Sebelum berbicara lebih jauh, tanyakan pada diri sendiri “Apakah selama ini bisnis Anda telah berhasil membuat pelanggan senang mengatakan WOW?”

Jika jawabannya tidak, maka jangan pernah berharap mereka akan kembali melakukan pembelian dengan Anda.

Baca Juga: Menjajal Bisnis Franchise? Berikut 7 Strategi dan 10 Peluang Bisnis Franchise yang Wajib Anda Coba

Menurut Chron, faktor “WOW” adalah istilah slang yang umum digunakan dalam bisnis yang paling sering menggambarkan bahwa apa yang dilakukan perusahaan telah berhasil melampaui harapan pelanggan dalam memberikan pengalaman produk atau layanan yang hebat.

Khususnya apabila usaha yang dibangun masih dalam skala kecil, factor WOW ini akan berguna untuk mendatangkan pelanggan baru dan setia bagi Anda.

Lebih dari itu, faktor WOW sangat penting bagi bisnis kecil yang perlu disertakan dalam strategi pemasaran Anda. Mengapa?

Karena jika Anda benar-benar bisa memberikan kesan “WOW” kepada pelanggan Anda, mereka akan menjadi pelanggan setia seumur hidup.

Mereka juga bisa menjadi pendukung brand bisnis Anda, dan merujuk pelanggan baru melalui rekomendasi yang diberikannya.

Jadi, apa yang diperlukan untuk membuat pelanggan Anda mengatakan “WOW!”? Langkah pertama adalah pikirkan ide-ide kreatif yang harus dilakukan.

Ketahui dengan jelas pelanggan Anda, apa yang mereka sukai, apa yang mereka inginkan, dan faktor-faktor lainnya, lalu mulailah kembangkan ide yang ada. Jika Anda masih bingung, berikut adalah beberapa ide yang dapat Anda coba:

4 Cara Membuat Konsumen Terus Mengingat Produk Atau Jasa dari Bisnis Anda

1. Ucapkan Terima Kasih

Buatlah pelanggan mengetahui bahwa Anda telah bekerja sedikit ekstra dengan memberikan sedikit tulisan tangan.

Ingatkah kapan terakhir kali Anda menerima surat atau kartu pos dari teman terbaik Anda, dan betapa senangnya perasaan Anda saat menerimanya.

Saya merasakan hal yang sama ketika saya memesan barang di suatu online store yang menjual barang-barang buatan tangan, barang antik atau barang kerajinan.

Produk yang saya beli dikirim dengan tulisan tangan dan sebuah ucapan “Terima kasih, Stephanie, semoga anda menikmati pembelian Anda!”

Baca Juga: Tanpa Perlu Meminjam Ke Bank, 6 Cara Ini Dapat Membantu Anda Mendapatkan Modal Usaha

Reaksi pertama saya adalah “WOW!” Reaksi kedua saya adalah meraih telepon genggamku dan merekamnya ke dalam insta story.

Dalam hal ini, mungkin tidak semua orang akan melakukan hal yang sama seperti yang saya lakukan, akan tetapi kebanyakan orang pasti melakukan hal tersebut sehubungan dengan generasi saat ini yang memiliki hubungan erat dengan teknologi.

Bagi pemilik bisnis, hal ini berarti menambahkan sedikit waktu tambahan untuk setiap pesanan, namun percayalah pengaruhnya akan sangat sepadan.

2. Pastikan Produk Dikemas dengan Baik

Pada 2016, pembeli melakukan 51 persen pembelian mereka secara online. Dengan metode pembelian online ini, maka produk perlu dikirimkan ke konsumen dengan kemasan yang rapi.

Ciptakan perasaan gembira saat konsumen membuka paket untuk menciptakan momen yang tak terlupakan.

Sebagai contoh, ketika saya memesan sepotong perhiasan dari sebuah perusahaan lokal, saya menerimanya dengan tas kecil yang diletakkan di dalam kotak yang tampak ramping. Ini juga disertai brosur kecil tentang perusahaan dan beberapa stiker.

Segalanya dibungkus dengan hati-hati, membuat pengalaman membeli produk tidak bermerk sama menyenangkannya dengan produk bermerk. Pikirkanlah cara-cara kreatif yang membuat produk Anda menjadi lebih bernilai.

3. Percaya Pada Pelanggan Anda

Terkadang hanya mempercayai pelanggan Anda bisa menjadi cara yang hebat untuk membuat mereka  mengatakan WOW.

Salah satu WOW yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan layanan pelanggan yang maksimal. Contohnya: Saya pernah membeli sebuah lampu dari perusahaan yang menjual barang-barang kebutuhan rumah.

Setelah membukanya, saya melihat salah satu pemegangnya sedikit rusak. Saya menghubungi perusahaan tersebut dan memintanya untuk mengganti kembali.

Jika sesuai dengan prosedur, saya perlu mengemas kembali barang yang saya terima dan mengirimkannya ke toko, akan tetaapi yang mengejutkan mereka hanya mengirim sebuah lampu baru dan menyuruh saya untuk tetap menyimpan yang rusak.

Nah, itulah yang dinamakan layanan pelanggan! Perusahaan bahkan tidak meminta bukti, mereka hanya membuatnya semudah mungkin bagi pelanggan mereka.

Siapa yang tidak akan merasa “WOW”? Dan yang lebih penting lagi, siapa yang tidak akan kembali lagi?

4. Sebuah Hadiah Mewakili Seribu Kata

Orang menyukai barang gratis, tapi yang lebih berdampak lagi adalah menerima hadiah yang tak terduga dan berguna.

Salah satu teman saya memiliki gigi bungsu yang dicabut tahun lalu. Tentunya hal itu bukanlah pengalaman yang menyenangkan.

Namun, yang sungguh mengesankan adalah kartu yang dia terima melalui pos keesokan harinya.

Di dalam amplop ada vocher hadiah seharga Rp 50 ribu untuk membeli sebuah yogurt beku disertai catatan dari dokter gigi yang mengatakan bahwa yogurt beku akan membantu menenangkan gusi yang baru saja dicabut.

Anda bisa membayangkan reaksi dari konsumen(WOW!), karena ini adalah hadiah yang sempurna untuk kasus ini.

Itulah 4 ide kreatif yang dapat menjadi inspirasi bagi Anda agar konsumen dapat terus mengingat produk atau jasa dari bisnis Anda.

Jangan pernah ragu untuk mempraktikan ide kreatif yang dimiliki jika hal itu akan menghasilkan perkembangan dan kemajuan bagi bisnis Anda.

Semakin sering Anda memberikan faktor “WOW” kepada konsumen, maka semakin cepat bisnis menjadi berkembang karena tentunya semakin banyak pelanggan setia yang akan datang untuk kembali melakukan pembelian
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: