamankan website Anda, paling tidak menjadikannya lebih aman dari serangan hacker.

3. Multi-user Site

Halaman login WordPress sering diakses apalagi jika digunakan oleh beberapa user sekaligus. Memutuskan untuk membuat custom login di WordPress akan memberikan kesan menarik bagi user dan sedikit menjauhkan mereka dari rasa bosan.

Anda juga dapat memasukkan beberapa informasi terbaru maupun informasi peraturan selama penggunaan website sebelum mereka masuk ke dalamnya.

Setelah Anda yakin untuk membuat custom login di WordPress, di bawah ini adalah beberapa cara membuat custom login page pada WordPress dengan mudah:

Bagaimana Cara Mengganti Halaman Login WordPress?
Setidaknya ada dua cara yang perlu Anda ketahui untuk membuat custom login di WordPress, yaitu menggunakan cara manual dan plugin. Kedua cara ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Cara manual memberikan hak akses yang lebih kepada Anda untuk melakukan kustomisasi, tapi cara ini cukup susah untuk diterapkan — Anda harus mempunyai kemampuan menyusun baris kode (coding).

Memanfaatkan plugin custom login yang tersedia di WordPress adalah cara yang paling mudah Anda ikuti, khususnya bagi Anda yang tidak mempunyai kemampuan di dalam coding. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat custom login di WordPress menggunakan plugin:


  • Mengatur logo yang muncul yang biasanya diisi dengan logo WordPress.
  • Mengatur latar belakang (background) di seluruh halaman login.
  • Mengatur background untuk bagian form.
  • Memodifikasi style dari form dan setiap detail kecilnya, seperti font, ukuran, warna, dan bentuknya.
  • Terdapat plugin yang menyediakan tambahan keamanan seperti penambahan captcha di form yang ampuh menangani spam login dan bot.

Di bawah ini beberapa plugin yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat custom login page di WordPress.

1. LoginPress

LoginPress adalah plugin untuk membuat custom login di WordPress yang cukup lengkap. Ada banyak opsi yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat tata letak halaman login sesuai dengan kebutuhan Anda.

Plugin ini tersedia secara gratis dengan berbagai addon yang ditawarkan. Sedangkan versi berbayar dari plugin ini menawarkan fitur seperti reCAPTCHA yang berguna untuk mengamankan website Anda dari spam dan kejahatan lainnya.

Versi gratis LoginPress menyediakan berbagai macam nuansa halaman login. Anda pun dapat memodifikasi tampilan bahkan memberikan pesan kesalahan seperti forgot password, error login, wrong password, dan lain sebagainya kepada user yang mencoba login.


Plugin ini memberikan kesan bahwa user sedang masuk ke halaman login yang sangat berbeda dengan halaman default WordPress. Tentunya tampilan akan lebih menarik dibandingkan dengan desain halaman default WordPress yang biasa-biasa saja dan cenderung membosankan.

2. Login Designer

Login Designer bisa menjadi alternatif pilihan yang bisa Anda coba. Meskipun bukan menjadi plugin membuat custom login di WordPress yang menjadi andalan, plugin ini menawarkan pengeditan langsung yang menarik daripada yang lainnya. Anda juga tidak perlu menyewa seorang pengembang untuk membuat custom login untuk Anda. Cukup aktifkan plugin dan Anda sudah dapat melihat halaman login berubah sesuai dengan tampilan yang tersedia.

3. Login Customizer

Plugin Login Customizer memungkinkan Anda untuk membuat sebuah halaman login dengan mudah. Anda bisa melihat modifikasi halaman login lebih dulu sebelum membuatnya live dan dapat diakses oleh siapa saja. Anda dapat menyesuaikan apa pun dan membuat tampilan halaman login sesuai dengan yang Anda kehendaki.

Sampai sekarang plugin ini masih terus dikembangkan dan sudah sampai ke versi 2.0. Versi ini menawarkan beberapa template yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

4. Custom Login Page Customizer

Plugin Custom Login Page Customizer mempunyai fitur yang mirip dengan Login Customizer. Plugin ini dapat membantu Anda untuk mengkustomisasi halaman login WordPress dengan mudah.

Terdapat beberapa pilihan bentuk halaman login yang intuitif dan luar biasa. Anda dapat melihat perubahan yang Anda lakukan secara langsung ketika menggunakan plugin ini sebelum membuatnya live.

Di dalam menu konfigurasi, Anda dapat memilih template yang digunakan di halaman login Anda. Di halaman konfigurasi juga terdapat pengaturan logo halaman login, opsi latar belakang, pengaturan lebar formulir kustom login, padding formulir dan kustomisasi bentuk halaman login, dan masih banyak lainnya. Semua pengaturan ini dapat Anda manfaatkan untuk memberikan label merk di halaman login website Anda.

5. Admin Custom Login

Plugin Admin Custom Login mampu membantu Anda membuat halaman custom login sesuai dengan keinginan. Anda dapat membuat halaman login yang unik dan menarik menggunakan plugin ini. Anda tidak perlu susah-susah untuk mengatur tampilan, karena Anda dapat memilih template yang sudah tersedia. Di dalam plugin ini tersedia berbagai macam desain yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Terdapat berbagai macam pengaturan tampilan yang bisa Anda lakukan. Misalnya saja pengaturan warna background, gambar background, slide show, warna form login, ukuran dan font form login, posisi form login , ikon sosial media, dan masih banyak fitur lainnya.

Selain fitur yang sudah disebutkan di atas, terdapat fitur untuk melakukan redirect setelah user berhasil login. Melalui fitur ini Anda dapat mengarahkan user ke halaman tertentu setelah melakukan login.

Dua fitur unggulan yang ditawarkan fitur ini adalah background slide show dan social link connectivity. Background slide show merupakan fitur unggulan yang menjadi kunci dari fitur ini. Melalui fitur slide show, Anda dapat membuat halaman login menjadi lebih hidup dengan gambar yang menarik. Selain itu social link connectivity memungkinkan Anda menambahkan sosial media link ke akun sosial media Anda seperti Twitter, Facebook, LinkedIn, dan lain sebagainya.

Penutup

Membuat custom login di WordPress di sebagian kondisi perlu dilakukan supaya halaman login menjadi lebih menarik dan tidak membosankan. Apalagi jika website yang Anda kembangkan digunakan untuk beberapa user sekaligus. Selain itu, halaman login dapat menjadi membantu proses branding website Anda. Tampilan yang sesuai dengan tema website membuat pengunjung menjadi lebih mengapresiasi dan terlihat lebih profesional.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: