Pertumbuhan e-commerce disambut oleh banyak pihak, baik itu produsen, penyedia layanan jual beli online serta konsumen itu sendiri. Minat beli konsumen yang semakin tumbuh yang datang dari konsumen tentunya adalah peluang yang sangat berharga yang bisa diambil oleh para penjual dan penyedia layanan jual beli online.

Namun demikian, Indonesia masih dalam tahap pertumbuhan untuk industri e-commerce ini. Jumlah transaksi yang belum tinggi, tingkat kepemilikan kartu kredit yang relatif rendah serta masih kurangnya kepercayaan konsumen akan keamanan belanja secara online menjadi beberapa faktor kritis yang harus dihadapi dan diatasi oleh para pelaku e-commerce.

Untuk yang terakhir ini bahkan menjadi hal yang cukup krusial, terutama untuk pembayaran dengan kartu kredit dimana keamanan adalah faktor penentu konsumen membeli barang secara online. Bagaimana cara mensiasati masalah ini? Salah satunya adalah bekerja sama dengan perusahaan penyedia layanan pembayaran online yang menerapkan pencegahan keamanan transaksi online.

Bekerja sama dengan sistem pembayaran online yang mengimplementasikan ReD Shield untuk sistem deteksi fraud secara realtime dan comply dengan PCI-DSS (Level 1) adalah salah satu usaha pencegahan dan jaminan agar proses pembayaran bisa aman.

Payment Card Industry – Data Security Standard (PCI-DSS) adalah sebuah standar propietary keamanan informasi yang ditujukan untuk organisasi yang menangani informasi kartu untuk kartu debit umum, kartu kredit, prepaid, e-purse, ATM dan POS. Standar keamanan ini dibuat untuk memberikan peningkatan kontrol atas data pemilik kartu untuk mencegah penipuan atas kartu kredit yang digunakan.

Keamanan ditujukan bagi konsumen, namun para penyedia layanan e-commerce tentu akan mendapatkan keuntungan karena konsumen akan semakin teredukasi bahwa belanja online pun aman, asalkan layanan sistem pembayaran onlinenya pun dilengkapi teknologi yang mumpuni.

Penyedia layanan jual beli online, terutama yang menerima sistem pembayaran dengan kartu kredit dan yang telah memiliki fasilitas shopping cart yang lengkap akan membutuhkan sistem pembayaran yang memberikan solusi maksimal atas keamanan.

Pembelian aman, konsumen pun merasa tenang dan penjual bisa terus mengembangkan layanan jual beli mereka dalam masa emas industri e-commerce tanah air.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: