Di zaman ini, hanya dengan mengunggah sepiring roti menggunakan teknik foto yang tepat akan mampu memberikan Anda sumber pendapatan yang menggiurkan, khususnya bagi para influencer.


Apakah Anda pernah melakukan hal yang sama, tapi tak ada yang mau membayar Anda sepeser pun?

Jika ya, berarti Anda melakukannya dengan cara yang belum tepat. Jika memperhatikan pola dari ribuan influencer dan mempelajari rahasia mereka, maka ada beberapa hal kesamaan yang dapat Anda pelajari guna pengembangan bisnis online.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat membuat bisnis online Anda menjadi terkenal seperti seorang influencer besar:

5 Langkah Paling Mudah Membuat Bisnis Online Anda Menjadi Terkenal

1. Ciptakan Target Audiens Anda

Jangan mencoba menjadi terkenal dengan menciptakan sensasi, karena Anda akan dilupakan orang dengan cepat setelah sensasi memudar.

Ingatlah, jumlah followers bukanlah satu-satunya ukuran yang ada sebagai influencer, akan tetapi membangun audiens yang sesuai target dan memiliki ketertarikan yang sama pada apa yang Anda sukai akan jauh lebih menguntungkan.

Contohnya adalah seorang influencer Katy DeGroot. Ia meninggalkan pekerjaannya sebagai pemimpin tim eksekutif di Target pada tahun 2014, dan dalam dua tahun telah berhasil menciptakan sensasi di media social sebagai influencer di bidang kecantikan.

Menelusuri lebih dalam mengenai followers DeGroot, 95 persennya ternyata merupakan wanita memang tertarik pada kecantikan. Hal ini tentunya sangat baik dilihat dari cakupan bisnis.

Influencer dilihat sebagai media promosi yang paling baik saat ini, karena mereka memiliki target audiens yang jauh lebih bertarget dibandingkan dengan media lainnya.

Influencer juga cenderung memiliki hubungan yang lebih erat dengan audiens, sehingga proses mempengaruhi audiens untuk membeli atau menggunakan suatu produk atau jasa akan menjadi lebih mudah.

Dalam kasus ini, Anda harus menentukan dahulu target audiens utama Anda, dan fokuslah pada mereka. Fokuslah menciptakan target audiens, dan berikan perhatian lebih akan kesukaan mereka. Dengan melakukan ini, followers lain akan dengan cepat bermunculan.

2. Berkolaborasi

Temukan influencer lain yang juga bergerak di bidang keahlian Anda, dan cobalah untuk saling mempromosikan konten masing-masingsecara teratur. Dengan melakukan ini, Anda akan mendapatkan audiens yang lebih luas dari audiens yang telah Anda miliki.

Vlogger YouTube Chloe Morello sebagai contohnya. Morello sering mengupload video yang menampilkan sesama vloggers Christen Dominique, Gabriel Zamora dan Patrick Star, yang memperlihatkan influencer ini kepada 2,2 juta subscriber.

Yang terpenting, Dominique, Zamora dan Star kemudian membalasnya melalui video yang turut diupload juga. Masing-masing Vloggers memiliki kesempatan untuk mendapatkan audiens baru yang akan berkunjung ke page mereka.

Contoh lainnya disaat influencer terbesar di dunia Cameron Dallas, Nash Grier, dan teman-temannya berkolaborasi denganinfluencer yang lebih kecil di Instagram, yang memunculkan hasil sangat luar biasa.

Semakin luas jaringan kolaborator Anda, semakin banyak Anda akan mendapatkan audiens baru. Dalam kasus ini Anda dapat memilih kandidat-kandidiat yang tepat dalam hal berkolaborasi.

Contoh: Jika Anda memiliki bisnis yang bergerak di bidang jasa kecantikan, maka Anda dapat berkolaborasi dengan para influencer yang juga bergerak di bidang kecantikan. Dengan metode ini, Anda dapat bertukar audiens dengan para influencer.

3. Lakukan Sesuatu yang Unik Dalam Bisnis Anda

Jadilah berbeda untuk menarik perhatian audiens. Apapun yang Anda lakukan, cobalah untuk melakukan sesuatu yang unik baik secara konten maupun strategi.

Keunikan yang Anda miliki akan membantu Anda lebih mudah diingat oleh audiens. Bahkan, jika Anda bisa menjadi kontroversial, Anda akan mendapatkan tempat khusus di mata para audiens.

4. Bertindaklah Seolah Bisnis Anda Adalah Bisnis yang Besar

Berperilaku seperti seorang influencer. Lakukan tag terhadap banyak orang, bicaralah mengenai influencer besar seolah-olah Anda benar-benar mengenal mereka atau jika Anda mengenal mereka, mintalah mereka untuk membagikan konten Anda.

Buat konten yang membuat bisnis Anda tampil lebih besar dari sebenarnya. Contoh: jika Anda memiliki bisnis online yang menjual gadget, maka Anda dapat melakukan promosi seperti memfoto produk-produk yang ada, foto packing yang akan Anda kirimkan, atau foto-foto lainnya.

Dengan melakukan hal ini, audiens akan mengira bahwa bisnis Anda sangat besar, dan orang-orang sangat tertarik dengan produk Anda, sehingga akan memunculkan penasaran untuk membeli dari audiens.

5. Selalu Ikuti Tren

Akan selalu ada tren di setiap waktu, jadi pastikan Anda berkontribusi untuk itu. Misalnya, “Tantangan Ice Bucket” dan “Touch My Body Challenge.”

Anda dapat berkontribusi terhadap tren tersebut, sehingga posting Anda akan mendapatkan daya tarik yang baru. Audiens yang melihat konten Anda akan lebih menyadari kehadiran Anda, karena adanya tren tersebut.

Nah, itulah 5 langkah yang harus Anda lakukan untuk membuat bisnis online Anda menjadi lebih terkenal dari saat ini. Seiring dengan pertumbuhan audiens, maka Anda juga akan memiliki pertumbuhan konsumen.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: