Konten sejatinya menjadi salah satu faktor vital yang mampu meningkatkan brand awareness.Konten sendiri memiliki berbagai macam bentuk, misalnya foto, gambar, tulisan, video, permainan, dan sebagainya. Konten tersebut pun bisa dipublikasikan di berbagai platform berbeda, seperti media sosial, yang mana perlu disesuaikan dengan tujuan masing-masing.

Nah, untuk mendalami soal konten yang tepat demi meningkatkan kesadaran masyarakat akan suatu brand, komunitas Online Seller Meetup mengadakan sebuah talkshow bertajuk “Meningkatkan Brand Awareness Melalui Konten yang Kreatif dan Inovatif” di Jakarta Creative Hub, Jakarta Pusat, Rabu (17/10/2018).


Lewat pembahasan yang dipaparkan, setidaknya ada 5 kunci penting membuat konten yang tepat untuk bisnis online. Berikut ini bocorannya.

5 Kunci Penting Membuat Konten yang Tepat untuk Bisnis Online

1. Mulailah dengan membuat content plan Anda

Ketika ingin membuat sebuah konten, bayangkan di dalam kepala, kira-kira Anda ingin membuat konten yang seperti apa. Tentukan juga ada berapa banyak konten yang hendak Anda publikasikan dalam sebulan.

Jangan lupa untuk menganalisis konten Anda guna mengetahui apakah memang benar-benar bekerja. Lakukan evaluasi konten setidaknya tiga bulan sekali.

2. The Golden Rule: know your audience

Langkah selanjutnya yang perlu Anda perhatikan dalam membuat konten adalah ketahui siapa yang menjadi audiens Anda. Penting sekali untuk memosisikan diri Anda sebagai audiens sehingga Anda bisa mengetahui apakah konten yang dibuat memang cocok atau tidak

3. Terapkan prinsip ATM

Yang dimaksud dengan prinsip ATM adalah Amati, Tiru, Modifikasi. Apabila Anda kehabisan ide, tidak tahu ingin membuat konten apa, atau bosan dengan konten yang itu-itu saja, jangan lupa untuk menerapkan prinsip ATM.


Yang perlu diperhatikan dalam hal ini, terutama dalam “Tiru” ialah bukan meniru ide seseorang sama persis. Yang perlu Anda tiru adalah dasar pemikirannya.

Bagaimana seorang content creator bisa membuat konten sekeren itu? Bagaimana mereka bisa menciptakan konten yang impactful, yang mampu mengundang banyak komen dan likes di media sosial?

Trial and error dalam pembuatan konten adalah hal yang lumrah. Yuk, cipatakan konten-konten yang memang tepat untuk bisnis online Anda.

4. Konsistensi adalah kunci

Pembuatan konten sebenarnya tidak hanya dapat berbentuk hard selling saja, tetapi soft selling juga. Nah, dalam menemukan konten yang tepat, konsistensi merupakan kunci penting yang perlu dilakukan.

Sebab, konsistensi akan membuat audiens mengenal produk bisnsi Anda dengan mudah. Di sisi lain, konsistensi juga akan memberikan ciri khas tersendiri untuk Anda.

5. Jangan takut pamer kekreativitasan Anda

Patrix Tenario berujar bahwa pada dasarnya, siapa saja adalah orang yang kreatif. Oleh karena itu, jangan takut untuk memamerkan kekreativitasan Anda, terutama dalam membuat konten.

Ingin membuat konten yang “gila” sekali pun, tidak masalah bukan? Siapa tahu, konten yang dibuat malah bukan cuma bisa meningkatkan brand awareness saja, melainkan meningkatkan penjualan.

Nah, untuk membuat konten yang memang benar-benar tepat sasaran, terkadang pebisnis online butuh modal usaha lebih. Entah untuk membayar gaji pegawai yang akan membuat konten tersebut, membayar jasa yang dilakukan pihak creative agency, membayar ads di media sosial, dan sebagainya
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: