Tahukah Adnda bahwa saat ini pemasaran melalui video adalah metode pemasaran dengan tingkat hasil terbesar? Saat ini 92 persen pengguna smartphone secara aktif berbagi video dengan teman mereka, sementara lebih dari 60 persen pemasar dan pemilik usaha kecil mengatakan bahwa mereka akan menginvestasikan lebih banyak uang ke pemasaran video pada tahun 2018.


Konten video bekerja dengan sangat baik pada halaman produk, karena Anda dapat menyampaikan atribut produk dengan cara yang baru.

Tidak mengherankan jika konsumen lebih suka menonton video tentang produk daripada membaca salinan penjualan yang menjelaskan suatu produk.

Orang-orang dibombardir dengan informasi sepanjang hari, setiap hari. Jadi, untuk mengurangi kebisingan dan mendengar suara Anda, konten video akan menjadi aset Anda yang paling kuat.

Video memberikan pengalaman yang sensoris bagi pemirsa dan mampu melibatkan emosi dengan cara yang sama sekali tidak mungkin dengan konten tekstual.

Sementara video adalah jenis konten terbaik yang tersedia, video juga menjadi hal yang paling mahal untuk dilakukan.

Jika anggaran Anda terbatas namun tetap ingin memanfaatkan kekuatan video yang luar biasa, berikut adalah lima melakukan pemasaran melalui video dengan biaya rendah:

5 Cara Termurah untuk Memulai Iklan Melalui Video

1. Gunakan Instagram Story

Dibandingkan dengan fitur unggah foto di akun resmi Instagram bisnis Anda, memunculkan konten video di insta story akan cenderung lebih dilihat oleh pengguna.

Fitur Insta Story ini dapat Anda manfaatkan untuk melakukan pemasaran melalui video dengan cara yang sederhana sehubungan dengan durasi yang tidak dapat terlalu lama.

Ditambah lagi, fitur menampilkan video ini dapat Anda lakukan dengan gratis, sehingga akan sangat menghemat anggaran pemasaran Anda.

2. Video Testimonial

Video testimonial sangat populer di kalangan pemilik toko e-commerce karena mereka menyampaikan bukti dan kepercayaan sosial lebih efektif daripada ulasan teks.

Beberapa testimonial video dari klien nyata di halaman produk Anda pasti dapat membantu meningkatkan konversi.

Untungnya, pelanggan sangat pemaaf tentang kualitas video ketika sampai pada testimonial. Kenyataannya, testimonial video yang diproduksi dengan sangat baik dapat kurang dipercaya, karena kurangnya tingkat originalitas yang ditampilkan.

Pertimbangkan untuk mengirim email kepada pelanggan yang telah membeli dari Anda dan tawarkan juga kode diskon sebagai imbalan testimonial video produk yang diberikannya.

Orang pasti akan menyukai diskon, dan Anda akan mendapatkan keuntungan besar dari bukti sosial yang mereka berikan. Ini adalah skenario win-win yang sangat layak Anda lakukan jika ingin meningkatkan penjualan lebih lagi.

3. Animasi DIY

Video berkualitas dan animasi yang berasal dari agensi terkemuka akan membuat Anda menghabiskan jutaan rupiah untuk ini.

Meskipun Anda cenderung mendapatkan hasil yang sangat baik untuk investasi semacam ini, namun tidak sesuai dengan kisaran harga setiap orang.

Sebagai alternatif pilihan, pertimbangkan untuk menggunakan alat animasi DIY. Kebanyakan dari mereka tidak mahal atau gratis dan Anda masih dapat membuat video yang menarik (walaupun kualitasnya tidak sama dengan yang dirancang secara profesional).

Saya sarankan mulai dengan Animaker, atau Adobe premiere jika Anda secara ahli dapat menggunakannya. Anda juga dapat menggunakan beberapa aplikasi video sederhana yang ada di smartphone, walaupun hasilnya mungkin tidak akan sebagus aplikasi yang ada di komputer.

4. Freelancer

Mempekerjakan tim ahli pemasaran video in-house mungkin akan mengharuskan Anda mengeluarkan anggaran yang besar untuk membayar jasanya.

Untungnya, dengan situs seperti Fiverr, Upwork, dan projects.id, Anda dapat memasuki pasar tenaga kerja nasional hingga internasional untuk menemukan para freelancer yang terampil untuk membantu Anda dalam setiap segi strategi pemasaran video Anda.

Freelancer biasanya adalah orang yang memang ahli di suatu bidang, dalam kasus ini mereka pastinya ahli dalam membuat video.

Jika Anda bukanlah orang yang ahli dalam membuat desain atau video, maka mempekerjakan freelancer adalah sebuah keputusan yang tepat dibandingkan dengan Anda harus membuat sendiri semuanya.

Hasil yang didapatkan pasti akan jauh lebih baik, mengingat mereka lebih ahli dibandingkan dengan Anda.

5. Gunakan Live Video

Hebatnya, pengguna Facebook dan Instagram saat ini menghabiskan waktu tiga kali lebih banyak untuk menonton video langsung dibandingkan video standar.

Facebook dan Instagram Live bebas untuk digunakan dan pemirsa tidak akan mengharapkan kualitas video yang bagus di live streaming.

Ini adalah cara terbaik untuk menciptakan hubungan yang lebih intim dengan audiens Anda tanpa berinvestasi pada peralatan perekaman dan pengeditan yang mahal.

Nah, itulah tadi 5 cara termurah yang dapat Anda mulai untuk memulai iklan melalui video. Setiap strategi di atas memang dapat menekan anggaran dalam pemasaran Anda, namun bukan berarti dapat sepenuhnya tidak berbayar.

Ditambah lagi, seperti yang kita tahu bahwa kualitas akan selalu berbanding sama dengan harga, sehingga jika Anda menginginkan sesuatu dengan kualitas terbaik pasti akan ada anggaran yang harus disiapkan
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: