Tak jarang seseorang yang sudah mendirikan bisnisnya sendiri akan berpikir bagaimana strategi agar bisnis tersebut sukses dan tidak gulung tikar. Hal ini akan menjadi tantangan tersendiri pada setiap pebisnis yang sudah menjalani bisnis setidaknya satu atau dua tahun pertama.


Untuk itu anda perlu memiliki keahlian agar bisnis yang anda jalani tetap stabil dan bisa terus berkembang untuk kedepannya. Intip 5 keahlian yang perlu dimiliki agar bisnis kuliner anda tidak gulung tikar.

5 Keahlian Agar Bisnis Kuliner Anda Tidak Gulung Tikar

1. Mau Menerima Kritik

Tidak ada salahnya mendengar dan menerima kritikan mengenai bisnis kuliner anda. Karena, dengan adanya kritikan maka itu dapat membuat bisnis anda semakin baik kedepannya.

Namun, jangan hanya mendengarkan saja, anda juga harus berani melakukan perubahan yang sekiranya baik untuk kelangsungan bisnis anda agar terhindar dari gulung tikar ataupun kerugian.

2. Mau Terus Belajar dan Mampu Bekerjasama Dengan Orang Lain

Nah, hal ini perlu diperhatikan karena cukup banyak pebisnis yang terlalu memikirkan dirinya sendiri dan tidak mampu bekerjasama dengan orang lain. Sehingga menjadi vaktor utama yang dapat membuat bisnis anda gulung tikar.

Dengan rasa kerjasama yang baik, semua orang yang terkait dalam bisnis kuliner anda pun akan merasa nyaman dan dapat bekerja lebih baik lagi.

3. Memiliki Kemampuan untuk Berpikir Jangka Panjang

Perusahaan yang sudah sukses selalu memikirkan rencana 10 bahkan sampai 50 tahun kedepan, sedangkan banyak bisnis yang tidak berjalan lancar karena terfokus hanya memikirkan untuk satu bulan kedepannya.

Itulah mengapa rencana jangka panjang sangat penting dalam menjalankan bisnis apapun, termasuk bisnis kuliner.

Agar bisnis kuliner anda tidak gulung tikar rencanakan semua pengeluaran, pemasukan, bahkan untung rugi yang akan terjadi pada bisnis anda secara panjang dalam jangka panjang.

Supaya pemutaran dana anda juga berjangka panjang, siapkan lah dana untuk berinvestasi. Dengan begitu, dapat membantu anda dalam kelangsungan bisnis kuliner yang anda bangun.

Untuk hal ini anda jangan khawatir, anda bisa mencoba berinvestasi dengan sistem peer-to-peer lending seperti KoinWorks. Berinvestasi di KoinWorks anda dapat memulai dari nominal Rp 100.000 saja. Dan hasil investasi anda dapat tumbuh, dengan begitu anda dapat lebih mudah mencapai tujuan keuangan yang anda inginkan

4. Jadilah Orang yang Antusias

Tanamkan rasa ini tidak hanya kepada diri anda sendiri dan kepada seluruh karyawan anda jika tidak ingin bisnis kuliner anda gulung tikar. Karena dengan rasa antusias yang tinggi sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis anda kedepannya.

Ketika semua merasa sangat antusias atas bisnis yang dijalankan, maka pelanggan anda pun juga akan merasa puas dan senang dengan produk yang anda tawarkan. Sehingga memungkinkan pelanggan anda untuk menyebarkan kualitas dari bisnis kuliner anda.

5. Jangan Gegabah dalam Mengembangkan Bisnis Anda

Mungkin banyak yang berhasil ketika bisnis tersebut banyak membuka cabang di berbagai tempat. Sebelum anda melakukan hal ini anda harus memikirkan secara matang baik, buruk, serta sebab akibat yang akan terjadi terhadap bisnis kuliner anda.

Ketika anda gegabah dalam memperluas cabang bisnis anda tanpa berpikir panjang mengenai zona yang anda inginkan, maka hal terburuk yaitu gulung tikar mungkin saja akan terjadi di dalam bisnis yang anda kelola.

Nah, itulah 5 keahlian yang perlu dimiliki agar bisnis kuliner anda tidak gulung tikar. Jangan sampai semua jerih payah yang anda bangun dari awal gagal ditengah jalan karena kelalaian yang anda lakukan sendiri.

Terapkan 5 kiat di atas untuk mendapatkan hasil yang optimal. Semoga informasi yang sudah kami sampaikan bisa bermanfaat dan menginspirasi Anda semua.

Selamat menjalankan bisnis kuliner anda!
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: