Pernahkah Anda berfikir bagaimana membuat website yang dinamis dengan antarmuka yang modern atau website yang mirip dengan tampilan Twitter? Tidak perlu bingung, karena Anda pun dapat membuat sendiri dengan mudah, yaitu dengan menggunakan framework Bootstrap.

Bootstrap adalah sebuah framework yang dibuat khusus untuk mendesain bagian antar muka (front end) website. Framework ini cukup populer dan paling disukai. Bahkan hampir semua pengembang saat ini menggunakan Bootstrap sebagai bagian dari website mereka. Tidak hanya dipakai perorangan, Bootstrap juga digunakan di perusahaan kecil bahkan perusahaan besar.

Twitter adalah layanan yang pertama kali menggunakan Bootstrap. Hal ini dikarenakan Bootstrap pertama kali dikembangkan untuk membuat interface di Twitter. Kemudian setelah itu Bootstrap dikenalkan ke publik secara open source yang membuatnya dikenal oleh banyak orang sampai saat ini.

Bootstrap menyediakan kumpulan class interface dasar yang dirancang sedemikian rupa. Tujuannya adalah untuk menciptakan tampilan yang menarik, bersih, dan ringan. Karena dibangun berdasarkan kumpulan class interface, pengembang dapat mengubah tampilan Bootstrap dengan menambahkan class dan CSS sendiri di dalamnya.

Bootstrap Memudahkan Dalam Membuat Website

Anda tidak perlu pusing membuat halaman antarmuka dari awal. Bootstrap membantu membuat tampilan website lebih cepat. Misalnya ketika ingin membuat sebuah tombol, Anda tinggal memanggil salah satu class tombol di Bootstrap menggunakan satu baris saja dan seketika tombol sudah ditambahkan di website Anda.


Anda juga tidak perlu khawatir memikirkan ide tampilan yang bagus untuk website. Saat ini sudah tersedia banyak sekali template di internet yang dapat Anda gunakan untuk membuat website menggunakan Bootstrap dengan mudah dan cepat. Anda tinggal mengunduhnya kemudian memasangkannya di website.

Keuntungan menggunakan Bootstrap adalah sifatnya yang responsif, mudah dikustomisasi, dan konsisten dalam proses desain. Template Bootstrap membantu Anda membuat website yang menarik dan bersahabat dengan perangkat mobile (mobile friendly). Jadi Anda tidak perlu kesusahan lagi mengatur tampilan website supaya tidak rusak ketika dibuka menggunakan perangkat mobile.

Website Penyedia Template Bootstrap

Ada beberapa website yang menyediakan template Bootstrap terbaru secara gratis maupun berbayar.

Bootstrap Made

Bootstrap Made adalah website yang menyediakan berbagai macam tema WordPress yang bagus secara gratis. Tidak hanya WordPress, website ini juga menyediakan template untuk Bootstrap. Produk yang mereka tawarkan pun didesain secara elegan, tertata dengan baik, dan indah. Template gratis yang mereka tawarkan dibangun menggunakan HTML, CSS, dan JS framework yang dapat Anda gunakan secara gratis –meskipun mereka juga menyediakan versi berbayarnya.

Pengembang template website ini mengklaim bahwa mereka membuat tema dengan sebaik-baiknya, sangat responsif, dan dapat dibuka di berbagai macam browser. Anda dapat menggunakan tema Bootstrap dari website ini untuk pribadi maupun untuk proyek bisnis. Setidaknya ada 74 tema Bootstrap gratis yang dapat Anda gunakan dan sudah diunduh lebih dari 2 juta kali.

Bootstrap Themes

Bootstrap Themes adalah website penyedia layanan template Bootstrap berbayar yang dibuat dan mendapatkan review oleh pengembang Bootstrap. Jadi template ini dibuat oleh pengembang Bootstrap secara langsung.

Ketika ada tema yang baru atau ada pembaruan, tim Bootstrap melakukan pemeriksaan dan membenarkan sesuai dengan pedoman yang dibuat. Tidak hanya masalah desain, pengecekan juga dilakukan pada bagian fleksibilitas komponen, penamaan class, struktur langsung, build tooling, plugin reusability, dan masih banyak yang lainnya.

Setiap tema yang dikembangkan dibangun dan disusun menggunakan Bootstrap berdasarkan problem khusus. Maka dari itu, pengembangan yang mereka lakukan tidak hanya memperluas komponen dasar Bootstrap, tetapi juga menambahkan komponen, utilitas, dan plugin yang sepenuhnya baru.

DownloadTemplate Bootstrap Gratis Untuk Website

Ada banyak sekali template Bootstrap gratis yang saat ini tersedia di internet. Setiap template menyediakan keunggulannya masing-masing. Ada yang dikhususkan untuk website makanan, game, olahraga, fotografi, dan lain sebagainya.

Di bawah ini adalah beberapa contoh template Bootstrap terbaru yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan website sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Yaseen

Seorang fotografer terkadang ingin memamerkan hasil fotonya secara publik di internet. Yaseen merupakan template yang cocok digunakan untuk menampilkan beberapa foto di dalam sebuah website. Jadi template pertama ini cocok bagi Anda yang ingin mengembangkan website tentang fotografi.

Template ini hadir dengan tampilan yang simpel; susunan layout didesain secara modern, konten disajikan dengan gaya kotak-kotak, warna primer menggunakan gradien yang modern, serta tampilan opsi yang ditampilkan ditampilkan dengan gaya hamburger. Opsi tampilan hamburger membuat pengunjung lebih bebas gangguan.

Selain digunakan untuk website fotografi, template ini juga bagus digunakan untuk Anda yang ingin mengembangkan website portofolio. Melalui template ini Anda bisa menambahkan blok konten, animasi, dan lain sebagainya.

2. Endgame

Bagi Anda penggemar game atau bekerja di bidang industri game dan ingin mengembangkan website yang berhubungan dengan game, Anda tidak perlu bingung karena Endgame adalah template yang cocok Anda coba. Template Bootstrap ini hadir secara gratis dan memiliki desain web menakjubkan, gelap, dan kontemporer yang pasti akan menarik minat semua orang.


Bootstrap membuat template ini menjadi fleksibel, responsif, dan up to date. Template yang responsif membuat website dapat berjalan lancar di semua perangkat, dari smartphone hingga komputer desktop.

Endgame memberikan fitur yang cukup lengkap seperti dropdown menu, slideshow, kolom subscribe, dan beberapa halaman internal. Melalui fitur-fitur yang tersedia ini Anda dapat memulai membuat website yang mengulas tentang game, mengumumkan release terbaru, dan membicarakan segala hal tentang game.

3. Akame

Anda yang ingin membuat website tentang kecantikan, Akame adalah salah satu template yang cocok Anda coba. Template Bootstrap ini cocok untuk konten yang berhubungan dengan salon kecantikan. Akan tetapi Anda bisa menggunakan template ini untuk konten yang sangat jauh berbeda. Tata letak yang bersih, modern, dan bersahabat dengan perangkat mobile dapat mendorong Anda untuk dikenal di internet.

Ketika Anda ingin membuat website yang ingin diluncurkan dengan cepat, Anda dapat menggunakan template Akame. Template ini cukup mudah Anda gunakan dan tidak memerlukan banyak konfigurasi. Semakin cepat Anda meluncurkan website Anda, semakin cepat pula klien mengenal bisnis yang Anda jalankan atau mengenal konten yang Anda buat. Tentu saja Anda juga dapat menyesuaikan beberapa konten atau tampilan sesuai dengan kebutuhan branding Anda dengan tepat.

Fitur yang disediakan oleh Akame mampu memberikan halaman website yang profesional yang akan meningkatkan kepercayaan klien terhadap produk Anda. Manfaatkan fitur slideshow, pengunduhan konten on scroll, portofolio, dan tombol untuk kembali ke atas.

4. Shapely (WordPress)

Shapely merupakan template WordPress yang dibangun menggunakan Bootstrap. Anda dapat menyesuaikan tampilan dengan mudah. Tidak membutuhkan pengetahuan coding khusus untuk menggunakan template ini. Anda bahkan tidak membutuhkan kemampuan di dalam mendesain karena tampilan yang ditawarkan sudah menarik dan siap untuk ditampilkan.

Sederhananya, setelah Anda menggunakan template ini, tidak perlu melakukan banyak hal lagi. Cukup gunakan template ini di website kemudian isi website dengan konten yang Anda butuhkan. Semua itu dapat Anda lakukan dengan cepat dan mudah tanpa harus memanggil seorang pengembang.

Selain kemudahan dalam penggunaan, Shapely menawarkan beberapa fitur menarik seperti search engine optimization, efek parallax, multi-level dropdown menu, dan fitur dukungan untuk membangun website online shop.

Shapely juga merupakan template yang dapat beradaptasi dengan mudah sesuai dengan perkembangan website Anda. Maksimalkan penggunaan template ini untuk menjaring pengunjung di dalam bisnis Anda. Kembangkan juga target pengunjung ke berbagai negara karena Shapely juga menawarkan fitur multibahasa yang menarik Anda coba.

5. Mosaic

Pasar online merupakan pasar yang tidak terbatas. Kesempatan ini tentu tidak boleh Anda lewatkan apalagi yang terjun di bidang desain interior. Untuk memulainya, Anda dapat menggunakan template Mosaic.

Menggunakan template Mosaic, Anda dapat membuat sebuah website dengan cepat. Ini adalah template Bootstrap yang gratis yang dapat meningkatkan profesionalitas Anda di dalam berbisnis meskipun bisnis Anda terbilang baru.

Mosaic menyediakan fitur yang cukup lengkap dan fleksibel. Template ini responsif dan kompatibel dengan berbagai macam browser. Apalagi layout yang menarik dan penempatan komponen yang pas menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari template ini. Anda dapat menjumpai split screen slider, parallax effect, animated statistics, portofolio kategori, dan bagian testimoni di dalam template ini.

Di samping itu, jika Anda merupakan biro penyedia layanan arsitek, kenalkan tim arsitek Anda dan berikan informasi tentang bagaimana mereka bekerja dan portofolio yang menarik. Mulai blog Anda dan pastikan semua orang tahu di mana lokasi Anda dengan pasti menggunakan Google Maps yang juga tersedia di template ini.

6. PhotoGallery

Selain Yaseen, PhotoGallery juga merupakan template Bootstrap gratis yang cocok digunakan bagi Anda yang gemar fotografi, mulai dari amatir sampai dengan profesional. Tidak hanya itu, jika Anda bisa mendalami lagi, PhotoGallery merupakan sebuah media yang menjawab kebutuhan media informasi Anda.

PhotoGallery memiliki desain website yang kreatif dan inovatif yang memberikan kesan pertama yang begitu menarik dan modern. Selain itu semua orang yang mengunjungi halaman Anda akan memiliki pengalaman yang tak terlupakan. Tidak hanya berlaku di pengguna desktop, melainkan juga di pengguna tablet maupun perangkat seluler.

Template ini memberikan Anda pengalaman yang ekslusif. Pengaturan template mudah untuk digunakan dan website dapat menyesuaikan pengaturan terbaru dari website Anda. Anda dapat menyampaikan informasi yang menarik dan orang-orang akan mendapatkan kesan yang positif dari konten Anda.

7. Tasty

Template ini ideal bagi Anda yang berprofesi sebagai chef, mempunyai restoran, atau siapa saya yang mempunyai bisnis makanan. Oleh karena itu, template ini diberi nama Tasty. Tasty kalau diartikan ke dalam bahasa Indonesia menjadi ‘enak’ dan ‘lezat’.

Untuk mengenalkan keberadaan bisnis Anda di internet, Tasty adalah template yang cocok untuk Anda ambil. Selain itu, karena Tasty didasarkan pada sistem grid yang baik, hal ini memastikan website Anda dapat berjalan secara responsif sehingga dapat beradaptasi dengan lancar ke semua perangkat. Selain itu, Tasty juga dapat dibuka dengan baik di berbagai macam browser modern yang tersedia saat ini. Anda pun dapat menyesuaikan dan mengoptimalkan template ini dengan mudah.

Gunakan template ini dan buat semua orang tertarik dan merasa lapar ketika melihat gambar-gambar segar dari Anda. Bagi Anda yang mempunyai bisnis restoran, template ini juga menyediakan pemilihan tanggal dan waktu pemesanan. Selain itu, Tasty hadir dengan fitur untuk menambahkan menu makanan dan minuman yang dapat dipilih. Pengunjung juga dapat memberikan testimoni terkait produk makanan yang sudah mereka coba di salah satu kolom yang tersedia.

8. Unapp

Unapp adalah salah satu template unggulan yang tersedia saat ini. Template ini digadang-gadang sebagai template yang sangat andal untuk aplikasi web desktop dan seluler. Fitur dan aset yang sangat berguna seperti dashboard informasi menjadikan template ini layak untuk Anda coba.

Jika layanan Anda berjenis membantu menyelesaikan suatu masalah, template ini siap membantu Anda untuk menuju kesuksesan yang ingin Anda capai. Dengan online presence yang tepat, Anda memberikan yang terbaik untuk pengunjung Anda.

Menggunakan Unapp tidak hanya membuat Anda tampak lebih profesional daripada yang sudah ada, tetapi juga merupakan media promosi yang sangat luar biasa.  Unapp memungkinkan Anda memaksimalkan produk terbaik Anda dengan kecanggihan teknologi untuk meningkatkan dan mencapai hasil yang lebih baik.

9. Yummy

Satu lagi template yang cocok Anda gunakan untuk memasarkan produk makanan atau minuman. Template ini juga cocok untuk Anda yang berprofesi sebagai food blogger. Desain kotak-kotak dengan penataan yang cukup sederhana membuat gambar yang ada di dalamnya terlihat lebih menarik dan enak untuk dipandang. Dengan menggunakan desain yang cerah dan menarik ini Anda dapat membagikan foto makanan dengan elegan kepada pengunjung.

Yummy memberikan dua pilihan latar belakang; satu putih dan lainnya bergambar. Template ini juga dapat menata konten Anda dengan rapi ke dalam kategori yang berbeda dan memberi label konten di  homepage. Yummy merupakan template multi-site dan mempunyai sidebar di dalam halaman sehingga dapat membantu Anda untuk menempatkan widget dengan rapi.

10. Datarc

Template Bootstrap yang terakhir ini merupakan template yang multiguna karena cocok untuk semua bisnis dan website perusahaan. Pengembang memberikan nama Datarc. Datarc merupakan template website yang modern penuh dengan warna dan desain yang cukup segar. Karena template ini merupakan template dengan satu halaman, Anda dapat menyajikan informasi dengan mudah kepada pengguna. Selain itu, template ini nyaman dibuka diberbagai perangkat, baik yang kecil seperti handphone dan tablet dan juga yang besar seperti laptop.

Tampilannya yang menggunakan satu halaman saja membuatnya dapat menampilkan informasi seperti produk atau layanan, portofolio, tim, dan kontak tanpa harus berpindah halaman. Segmen portofolio bergaya kotak membantu Anda menampilkan pekerjaan Anda dengan elegan dan tab interface yang membantu Anda memberikan informasi yang efektif.

Penutup
Template Bootstrap responsif memudahkan Anda dapat mengembangkan website. Anda dapat membuat website yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan Anda dengan cepat. Saat ini juga sudah terdapat banyak template gratis maupun berbayar yang tersebar di internet. Anda tinggal mengunduhnya atau membayarnya dan pasangkan di website. Dengan demikian website dapat terlihat lebih menawan dan responsif.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: