Halaman website akan muncul pada hasil pencarian ketika dihubungkan dengan mesin pencari seperti Google Search dan Bing. Saat Anda menghubungkan dengan website, mereka (Google Search dan Bing) akan mengindeks seluruh halaman website Anda yang dapat diakses secara publik.

Maka dari itu, seluruh halaman website yang dapat diakses oleh pencari akan muncul di hasil pencari, termasuk halaman pribadi yang dapat diakses secara publik. Mesin pencari tidak dapat membedakan halaman yang berisi konten artikel atau bukan, selama itu sesuai dengan kata kunci (keyword) yang dicari oleh pengguna, maka halaman tersebut akan ditampilkan di hasil pencarian.

Anda tidak perlu khawatir, ada cara yang bisa Anda lakukan untuk memisahkan konten yang boleh diindeks dan yang tidak. Pengaturan ini tidak berjalan secara otomatis, tapi Anda harus melakukannya secara manual. Hal ini perlu Anda lakukan karena alasan Privasi atau agar URL tidak dapat diakses oleh pengunjung yang tidak diinginkan. Artikel ini akan membahas cara menghapus indeks Google Search atau membuat halaman website tidak dapat didaftarkan di mesin pencari.

Menghapus URL dari Google Search

Mesin pencari seperti Google mengizinkan para pemilik website untuk tidak mengindeks atau memasukkan URL tertentu di hasil pencariannya.

Beberapa cara di bawah ini dapat Anda gunakan untuk menyembunyikan atau menghapus halaman tertentu pada website.

1. Menggunakan Google Search Console Remove URLs

Memblokir URL di website Anda dapat membuat Google berhenti melakukan indeksasi halaman website dan tidak memunculkannya di hasil pencarian. Alias, ketika seseorang melakukan pencarian menggunakan Google Search, mereka tidak akan menemukan konten atau URL ke konten yang dimaksud.

Jika Anda mempunyai halaman website atau konten lain yang tidak Anda inginkan muncul di hasil pencarian Google Search, Anda dapat melakukannya melalui Google Search Console.

Akses Google Search Console Anda (atau yang disebut dengan Google Web Master Tools), pilih properti Anda » Google Index » Removal URLs, atau cukup klik di sini dan kemudian pilih properti.

Saat Anda masuk di halaman Removal URLs, klik tombol “Temporary Hide” kemudian masukkan URL yang Anda kehendaki supaya tidak muncul di hasil pencarian Google Search.


Anda akan diberikan tiga pilihan tipe yang diinginkan:

Membersihkan cache URL dan menghilangkannya sementara di hasil pencarian.
Hanya membersihkan URL dari cache.
Memberseihkan cache dan sementara semua URL dengan awalan URL yang Anda masukkan.
menghapus url dari google search
Setelah Anda selesai, klik “Submit Request”. Hasilnya akan menjadi seperti di bawah ini: Anda perlu menunggu beberapa hari supaya Google Search menerapkan permintaan pemblokiran URL yang Anda ajukan.

2. Menggunakan Google Remove Outdated Content

Selain menggunakan Removal URLs, Anda juga dapat menggunakan Google Remove Outdated Content di Google Search Console. Anda hanya tinggal mengunjungi Remove Ourdated Content dan kemudian memasukkan URL ya

Namun, cara ini hanya dapat digunakan pada halaman atau gambar yang sudah diubah atau dihapus dari halaman website. Anda juga dapat menggunakan cara ini untuk menghapus cache dan snipet yang sudah usang dari hasi pencarian.

Anda tinggal masukkan URL di dalam kolom, kemudian klik “Request Removal”. Selanjutnya Anda akan menjumpai form konfirmasi, klik “Request Removal”

3. Menghapus URL dari Google Search Menggunakan Yoast SEO

Meskipun tidak mempunyai akses ke Google Search Console, Anda masih dapat melakukan pemblokiran URL menggunakan plugin Yoast SEO. Cara ini juga cukup mudah dilakukan.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menginstall Yoast SEO, kemudian aktifkan. Setelah plugin ini aktif, Anda buka halaman yang ingin diblokir dari hasil pencarian.

Pada bagian bawah kolom editor, terdapat pengaturan “Advance Setting” yang berisi beberapa opsi. Anda bisa mengatur supaya halaman ini tidak terindeks oleh Google Search dengan mengisi ”Allow search engines to show this Post in search results?” dan “Should search engines follow links on this Post?” dengan “No”.

Pengaturan ini akan memberitahukan kepada mesin pencari untuk tidak melakukan indeksasi ke halaman. Setelah Anda memilih pengaturan, jangan lupa untuk menyimpannya.

4. Menghapus URL dari Google Search Menggunakan Robots.txt File

Cara ini tidak disarankan bagi Anda yang tidak ingin mengambil resiko munculnya masalah SEO di website. Dikarenakan pengubahan yang dilakukan di file robots.txt dapat mempengaruhi kinerja SEO website.

File robots.txt dapat diartikan sebagai pemandu Google Search ketika melakukan indeksasi pada website Anda. File ini memberikan instruksi kepada mesin pencari mengenai bagaimana caranya melakukan proses indeksasi di website tersebut. Jadi sebenarnya file ini adalah kumpulan instruksi-instruksi yang diberikan ke Google Search.


Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke dalam direktori penyimpanan file website Anda. Gunakan akses FTP atau login ke dalam cPanel untuk dapat mengakses fitur File Manager. Di dalam folder root Anda akan menemukan file robots.txt.

Supaya Google Search tidak melakukan indeksasi pada halaman tertentu, edit file robots.txt Anda kemudian masukkan baris kode di bawah ini:

User-agent: *Disallow: /URL-halaman-website/
Ganti ‘URL-halaman-website’ dengan URL yang Anda inginkan untuk diblok dari hasil pencarian Google Search.

Meskipun cara ini mudah dilakukan, ada beberapa kekurangan yang mungkin saja menjadi pertimbagan untuk Anda. Pertama, file ini dapat diakses oleh pengguna publik. Kedua, beberapa bot mesin pencari mengabaikan robots.txt.

Penutup

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memblokir halaman tertentu dari pencarian Google. Tinggal menggunakan cara yang menurut Anda paling mudah dan efektif untuk dilakukan. Akan tetapi, akan lebih mudah jika Anda langsung menggunakan Google Search Console, karena aplikasi inilah yang berhubungan langsung dengan Google Search.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: