Sebagai kota metropolitan terbesar di Asia Tenggara, Jakarta terkenal dengan daya tarik bagi para investor asing untuk lebih mengembangkan investasinya.

Namun, Indonesia sesungguhnya memiliki peluang yang jauh lebih besar, dan bukan hanya sekedar di Jakarta. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Bank Dunia pada tahun 2012, dipastikan bahwa 51% dari total penduduk di Indonesia tinggal di daerah perkotaan.

Artinya lebih dari 125 juta penduduk tinggal di kota-kota besar di seluruh Indonesia. Jumlah ini diperkirakan akan terus mengalami peningkatan.

Berdasarkan informasi tersebut, tentunya Indonesia memiliki banyak permata tersembunyi yang menjadi tempat potensial untuk melakukan bisnis. Di antara kota-kota besar yang ada, berikut adalah  5 kota besar selain Jakarta yang mendapat popularitas tinggi dari para investor asing.

5 Kota Terbaik Untuk Berbisnis di Indonesia

1. Surabaya (Jawa Timur)

Sebagai kota metropolitan terbesar kedua dan terpadat di Indonesia, Surabaya telah berhasil menarik banyak investor asing untuk berbisnis. Kota ini dinilai kaya dari segi sumber daya manusia, dengan sekitar 2,8 juta dari total populasi.

Selain itu, Surabaya juga memiliki infrastruktur pendukung yang baik untuk berbisnis, termasuk sistem transportasi yang baik untuk melayani perjalanan lokal maupun internasional.

Surabaya juga turut dianugerahi pengharagaan sebagai lokasi investasi utama di tahun 2011, yang membuat tingkat investasi di kota ini meningkat secara cepat.  Untuk urusan potensi bisnis ke depannya, Surabaya memiliki beberapa bidang yang sangat berpotensi seperti;

Perusahaan manufaktur. Itu karena upah buruh minimumnya relatif rendah, dengan upah maksimum untuk tenaga kerja biasa hanya Rp 3.045.000 (USD 234 dengan nilai tukar IDR 13.000 per 1 USD).
Sektor pertanian terutama untuk beras, susu, tapioka, tembakau, karet, jagung, gula, ikan, dan udang yang diolah dan diolah di Jawa Timur.
Bisnis konstruksi, karena Surabaya sudah mulai mengembangkan kota dengan gedung-gedung pencakar langit besar.
Sektor ritel, sesuai dengan banyaknya pusat perbelanjaan dan jaringan supermarket yang besar di kota ini. Orang-orang di Surabaya juga memiliki daya beli yang kuat.

2. Medan (Sumatera Utara)

Kesempatan besar lainnya datang dari kota Medan, lokasinya yang strategis dimana kota ini memiliki pelabuhan dan bandara internasional sendri sehingga lebih mudah bagi perusahaan dagang untuk masuk pasar Indonesia. Selain itu, Medan juga memiliki beberapa potensi besar, diantaranya adalah karena:


  • Lokasi strategis, cocok untuk trading.
  • Memiliki lahan subur, cocok untuk sektor pertanian.
  • Salah satu tempat tujuan belanja terbesar di Indonesia.
  • Banyak destinasi wisata, terutama untuk perjalanan budaya dan sejarah.
  • Sangat dekat dengan Singapura.

3. Bandung (Jawa Barat)

Daya tarik utama dari kota ini berada pada sektor industri pendidikan dan kreatif. Bandung dikenal dengan universitas dan pengembangan industri kreatif kelas atas, termasuk arsitektur, desain, IT, film, fashion, dan bidang lainnya. Ada begitu banyak UKM sektor industri kreatif yang berdiri di Bandung.

Selain itu, kota ini terkenal dengan kawasan perbelanjaan yang sangat banyak, dan ramai dikunjungi. Fakta ini tentunya turut membuka peluang bagi berkembangnya bisnis ritel. Jika ditelusuri lebih dalam, alasan memilih Bandung sebagai kota berpotensi meliputi;

Tempat yang sempurna untuk industri kreatif, mengingat lingkungan kreatif dan masyarakat yang dimilikinya.
Potensi bisnis yang tidak membutuhkan banyak ruang, seperti teknologi tinggi dan telekomunikasi.
Sumber daya manusia yang berkualitas. Banyak sekali universitas-universitas terbaik yang berada di Bandung.
Kota yang terbilang memiliki koneksi internet yang sangat bagus dibandingkan dengan kota-kota lainnya.
Memiliki lingkungan yang hebat bagi perusahaan teknologi karena Bandung tentunya memiliki banyak sumber daya berbakat di bidang ini – mengingat ada universitas teknologi kelas atas (termasuk Institut Teknologi Bandung).
Bandung adalah kota yang ramah untuk bisnis pemula dan diharapkan dapat menjadi Silicon Valley versi Indonesia.

4. Palembang (Sumatera Selatan)

Palembang adalah kota di Indonesia dengan pendapatan per kapita terkaya. Kota ini mendapat perhatian yang lebih setelah menyelenggarakan beberapa acara olahraga nasional dan internasional, termasuk Acara Olahraga Nasional 2004, Piala Asia AFC 2007, dan 2011 Asian Games Tenggara. Lalu, Mengapa harus Palembang? Inilah alasannya:

Palembang memiliki lokasi yang strategis

Tahukah Anda jika kota ini merupakan salah satu poros koridor pembangunan ekonomi di Indonesia?
Palembang memiliki sumber daya manusia yang tinggi dengan upah yang relatif rendah.
Kota ini juga ternyata kaya akan sumber daya alam, terutama bara.
Jika Anda ketahui, kota ini juga telah diprioritaskan dalam pengembangan pelabuhan dan perkeretaapian, sehingga masalah logistik tentunya akan jauh lebih mudah di tahun-tahun depan.
Palembang juga memiliki sektor pertanian yang maju namun kekurangan sistem penyimpanan dingin. Ini merupakan sebuah peluang yang bagus bukan?

5. Semarang (Jawa Tengah)

Dengan 2 juta penduduk yang ada, Semarang merupakan pasar utama sebagai provinsi yang memiliki jalur distribusi yang memadai baik untuk pasar nasional maupun internasional.

Kemudahan jalur akses yang ada tentunya akan sangat memudahkan bukan? Berikut adalah beberapa bidang bisnis yang dapat dikembangkan di Semarang;

Jawa Tengah merupakan provinsi pertanian yang subur dengan produk pertanian utamanya adalah padi basah. Semarang sangat terkenal dengan hasil nasi berkualitas tinggi karena itu, kota ini cocok untuk industri makanan.
Saat ini kota Semarang juga telah dikelilingi oleh banyak kawasan industri di kota satelitnya, sehingga merupakan lokasi yang strategis untuk mengembangkan sebuah bisnis baru dalam bidang industri.

Kota ini sedang dalam proses menumbuhkan minat F & B dan industri tekstil.
Semarang juga cocok untuk industri perdagangan, logam dan mesin, industri perhotelan (mengingat ada banyak perusahaan asing di Semarang), dan industri kimia.
Nah, berikut adalah gambaran dari beberapa kota di Indonesia yang memiliki potensi bisnisnya masing-masing. Untuk Anda yang tinggal di daerah tersebut, Anda mungkin dapat memulai bisnis di bidang-bidang yang berpotensi.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: