Pada zaman sekarang ini teknologi semakin berkembang pesat dari waktu ke waktu. Jika dibandingkan melalui gadget maupun aplikasi online yang digunakan saat 10, atau bahkan 5 tahun yang lalu pastinya sudah sangat jauh berbeda dengan apa yang digunakan saat ini.

Teknologi sekarang ini dapat dikatakan sudah sangat tidak terpisahkan dari bagian keseharian masyarakat. Baik sekedar membaca berita, berbelanja, maupun melakukan investasi semua sudah dapat dilakukan melalui gadget.

Hal ini tentunya memunculkan keuntungan tersendiri bagi setiap pemilik bisnis. Kini Anda dapat dengan mudah melakukan distribusi maupun promosi secara online agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Terkait dengan hal ini, maka membuat sebuah bisnis untuk menjadi lebih digital adalah sebuah keharusan. Lalu bagaimana cara melakukannya? Berikut adalah 5 langkah mudah untuk membuat bisnis online untuk menjadi lebih digital:

5 Langkah Membuat Bisnis Online Menjadi Lebih Digital di Era Teknologi

1. Menentukan Tujuan

Jangan pernah membangun bisnis apapun tanpa menentukan sebuah tujuan yang akan dicapai. Mengapa Anda ingin membuat bisnis menjadi lebih digital? Apa tujuanmu? Apakah Anda ingin mendapatkan lebih banyak penjualan?

Apakah Anda ingin menciptakan brand awareness? Menetapkan tujuan akan membantu untuk menentukan strategi digital apa yang perlu digunakan. Jadi, pastikan untuk terlebih dahulu menentukan tujuan apa yang ingin dicapai.

2. Mulailah Dengan Membuat Website Resmi


Investasikan modal untuk membuat website bisnis resmi. Buatlah alamat website sesederhana mungkin, sebaiknya menggunakan nama merek sebagai alamat website. Prioritaskan pada bagian desain.

Jangan ragu untuk menyewa seorang desainer web jika Anda tidak dapat melakukannya sendiri. Website perusahaan adalah wajah dari sebuah perusahaan. Orang akan menilai seberapa profesional sebuah bisnis didasarkan pada apa yang dilihat melalui website.

Setelah memiliki desain  yang profesional, kemudian dibutuhkan konten yang jelas dan bermanfaat untuk ditampilkan pada website. Pastikan konten yang dibuat terkait dengan target pasar yang ingin dituju.

Lebih banyak prospek calon konsumen tentunya akan mengikuti jika konten yang dimiliki adalah konten berkualitas tinggi yang memang ditujukan untuk target pasar yang spesifik.

3. Gunakan Kekuatan Dari Media Sosial

Sekarang setelah memiliki situs sendiri, maka langkah selanjutnya adalah menyebarkannya. Di sinilah sosial media akan berperan dengan cara yang paling efektif. Buat halaman Facebook, akun Instagram, akun Twitter, bahkan halaman LinkedIn.

Manfaatkan sebanyak mungkin platform sosial media selama platform tersebut masih dalam niche yang dituju dan Anda juga memiliki kemampuan untuk mengelola akun ini.

Kemudian berinvestasilah dalam iklan secara online melalui sosial media. Mengapa demikian? Seperti yang kita ketahui, saat ini sosial media adalah salah satu situs yang paling sering diakses oleh masyarakat Indonesia.

Fakta ini tentunya akan membuat orang semakin mengetahui mengenai keberadaan bisnis kita jika kita selalu muncul baik di home maupun timeline sosial media, yang dapat dengan mudah untuk dimunculkan melalui iklan berbayar di sosial media.

4. Mulailah Untuk Memahami Search Engine Optimization (SEO)

Untuk pemilik bisnis online, tentunya akan sangat menguntungkan jika sebuah bisnis selalu menjadi yang pertama muncul di daftar google saat seseorang mencari keyword tertentu yang berhubungan dengan apa yang Anda jual.

Maka dari itu, sangat penting untuk memahami dan mampu belajar lebih dalam mengenai SEO. Mulailah dengan belajar menulis konten yang SEO friendly, lalu kemudian Anda juga dapat berinvestasi untuk membuat iklan di google menggunakan googleads.

5. Analisa Strategi Digital yang Telah Digunakan

Semua yang telah dilakukan untuk membuat bisnis menjadi lebih digital akan tidak berarti tanpa adanya evaluasi. Periksalah kembali apakah setiap konten yang telah di posting telah tepat dan mendapat respond yang positif dari target pasar yang dituju? Apakah iklan yang telah dibuat berjalan dengan efektif?

Apakah ada pertumbuhan di setiap platform online yang dibuat, baik dinilai dari segi pengunjung, pengikut, maupun likers yang terdapat pada akun bisnis? Untuk melakukan analisa, ada beberapa online platform yang juga dapat digunakan secara gratis maupun berbayar, seperti: fanpage Karma, Hootsuite, dan yang lainnya.

Jika telah mengetahui hasil evaluasi dari usaha mendigitalisasi bisnis online Anda, kemudian proses pengembangan dapat mulai dilakukan pada konten-konten berikutnya untuk menciptakan hasil yang lebih maksimal.

Sangat mudah bukan untuk membuat sebuah bisnis online untuk menjadi lebih digital? Melalui digitalisasi bisnis pada masa sekarang cenderung akan menciptakan proses bisnis yang lebih efisien dengan cakupan yang lebih luas.

Jika proses digitalisasi bisnis dilakukan secara konsisten dalam jangka panjang, a sudah pasti bahwa hal ini akan menghemat banyak uang dan waktu bagi sebuah bisnis kedepannya.

Namun yang perlu diingat, tentunya proses digitalisasi bisnis adalah sebuah proses yang perlu kesabaran dan konsistensi sehingga diperlukan proses membangun dan usaha yang lebih saat diawal.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: