Dalam dunia eCommerce saat ini, ada puluhan cara untuk bisa menjadi terkenal.Sementara beberapa bisnis berfokus pada produk yang dijual, sedangkan beberapa berfokus pada metode pemasaran yang ingin digunakan. Tidak ada yang salah dari kedua hal tersebut. Keduanya akan saling melengkapi satu sama lain.

Namun, jika menelusuri lebih jauh ke dalam pemikiran para pakar eCommerce dunia, sesungguhnya apa yang menurut mereka penting untuk dilakukan dalam pemasaran online?

Inilah tips mengembangkan eCommerce dari pakar eCommerce dunia yang dapat membantu merevolusi strategi mengembangkan eCommerce Anda.

10 Tips Mengembangkan eCommerce Dari Pakar eCommerce Dunia

1. Berpikirlah Seperti Pelanggan


Salah satu tips mengembangkan eCommerce adalah dengan berpikir seperti pelanggan Anda sendiri.

Katie Melissa adalah salah pakar eCommerce dunia yang berfokus pada kategori produk seperti jam tangan dan kacamata hitam. Saat ini dirinya berhasil melakukan dropships produk dalam jumlah besar kepada konsumen.

Melissa mengatakan bahwa Anda perlu melatih diri untuk berpikir seperti konsumen karena tidak masalah apakah Anda menyukainya atau tidak, tapi menjadi masalah apabila produk Anda tidak disukai calon konsumen. Pastikan Anda mengetahui apa yang menjadi keinginan dari calo konsumen.

2. Aktiflah dalam Menggunakan Email dan Media Sosial Anda

Frank Hatchett adalah orang di balik Online Dimes, sebuah sumber daya yang luar biasa bagi para pengusaha yang ingin memahami strategi pertumbuhan eCommerce.

Beliau juga memiliki tips mengembangkan eCommerce yang kerap berhasil bila diterapkan dengan baik.

Dia juga mengelola sebuah grup Facebook beranggotakan 20.000+ orang, Online Samurais, dimana ia mengeksplorasi semua aspek pemasaran online – termasuk bagaimana orang dapat menghasilkan uang dengan memberikan produk gratis.

Tipsnya untuk pengusaha eCommerce adalah penargetan silang melalui Facebook dan email. Bila Anda dapat menjalin hubungan baik dengan konsumen melalui kedua media tersebut, Anda berkesempatan memiliki rasio konversi yang lebih tinggi karena target audiens biasanya sudah lebih terarah.

3. Learning by Doing

Richard Lazazzera adalah mantan anggota tim Pertumbuhan di Shopify dan sekarang mengelola A Better Lemonade Stand, salah satu sumber paling populer untuk pengusaha eCommerce saat ini.

Ia juga mengajar para pengusaha melalui programnya, Build Launch Grow. Dia berfokus untuk belajar melalui melakukan.

Banyak pengusaha pemula berpikir terlalu banyak sebelum mereka benar-benar memulai. Kegagalan menciptakan kesempatan untuk belajar, dan setiap kegagalan adalah langkah maju.

4. Gunakan (dan Maksimalkan) Pendekatan Funnel

Terry Arsenault mengelola beberapa toko eCommerce (seperti Leafwood) saat memimpin agen pemasaran digital, Shopidd. Dia juga memulai Shopify Ecommerce Group di Facebook, yang memiliki lebih dari 10.000 anggota.

Dia telah menjalankan beberapa toko sendiri dan sekarang melatih lebih dari 4.000 siswa melalui programnya.

Arsenault mengatakan bahwa penting bagi pengusaha eCommerce untuk melakukan pendekatan funnel, yang berarti Anda perlu mengetahui siapa pelanggan Anda, memetakan corong Anda, dan terus munculkan iklan kepada mereka.

Sangat sedikit pelanggan yang akan melakukan pembelian dari interaksi pertama dengan merek Anda, maka dari itu iklan menarik harus ditampilkan berkali-kali kepada konsumen potensial Anda.

5. Memetakan Perjalanan/Perilaku Pelanggan

Catherine Howell menjadi salah satu orang yang mengelola Eight Loop Social, sementara dia juga mengelola grup Facebook Ad Hack secara menakjubkan.

Howell mengatakan bahwa Anda harus memetakan perjalanan pelanggan dari saat pertama kali mereka melihat produk Anda hingga sampai ke email yang mereka dapatkan setelah mereka menyelesaikan pembelian.

Ketahui apa yang mereka suka dari merek Anda akan sangat penting untuk pengembangan bisnis Anda di masa depan.

Ia merekomendasikan menggunakan Shoelace, sebuah aplikasi Shopify yang membuat re-targeting di Facebook dan Instagram menjadi mudah.

6. Jual dengan Cara yang Unik

Ashley Wright adalah seorang pengusaha eCommerce yang mengelola beberapa toko sekaligus mengelola sebuah grup Facebook yang berkembang.

Wright mengatakan Anda harus menjelajahi sudut yang Anda gunakan untuk menjual produk Anda. Cobalah untuk menjual dengan cara yang unik dengan menemukan khalayak yang unik untuk produk itu. Hal ini dapat memungkinkan Anda menurunkan biaya iklan di Facebook.

7. Temukan Produk/Kecocokan Pasar yang Tepat

Dave Hermansen adalah salah satu pendiri Store Coach, sebuah program yang membantu orang memulai toko online mereka sendiri.

Dia telah berhasil membuat beberapa toko eCommerce bertumbuh dengan cepat. Saran yang diberikannya adalah menemukan ceruk yang tepat. Ini berarti Anda perlu menemukan produk dan kecocokan pasar yang bisa diubah dengan baik.

Mereka juga menekankan penjualan barang pada harga yang lebih tinggi, karena lebih sulit menghasilkan volume penjualan.

Jika Anda menjual beberapa barang pada harga yang lebih tinggi dalam sebulan, Anda tidak perlu menjual sebanyak mungkin.

8. Selalu Tetap Up-to-Date

Sebastian Gomez adalah salah satu pakar eCommerce terkemuka dunia yang fokus pada dropshipping. Tips utamanya adalah selalu up to date. Anda tidak bisa hanya memasang iklan tanpa mengoptimalkannya.

Sebastian memeriksa iklannya sepanjang hari dan mengoptimalkan iklan yang tidak berkinerja. Hal ini memungkinkan dia untuk bertumbuh dengan cepat.

Menurutnya, Anda harus selalu up to date pada iklan yang Anda pasang dimanapun itu. Teruslah aktif, dan berikan tanggapan kepada pelanggan secara cepat.

9. Gunakan Iklan Video di Facebook

Lawrence Aponte memiliki cerita yang luar biasa, yang membantunya mengilhami orang lain melalui program pembinaannya sendiri.

Baca Juga: Apa Itu Viral Marketing dan Manfaatnya Bagi Bisnis Online Anda?

Lawrence berfokus pada bagaimana iklan video mengambil alih perhatian orang dan memastikan semua mahasiswanya menggunakan iklan video di Facebook.

Menurutnya menggunakan iklan video di Facebook akan mampu menarik perhatian calon konsumen Anda dengan cepat, selama Anda membuat video dengan unik dan kreatif.

10. Uji Coba Iklan yang Memaksa Orang untuk Membeli

Anthony Mastellone adalah seorang pengusaha eCommerce yang berfokus pada pembuatan perangkat lunak yang membuat hidup pemilik toko menjadi lebih mudah. Dia melatih orang-orang di Shopify melalui grup Facebook-nya.

Tip utamanya bagi calon pengusaha eCommerce adalah dengan menguji iklan yang memaksa orang melakukan pembelian.

Itu bisa berarti menciptakan urgensi dengan sebuah iklan atau kemitraan dengan influencer yang mendorong produk Anda menjadi terdepan.

Dia juga mengatakan bahwa hubungan pelanggan tidak pernah berakhir, oleh karena itu Anda harus menjadi orang yang selalu bersemangat dan lakukan penjualan silang kepada pelanggan Anda yang sudah ada.

Nah, itulah 10 tips mengembangkan eCommerce dari pakar ecommerce dunia terkemuka yang telah mereka lakukan dan mendatangkan hasil yang maksimal. Akan tetapi, gagasan yang mendasari para ahli ecommerce di atas berasal dari fokus.

Mereka menemukan apa yang menurutnya berhasil dan kemudian menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk mengoptimalkannya. Dengan begitu banyak sekali kemungkinan produk yang akan terjual  melalui teknik optimalisasi yang dilakukan.

Anda perlu mencari tahu apa yang sesuai untuk bisnis Anda, bukan produk lain. Dengan berfokus pada konversi, memetakan saluran Anda dan menggunakan alat yang tepat, Anda akan segera menuju sukses sebagai pebisnis ecommerce!

Tentunya untuk menggunakan beberapa strategi di atas, Anda mungkin akan memerlukan modal di awal.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: